Sabtu, 13 November 2010

serial " NCUS "

daftar isi

* opening + character
* story one intermezzo
* story two ningsih is dead
* story three ladang ganja
* story four 5kor5ing complete
* story five di pinang saying



Pembaca yang baik hati dan tidak sombong.cerita kali ini mengetengahkan tentang seluk beluk kesibukan sebuah dapur di sebuah pesantren yang bernama Peshawar. Di pesantren ini jumlah santri 2500 orang, dan dapurnya lima buah. Terdiri dari dapur utama, dapur timur, dapur barat, dapur utara, dan dapur selatan. Tiap dapur setiap harinya harus memenuhi kebutuhan untuk konsumsi 500 orang, makan pagi, makan siang, dan makan sore. Lumayan bikin pegel tuh. Tapi ya gitu deh, kalau misalnya tanggalan udah terpampang angka satu orang orang dapur pasti pada seneng. Cos dapat ceperan gituloh. Hehehehe.

Oke pembaca yang budiman. Penulis yang manis ini ngga mau basa basi. Sekarang lebih baik nikmati aja ceritanya.
I N I L A H D I A
SERIAL “ NCUS “
Check disc out (kayak siaran radio aja hehe)



KARAKTER – KARAKTERNYA CUY

NCUS
Maria franklin nur baiti janekhus. Umur 22 tahun. Berat badan ngga usah di catet. Tinggi 175 cm dan orang paling di sayang di dapur utama Peshawar. Waktu kecil gadis ini di panggil maria. Tapi setelah gabung di Peshawar doi di juluki NCUS. Hal ini bisa terjadi karena suatu hal yang penulisnya malas untuk membahas. (Hehehe ngga boleh di tiru yach). Ncus adalah gadis blasteran. Ibu jember bapak kanada kakek arab dan nenek korea. Mirip banget ama gado gado Jakarta. Yakin deh. Kalau orang orang lihat mukanya pasti bawaannya pada lapar melulu. HAHAHA
BU NYAI ANWAR
Umur 55 tahun. Crewet, tegas, nyebelin, dan kadang kadang nyenengin. Manusia satu ini kalau ngomong selalu di awali dengan menggereng dulu “ hhhrrrmmm”. Semenjak suaminya meninggal bu nyai anwar mengambil alih tampuk kepemimpinan Peshawar (pesantren shahidul anwar). Gagah banget dia. Kartini masa kini cuy.

YU MUJAH
Orang jawa asli yang sok gimana gitu. Umurnya 33 tahun dan sedikit TELMI. Dalam kurung telat mikir. Manusia satu ini bisa jadi begini tuh ada sebabnya. Dulu waktu alloh suhanawata’ala bagi bagi otak. Yu mujah datangnya telat, makanya dia dapet jatah yang bentuknya kursi jongkok. Hahahaha. Penghinaan berat ini.

TAMARA
Cewek 19 tahun ini aslinya orang perth Australia. Tapi semenjak dua tahun ini doi asyik nongkrong di Peshawar. Si tamara ini nama panjangnya tamara chev whitehead. Mantan model beken yang terperosok ke dunia santri trus ngglibet di dapur utama Peshawar. Kontras banget ye?. Doi jangkung banget cuy. 180 cm. luna maya ama catherin Wilson pokoknya kalah deh. Walaupun bule, gaya ngomongnya ngga seperti cinta laura lho yang mana ucjian becjek ngga ada ocjek.

