Sabtu, 01 Januari 2011

cerpen " RUWET ROAD "



Faizah masih menangis. Air mata terus mengalir di pipinya. Gadis 22 tahun ini masih belum percaya dengan pernyataan mahbub. Pemuda 25 tahun yang sudah satu windu menjadi pacarnya.
” pak kyai memeinta kau menikahi ning qiqi. Aku tak sanggup menolaknya ”
” kenapa harus kamu?. Kan masih bayak sabtri santri lain yang lenih ganteng ”
” aku tidak tahu faizah. Apa yang jadi kehendak pak kyai suliu\t untuk di bantah ”
” tapi bub . . . .  . ”
” kalau boleh memeilih sebenarnya aku ngga mau ngalkuin ini. Aku masih cinta kamu faiz ”
“ tapi bub “
Faizah terus menangis. Suaranya terdengar pilu dan menyayat hati.
“ mungkin benar kata pepatah. Cinta tak harus memeiliki. Walaupun kau taidak jadi istriku kamu akan selalau di atiku faizah ”
” bohong ”
” sumpah faiz ”
Dua sejoli itu berpandangan.
” . . . . . . . . . . .  . . .  . .”
” . . . . . . . . . . .  . . .  . .”
” . . . . . . . . . . .  . . .  . .”
Suasana nampak hening. Namun selan beberapa detik kemudian adzan meghrib berkumandang. Mereka berdua segera beranjak meninggalkan peradua untuk sholat jama’ah.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Sudah beberapa hari ini pondok pesantren al-arafah mendadak sibuk berat. Pak kyai abdurahman saleh akan ngunduh mantu, yaitu menikahkan putri bungsunya qolbi salama atai ning qiqi dengan mahbub. Pemuda 25 tahun yang sudah 15 tahun nderek dan menjadi abdi ndalem di pesantren ini. Semua elemen yang ada di tempat ini langsung di kerahkan untuk mensukseskan acara tersebut. Pak kyai abdur pun juga sudah menyebar undangan ke semua relasinya.

Di sisi lain tepatnya di kamar ning qiqi. Gadis 18 tahun itu tengah merenung di depan jendela. Pikirannya menerawang entah kemana. Tatapan matanya pun kosong. Selang beberapa waktu kemudian tiba tiba air matanya menetes. Pelan sekali. Namun lama kelamaan berubah menjadi tangisan yang ratapannya begitu menyayat.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Konon katanya pernikahan ini terjadi karena ning qiqi terlanjur hamil. Dan isue itu makin hari makin merebak. Semua orang di pesantren saling membicarakan layaknya gosip selebritis. Hal ini juga semakin meyakinkan bila melihat kondisi ning qiqi yang semakin gemuk.

Detik ini di salah satu sudut tiga orang santriwati tengah nobrol ngobrol serius.
” kalau ning qiqiq bener bener hamil kasihan mas mahbub sama mbak faizah ”
” kok bisa? ”
” mereka berdua itu kan soulmate forever. Saling cinta mati ”
” terus? ”
” ih lemot. Mereka berdua harus putus karena mas mahbub harus menikahi ning qiqi ”
” ouw ”
” betul. Kasihan banget mereka ”
” aku kemarin lihat mbak faiz mataya sembab. Pasti dia habis nangis ”
” betul. Bener bener kasihan mereka berdua ”

Hidup yang ku jalani telah hancur di terjang malang
Ia luluh lantak di atas duka sepetak dengan cara tergeletak
Ia berceceran di bawah kesakitan dengan cara tak beraturan
Aku yang sedang meradang dalam geram
Tak tahu bagaimana agar lara bisa ku redam

* * * * * * ** * * * * * ** * *

Detik inimahbub tengah serius membaca buku di perpustakaan pesantren. Ketika asyik asyiknya tba tiba muncul seorang santri yang yang menghampirinya dengan panik.
“ mas mahub mas mahbub . . . . . . . . . ini bener bener bahaya “
“ ada apa? “ mahbub pun ikut ikut panik
“ mbak faiz mau bunuh diri. Dia minum obat nyamuk dua botol “
“ APAAAAA? “ mata manbub terbelalak lebar
“ iya mas “
“ nggak mungkin. Skarang dia di mana? “
“ sama anak anak langsung di bawa ke rumah sakit “
“ sekarang  juga kita harus kesana “
“pemuda 25 tahun itu langsung beranjak meninggalkan peraduan. Di perjalanan pikirannya begitu kalut dan was was.