RUBI
Lelaki paling slebor di dapur utama. Doi gemulai banget. Umurnya baru 20 tahun. Brondong cyin, siapa yang mau ngantri?. Nama aslinya rizal ali mahmud. Tapi karena rada rada ke-cewek-an dia di juluki rubi (perempuan bertaji)

JENG ALICE
Perempuan 35 tahun ini kalau ngomong selalu berpantun. Kalau manggil dia harus jeng alice. Kalau ngga gitu dia kagak bakalan nengok. Nama aslinya bariyah. Nama itu menurut dia jelek dan katrok banget, makanya dia ganti dengan alice. Lucu yach?. Hihihihihihihahahahahukhukuhuk. Aduh keselek




STORY ONE : intermezo

Pagi pagi sekali tepat pukul 03:00 wib lima orang petugas dapur utama sudah pamer muka. Ncus, yu mujah, rubi, tamara, dan jeng alice. Kalau boleh jujur sebenarnya mereka berlima masih ngantuk lho. Dua mata rasanya berat banget. Seolah olah ada ribuan ton beban yang menggantung di bulu mata. Tapi ya gitu deh, kalau mereka berlima nurutin bobo’ nanti bu nyai anwar bisa meledak gituloh. Tahu sendiri dong manusia satu itu kalau lagi ngamuk. Semut semut aja langsung nyungsep ke lubangnya.

Pagi ini menu sarapan sambel terong dan tempe goring. Semua langsung bagi tugas. Ncus yang berkedudukan sebagai ketua dapur utama langsung memberikan instruksi.
“ yu mujah sama jeng alice nyuci beras “
“ berapa ncus? “
“ seperti biasa. 30 kilo. Oh yach, berasnya banyak brambutnya lho. Kalau nyuci agak di lamain dikit yach. Biar kinclong “
“ oke ncus “
“ rubi buang abu di tungku dulu, terus ambil kayu bakar di dapur utara. Aku sama tamara nyuci dandang sekalian bikin bumbu “
“ capcus nek “ pagi pagi buta si rubi udah ngondek. Dasar slebor.
“ nanti kalau semuanya sudah siap kita langsung nggrombol di terong. Tadi malem santi santri belum sempat ngupas. Katanya mau uijan. So mesti belajar dulu “
“ siap bos “
Setelah itu semua langsung bergerak menjalankan tugas. Termasuk ncus. Dandang nasi yang terlihat kotor ia angkut bersama tamara ke tempat cucian, lalu di gulingkan – di olesi sabun colek – di gosok dengan busa kawat – dan di guyur air. Preng preng preng glontang glontang broeng. Suaranya berisik skeali, tapi so what lah. Yang penting mateng dan jadi makanan. Sementara itu di tempat cucian beras. Jeng alice dan yu mujah nampak teklak tekluk karena ngantuk.
“ gule juwet di pangan mbek getuk - mripat sepet rasane wong ngantuk “

Dan ketika waktu menunjukkan pukul 06:00 wib semua sudah siap. 500 santri langsung ngantri untuk ngembil jatah. Mereka berbaris dengan rapi persis dengan narapidana di lp cipinang. Tapi ada bedanya. Di lp cipinang orang orangnya muka mukanya lethek lethek kayak air comberan. Sedangkan di sini cerah cerah. Persis dengan pagi ini yang begitu sejuk. Hehehe

Ku awali hari dengan senyum mengembang
Burung bersiul menyapa pagi
Damai
Itu yang ku rasakan

Kalau kau melihat bunga matahari merekah riah terlihat indah
Itu aku
Jiwaku
Hidupku
Dan semua ketenangan dunia akan nampak di sudut ini
Dan di detik ini yang menunjukkan ketegaran dan kekuatan

Tetttt tetttt tettt tetttt. Kalau jam dinding sudah menunjukkan pukul 07:00 wib bel Peshawar akan bunyi kenceng kenceng. Itu artinya santri santri harus masuk kelas. Kalau misalnya bocah bocah kagak nurut ama aturan dan bikin aturan sendiri paling paling mereka bakal di hukum keliling lapangan sepak bola lima kali. Bikin pegel tuh. Bayangin aja deh, panjang keliling lapangan sepak bola sekitar 300 meter, di kali lima sama dengan 1500 meter atau I,5 km. wuiiihh serem. Mendingan ngga usah di bahas deh. Kita ganti topic aja yuk.