Sesampainya di tujuan mereka sudah mendapati kondisi faiz dalam keadaan sadar. Wajahnya begitu pucat dan terlihat lemah
“ mahbub “ perempuan 22 tahun itu mencoba menyapa walaupun suaranya terdengar lirih.
“ kamu kenapa begini faiz? “
“ aku nggak mau kehilangan kamu mahbub “
“ tapi . . . . . . . . . . “
“ aku ngga akan sanggup melihat kamu menikahi ning qiqi. Aku ngga akan sanggup bub. Lebih baik aku mati “
Air mata faizah tiba tiba menetes. Ia menangis.
“ jangan bilang begitu faizah “
“ tapi bub . . . .. “
“ aku kan sudah bilang. Walaupun kita ngga bisa bersatu. Aku akan te . . . . . . . . “
“ ngga bisa mahbub “ faizah langsung memotong kata katapemuda itu “ aku tetep ngga bisa melihat kamu di miliki orang lain. Apalagi ning qiqi. Dia itu sudah ku anggap seperti saudara sendiri. Kamu pasti ngerti kan perasaanku? “
Lelaki 25 tahun itu mengangguk lemah.
Mendadak suasana hening.
Mereka saling berpandangan.
Kosong.
Tak ada suara dan tak ada kata.
“ oke. Sekarang juga aku akan bilang ke pak kyai kalau aku ngga akan menikahi ning qiqi “
“ tapi bub . . . . “
“ aku ngga mau lihat kamu mati sia sia gara gara hal ini “
Mahbub segera menyeret kaki meninggalkana tempat ini.
“ mahbub tunggu dulu “ faizah mencoba mencegah. Tapi tidak bisa. Tubuhnya terasa lemah dan tak berdaya.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Detik ini pak akyai abdurahman saleh dan mahbub sudah duduk empat mata. Di wajah mereka auranya memeperlihatkan sebuah keseriusan yang sangat tinggi.
“ ada apa mahbub menenmui aku. Kayaknya ada yang penting nech “ suara kyai abdur terdengar berwibawa.
“ ini lebih penting dari hal hal yang lebih penting pak kyai “
“ maksudmu? “
 saya ingin membatalkan pernikahan saya dengan ning qiqi “
Mendengar hal ini mata pak kayil angsung terbelalak
“ maksudmu? “
“ sudah jelas kan? “
“ kamu benar benar bodoh “
“ saya tiodak bodoh pak kyai “
“ qiqi itu cantik lho. Sanagt cocok menjadi istrimu “
“ saya tidak mencintainya “
Susana hening. Du lakilai beda generasi ini hanya saling pandang.
“ jadi ini balasanmu selama 15 tahun ku emong? “
“ maksud pak kyai? “
“ katanya kamu bukan orang bodoh. Masak giotu aja ngga ngerti? “
“ berarti panjenengan pamrih. Tragis. Apa gunanya selama ini ceramah di sana sini.
Katanya kalu berbuat apa apa harus ikhlas. Tanpa imbla balik. Tapi nyatanya pak kyai hanya omong doang.teori OK praktek KO “
“ berani seklai kamu ngomong kayak gitu “
“ pak kyai yang mengajari saya seperti itu “
“ bocah kurang ajar. Aku ndak mau tahu. Pokoknya kamu harus menikahi qiqi “
“ ngga bisa ‘
“ harus “
“ nggak “
“ harus “
“ setelah kejadian ini saya tahu fakta asli panjenengan. AROGAN “
“ kamu bener bener ngga tahu di untung “
“ terserah ak kyai mau bilang apa. Saya ndak mau tahu “
“ aku juga ngga mau tahu. Kalau kau sampai memebatlakan pernikahan ini. Awas aja “
“ jangan jangan apa yang di katakan oprang orang ada benernya “
“ maksudmu? “
“ pak kyai memaksa saya menikahi ning qiqi karena ning qiqi hamil dulu kan? “
“ BUANGSAAATTT “
Mendengar pernyatan mahbub emosi pak kayi abdur langsung meledak.
BRUAK BRUAK PRANG PRANG.
Apa yang ada di hadapan langsung di sikat dengan sigap
“ sekarang juga kamu keluar dari tempat ini “
“ pak kyai bener bener aneh. Panjenengan bener bener absurd “
“ KELUAAAAAR. DASAR KURANG AJAR “

* * * * * * * * * * * * * * * * * * *

“ asalamualaiku wr. Wb. “
“ asalamualaiku wr. Wb. “
Mahbub mengakhiri jama’ah sholat maghrib denagn dua slaam ke kiri dn ke kanan. Selama ini pemuda 25 tahun itu sering menjadi imam pada sholat berjama’ah para santri. Sednagkan kyai abdurahman sendiri. Tak lain dan tak bukan adalah pendiri an pengemong pesantren al-arafah tak satu kali pun pernah menunjukkan batang hidungnya di tempat pengimaman. Aneh.

Mahbub baru saja tururn dari masjid. Di hadapannya tiba tiba berdiri sosok ning qiqi dengan tatapan penuh pertanyaan.
“ ning qiqi “ sapanya dengan ramah. Tapi mahbub langsung mendapat jawaban dengan aksi ning qiqi yang menyeretnya dengan kuat
“ ning qiqi mau bawa saya kemana? “
“ iku aja ngga usah banyak omong “

Beberapa menit kemudian mereka berdua tiba di rumah sakit tepat di ruang perawatan faizah dan langsung melakukan perbincangan serius.
“ aku mau ngomong sama kalian berdua “
“ ning qiqiq mau ngomong apa? “ suara faizah terdengar lirih. Ia masihlemah
“ aku sudah dengar semuanya. Faiz mau bunuh diri gara gara mahbub akan menikahiku “
“ tapi ning . . . . . . . . . “
“ aku tak mau hal ini terjadi lagi. Semuaya harus di ungkap sekarang. Lebuh cepat lebih baik “
“ maksud ning qiqi “
Gadis 18 tahun itu sejenak terdiam. Di tatapnya wajah mahbub dan faiz lekat lekat.
“ semua ini gara gara abah “
“ pak kyai abdur? “
“ betul. Tua bangka itu memang brengsek “
“ astaghfirullohaladzim. Kalau ngomong hati hati ning “
“ ngga usah bela dia. Tua bangka itu emang brengsek “
Tiba tiba air mata ning qiqi berlinang. Ia menangis.
“ abah telah memeperkosa aku “
“ APAAAAA? “ mata mahbub dab faiz langsung terbelalak lebar “ nggak mungkin “
“ semenjak umi meninggal abah selalau melampiaskan nafsu bejatnya kepadaku “
“ ning qiqi bohong kan? “
“ gosip orang orang di pesantren memang benar. Aku sekarang hamil tiga bulan. Untuk menutupi aib ini tua bangka itu memaksa mahbub menikahiku. Dia benar ben . . . . . . . . “
BRUAAAAKKKKKK. Pintu rumah sakit tiba tiba terbuka kasar. Muncul pak kyai abdurahman saleh yang trelihat marah besar. Di tangannya ad clurit madura yang siap mengayun ke arah ning qiqi, mahbub, dan faizah.
CRASSSHHHH CRASSSHHHH CRASSSSHHHHH
Darah berhamburan di sana sini
“ AAAAAAAAAAAAAAAAAAA “

Marasake, 12-mei-2010

Gunung Ranti 2.601 MDPL - hiking with PGJ (pendaki gunung jember)

puncak ranti 2.601 mdpl Gunung ranti adalah pendakian ketiga gue setelah semeru dan ijen, kali ini benar benar istimewa, karena ram...