Di dapur utama Peshawar ncus cs. Tengah sibuk persiapan menu siang dan sore.
“ ke patiunus beli kedondong – eh ncus, menunya apa dong? “ jeng alice mengawali pembukaan dengan pantun kebesarannya
“ sayur asem sama sambel goreng tahu tempe “
Dari arah depan tiba tiba muncul sosok rubi dengan gemulainya. Persis olga syahputra saat kehabisan obat.
“ rubi – rubi! “ ncus langsung bereaksi memanggil lelaki 20 tahun tersebut
“ yoi jeng. Ada yang bias Eke Bantu? “
“ kamu ke pasar dong beli asem sama terong bulet mini “
“ capcus nek. Duitnya mana? “
Ncus langsung menyerahkan lima lembar uang lima ribuan
“ Eke langsung cabut yei? “
“ udah sana pergi. Cepetan. Bumbunya udah siap nech “
“ dikau tenang aja ncus “

Jam dua belas tet and tot urusan dapur udah kelar. Menu makan siang dan sore udah mateng. Huffff, lega rasanya. Ncus dan yang lainnya langsung istirahat deh. Hihih.




STORY TWO : ningsih is dead

Ketika lima petugas dapur utama lagi asyik becanda sambil ketawa ngakak, tiba tiba bu nyai anwar muncul tak di undang. Otomatis ncus cs blingsatan dan diem tak berkutik. Si rubi yang sedang asyik nggoreng tomat nampak ngempet merana menahan tawa. Mukanya merah banget. Persis udang rebus yang di kukus di dandang jebol. Ndalem bu nyai anwar dan lokasi dapur utama peshawar sangat berdekatan. Ndalem ada di depan sedang dapurnya di belakang, maka dari itu manusia nomor wahid di peshawar itu bisa lima kali sehari nampangin muka di dapur utama. Ngalah ngalahin minum obat cuy.
“ hhhrrrmmm ncus cah ayu! “
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm kamu repot ndak? “
“ Tinggal nunggu sayur sore mateng sama goreng tempe “
“ hhhrrrmm kamu sama yu mujah ke sawah samping lapangan yo? “
“ ada apa bu nyai? “
“ hhhrrrmmm kamu ambil jagung muda buat bakwan. Si arif nanti sore pulang, anakku yang satu itu seneng banget sama bakwan “
“ baik bu nyai “

Anak bu nyai anwar ada tiga. Kesatu, gus ayi, 33 tahun, sekarang di jerman bersama istri dan kedua anaknya. Detik ini gus ayi sibuk di perusahaan mobil Mercedes-benz Sebagai staf keuangan. Canggih cuy. Dia jarang pulang.

Kedua, ning ayu, 27 tahun. Ibu satu anak ini sudah bercerai dengan suaminya. Sekarang stand by di Peshawar membantu bu nyai anwar mengelola Peshawar.

Ketiga dan terakhir, gus arif, 23 tahun. Cowok satu ini ngga seneng di panggil gus. Dia lebih seneng di panggil mas arif. Bukan gus arif. Santri santri cewek di Peshawar sangat kesengsem dengan dia. Ganteng, murah senyum dan baik hati. Mas arif saat ini sedang kuliah di IAIN Surabaya. Tinggi badan 177 cm. senyumnya maut dan bikin cewek cewek klepek klepek.


Detik ini ncus dan yu mujah sudah ada di sawah. Sepanjang mata memandang yang ada hanya tanaman tebu bersemayam.
“ ncus sawahnya ndek mana iki? “
“ di sana yu. Di belakang tebu tebu ini “
” kenapa yo ncus daun tebu warnanya hijau? ”
” yu mujah ngga tahu? ”
Yang di tanya menggeleng
” aku juga ”
” kok ngga tahu? ”
” sekarang aku mau tanya. kenapa garam rasanya kok asin? ”
Yu mujah mikir mikir ” hehehehe ngga tahu ncus ”
” yu – yu. Dulu sekolahnya tamat apa tho? ”
” waduh aku lali ncus, sd apa smp yo? ”
Mendengar hal ini ini cewek 22 tahun itu hanya bisa menggeleng gelengkan kepala
” ncus ”
” hmmmm? ”
“ kok sepi tenan yo? “
“ tauk nech “
“ terus piye ncus? “
“ kita nerobos tebu tebu aja yu. Mau kan? “
“ yo wis lah “
Dua perempuan itu langsung melangkah menembus rimbunan tebu. Suasana sangat lengang. Setapak demi setapak terus menapak menyisakan jejak.
“ peh ncus tebune manis manis tenan iki. Ngambil yuk! “
“ jangan yu, kita harus izin pemiliknya dulu “
“ ah ncus “
BRUAAAKKKK. Tiba tiba kaki yu mujah tersandung hingga jatuh tersungkur. Dalam sekejap dua perempuan itu langsung diam mematung. Tapi baru beberapa detik berselang ncus dan yu mujah teriak gemetaran
“ aaaaaaaaaa mayaaaaaaaaattt “
Dan langsung lari terbirit birit sekencang mungkin. Sesosok mayat perempuan tergeletak tak berdaya. Ia berkerudung dan bertahi lalat di bawah matanya. Kalau melihat suasana sekitar, mayat ini kayaknya baru aja meninggal, cos sepanjang yu mujah dan ncus ngubek ngubek sawah, mereka berdua tak mencium adanya bau bangkai.


Semenjak peristiwa itu Peshawar geger besar. Semua orang langsung membahasnya dengan berbagai gaya. Ada yang meniru gaya feni rose saat bawain silet, terus ada juga yang mirip tukul di empat mata, dan lain sebagainya. Pihak kepolisian dan pihak pihak yang berkepentingan langsung melakukan olah tkp dan keperluan keperluan lain yang sekiranya akan di perlukan. Dan setelah melalui perjalanan panjang akhirnya identitas korban di ketahui. Namanya ningsih. Dia adalah santri baru di Peshawar, baru tiga bulan. Semua penghuni pesantren otomatis sock dan kaget. Detak jantung yang semula 69 detak perdetik melonjak naik menjadi 89 detak perdetik. Sangat fantastis. Tapi yang lebih sock dari semuanya sudah pasti adalah orang orang dapur utama. Ncus, yu mujah, tamara, jeng alice, dan rubi.
“ aduh ningsih. Diriku tidak menduga itu orang punya nasib tragis banget yei. Cucian banget si dia “
“ orang yang membunuhnya kok tega yach?. Padahal ningsih itu kan baik “
“ she is very very good. Rajin, pinter, ramah, tlaten, but tragis “
“ naik andong ke kota bali – aku jadi sedih “
Mendengar hal ini kontan si ncus mengerutkan kening
“ pantun apa itu jeng alice?. Nggak nyambung “

Pembaca yang baik hati dan tidak sombong kalian pingin tahu kan kenapa orang orang dapur utama begitu sedih dengan kematian ningsih?. Ceritanya begini. Ningsih itu sudah satu bulan Bantu Bantu dapur utama. So antara ncus cs dan perempuan itu terjalin sebuah ikatan yang gimana gitu.
“ hhhrrrmmm ncus cah ayu “ tiba tiba bu nyai anwar muncul tak di undang
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm keluarganya ningsih sudah di kabari belum? “
“ itu yang membuat susah bu nyai “
“ hhhrrrmmm maksudnya? “
“ ningsih itu orangnya misterius, pendiem, dan ngga pernah menceritakan asal usul dan keluarganya. Pertama kali datang kesini dia juga sendirian, ngga ada yang mengantarkan “
“ hhhrrrmmm terus piye? “
“ entahlah bu nyai “ ncus menggeleng lemah.


Pagi pagi buta ncus sudah asyik di depan tungku membuat api. Kayu bakarr sudah di tata dengan sedemikian rupa. Dandang, panci air, dan wajan penggorengan juga sudah tertata. Sekarang waktunya mulai. Minyak tanah di siramkan. Korek api di nyalakan dan satu lembar kertas yang berserak langsung di ambil. Namun aktifitas ncus terhenti mendadak, kertas yang di pegang tak jadi di bakar, tapi di baca dulu.

Mas sony sekarang mondok di Peshawar. Aku rindu sama dia

11 januari 2010
Diary, hari ini aku sudah ada di pesantren shahidul anwar. Aku mondok sekalian Bantu Bantu di dapur. Dy, barusan aku ketemu mas sony. Aku seneng banget.

Tulisan itu terhenti. Ncus terkesiap. Ini adalah potongan diary ningsih yang mungkin saja tersobek dan tercecer kesini.
“ ncus nglamun aja you “
Sebuah tepukan yang bersumber dari tangan tamara membuyarkan lamunannya.
“ buruan bikin api. Nanti keburu siang lho “
“ iya iya. Ini diary-nya ningsih lho “
“ coba lihat “
Tamara langsung mengambil benda yang di maksud dan membacanya
“ kamu tahu dari mana? “
“ itu tulisan ningsih. Aku tahu banget. Lagian ningsih pernah cerita sama aku kalau mas sony pacarnya “
“ terus? “
“ dengan membaca diary ningsih siapa tahu kita bisa dapat keterangan tentang dia “
“ tapi diary itu di mana? “
“ kemarin sama santri santri barang barangnya ningsih di beresin di gudang “
“ WWWOOOOEEEE I I I I I I I I I I I I “ rubi datang mendadak dengan nada menghentak. Otomatis ncus dan tamara kaget terhenyak.
“ sialan kau. Kalau jantungku copot tanggung jawab kau “


Setiap hari pihak kepolisian masih wara wiri di Peshawar. Semua orang yang mempunyai hubungan dengan ningsih pasti bakal di Tanya Tanya sama bapak polisi, tak terkecuali orang orang dapur utama seperti ncus, yu mujah, tamara, rubi dan jeng alice.

Pembaca yang baik hati dan tidak sombong detik ini waktu menunjukkan pukul 14:00 wib. Urusan dapur pasti sudah kelar. Tamara dan ncus sedang melakukan perjalanan menuju gudang pondok. Baru beberapa langkah tiba tiba mereka berpapasan dengan mas sony yang menyapa ramah.
“ mbak ncus, mbak tamara mau kemana? “
“ gudang “
“ mau ngapain? “
“ yach ngapa ngapain. Duluan yach “
“ silahkan “
Ncus dan tamara langsung melanjutkan langkah
“ itu lho tam yang namanya mas sony “
“ pacarnya ningsih? “
“ betul “
“ ganteng juga. Handsome. By the way dia punya jabatan apa di Peshawar? “
“ ketua asrama putra dan asistennya ning ayu. Dia sering jadi imam sholat maghrib, lulusan al-azhar kairo. Sering di undang ceramah kesana sini dan alim banget. Cocok tuh di jadiin suami “
“ keren banget dia. Sayang si ningsih is dead dulu. Coba kalau nggak?, mereka pasti udah jadi pasangan serasi “
“ betul betul betul “

Lima menit kemudian tamara dan ncus sudah tiba di gudang. Mereka langsung ngubek ngubek tempat ini. Debu debu bertebaran, kotoran kotoran tikus kering saling berceceran, dan barang barang yang tampak di depan mata begitu berantakan.
“ barang barang ningsih di taruh di mana yach? “
“ cari aja dulu “
“ betul juga kamu ncus “

Singkat cerita dan ngga perlu basa basi (nanti kalau basa basi bikin bosen + ngantuk) ncus dan tamara menemukan diary itu dan langsung membacanya. Di halaman awal hanya menceritakan tentang keseharian ningsih yang ngga perlu di bahas, halaman tengah mulai mengupas tentang kisah cintanya dengan mas sony, di halaman menuju akhir ncus dan tamara terhenyak luar biasa.

11 februari 2010
Diary, hari ini aku guoblok banget. Sangat sangat goblok. Tadi siang sehabis sholat dzuhur mas sony mengajak aku jalan jalan ke pusat kota. Menjelang sore mas sony malah mengajakku mampir ke salah satu hotel. Kita berdua check in di sana. Tahukah kau diary?, dia meminta aku melayani nafsunya. Sebenarnya aku tak mau, tapi dia terus meminta dan merayu. Aku tak kuasa menolak. Aku begitu cinta mati sama dia, aku takut kehilangan dia. Diary. Aku sudah melakukan dosa besar. Apa yang harus ku lakukan?.

13 maret 2010
Diary, aku hamil. Aku pusing. Aku harus bagaimana?. Setelah kejadian di hotel itu aku dan mas sony sering sekali melakukan hubungan terlarang. Ini salahku. Aku ingin menolak dy, tapi tidak bisa. Hiks hiks hiks Bantu aku dy.

9 april 2010
Diary, aku sudah bilang pada mas sony bahwa aku hamil. Dia mau tanggung jawab. Plong rasanya dada ini dy.

Ncus dan tamara saling berpandangan. Setelah peristiwa ini mereka begitu jijik dengan sosok sony.
“ klihatannya alim. Nyatanya anggota lima monyet “
“ bunglon dia. Buaya darat “

11 april 2010
Hari ini mas sony akan mengajakku menemui orang tuanya. Rasanya seneng banget deh dy. Akhirnya aku menikah juga dengan lelaki yang ku sayang.

Itu adalah lembar terakhir. Ncus dan tamara hanya bisa menahan nafas membaca kisah ini.
“ tamara kamu inget nggak? “
“ apa? “
“ tanggal sebelas april yang kemarin kan kita mergoki ningsih klihatan rapi banget. Kita Tanya mau kemana dan dia jawab “
“ ada aja. Pokoknya aku hapyy banget “
“ betul “
“ berarti? “
“ . . . . . . . . . . . . . . “
“ . . . . . . . . . . . . . . “
“ . . . . . . . . . . . . . . “
“ . . . . . . . . . . . . . . “
“ . . . . . . . . . . . . . . “
“ yoi. Setelah peristiwa itu ningsih tak klihatan lagi batang hidungnya “
“ jangan jangan . . . . . . . mas sony “
“ iya . . . . . . . . Jangan jangan ini ada hubungannya dengan kematian ningsih “
“ kita harus menyerahkan diary ini ke polisi “
Ncus dan tamara langsung bangkit dari duduknya, tapi di hadapannya sudah berdiri sosok sony dengan membawa pentungan ronda. Ncus dan tamara gemeteran.
BUOOOKKK BUUOOOOKK pentungan di pukulkan dan suasana berubah gelap. Ncus dan tamara terkulai pingsan

Ncus dan tamara membuka matanya. Masih di gudang dan masih terkulai di hadapan sony
“ kalian sadar juga “ suara sony terdengar ketus dan sedikit mengerikan. Ncus dan tamara langsung bangkit berdiri menantang
“ ningsih kamu apakan? “
“ maksudmu? “
“ you tak usah pura pura stupid. Terakhir kali kita nglihat nigsih, dia itu sama kamu “
“ aku membunuhnya “
“ kau memang bajingan. Kau harus tanggung jawab. Di depan ada polisi, sekarang juga serahkan dirimu “
“ tidak akan “
“ fine. Kalau gitu aku dan ncus akan melaporkan kamu “
Ncus dan tamara langsung bergegas meniggalkan peraduan. Namun baru beberapa langkah kaki menapak, sony mengacungkan pistol ke arah dua perempuan itu.
“ stop. Kalau kalian terus, kalian mampus “
Tamara dan ncus gemeteran. Seumur umur mereka ngga pernah gituloh di beginiin
“ kamu jangan gila sony “
“ aku ngga gila, Cuma edan “
“ sama aja “
“ peduli setan. Alasan aku membunuh ningsih karena dia saudara satu susu denganku. Waktu kecil ibunya menderita kelainan di payudara. Karena kita tetangga maka dari itu ibuku menyusuinya “
“ tapi sony kamu ta . . . . . . . . . . “
“ JANGAN NGOMONG “ sony langsung memotong kata kata ncus dengan bentakan kasar. Dua perempuan itu makin gemeteran.
“ waktu aku cerita tentang kehamilan ningsih pada ibuku, beliau sock berat. Jantungnya kumat dan mati “
“ dengan alasan itu kamu membunuh ningsih? “
“ bener “
“ picik kau “
“ aku memang salah “
Air mata sony tiba tiba menetes. Moncong pistol ia arahkan tepat ke kepalanya.
DOOORRRRRRR. Lelaki itu pun tumbang dengan terkulai tak berdaya. Ncus dan tamara hanya bisa diam mematung serta sock.


Detik ini ncus sibuk banget. Dari tadi wara wiri kesana kemari kayak setrika di tv tv. Ketika ayik asyiknya tiba tiba “ BRUAAKKK. “ ia bertubrukan dengan seseorang hingga jatuh terguling. Ncus agak agak marah tuh, rasanya pingin banget untuk nyemprot si penubruk. Tapi untung cuy semprotannya ngga jadi keluar. Yang nabrak itu mas arif, putra terakhir bu nyai anwar.
“ eh mas arif “ ncus menyapa ramah.
“ sibuk ncus? “
“ iya mas “
“ nyantai aja. Ngga usah ngoyo “
Mas arif tersenyum. Masya alloh. Manis banget cuy, kaki ncus rasanya udah ngga bertulang lagi gituloh. Mana ganteng banget lagi. Tiba tiba dada ncus berdebar tak karuan, rasanya di dada ini ada sebuah perasaan yang tak bisa di ungkapkan. Apa mungkin itu cinta?. Entahlah.


STORY THREE : ladang ganja

Aku terpukau memandang indah wajahnya
Ia begitu mempesona
Dan aku tak tahan bila terus pikirkannya

Dari sudut kecil tempat aku berpijak
Sesekali aku mengintip dengan genit
Dan sesekali pula aku membatin dengan lirih
Rasa ini adalah rasa yang tertahan

Ia terus di sini
Ia terus mengusik
Dan ia terus menggelitik
Mungkinkah ini cinta?

Setelah peristiwa tabrakan dengan mas arif beberapa hari lalu tiba tiba saja perasaan ncus resah dan gelisah. Rasanya pingin banget mengulangi kejadian itu. Tapi ya gitu deh nanti pasti bakal di bilang “ sembarangan aja. Emnagnya lorong waktu “ hehehe. Tapi yo wis lah ngga usah di bahas terlalu dalem, nanti kalau dalem dalem takut susah mentasnya. Eh – hi (ceritanya niru batuknya tukul di empat mata )

Di dapurnya yang makin lama makin kumel, si ncus lagi sibuk nyiapin menu sarapan, rencananya mau bukin tumis kangkung. Tapi yang bikin bimbang sawi putihnya itu seabrek dan udah numpuk dua hari serta mulai letoy letoy. Kasihan kan nasibnya kalau ngga segera di manfaatkan, ntar nangis lagi hehehe.
“ ncus. You punya akal, jadi masak apa nech?. Kangkung atawa sawi putih? “
“ aku pusing ruby “
“ kalau hemat aku sawi putih di buat sekarang, terus kangkungnya buat siang. Gimana?. Cos sawinya udah pada bonyok tuh “
“ okelah. Toh anak anak juga lagi libur. Paling yang makan Cuma beberapa “
“ pinter “
“ sekarang aku bikin bumbu terus kamu ngiris sawinya yach? “
“ capcus nek “
Pembaca yang baik hati dan tidak sombong detik ini di dapur utama peshawar cuma ada ncus dan ruby. Sedangkan jeng alice, tamara, dan yu mujah, lagi belanja di pasar.
“ hhhrrrmmm. Ncus cah ayu “ tiba tiba muncul bu nyai anwar dengan tidak di undang. Ncus segera menghampiri
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm. Nanti kamu sama tamara ikut anak anak kemah yo? “
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm. Nanti kamu di sana tak kasih tugas masakin mereka, paling yang kemah Cuma 25 orang “
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm, terus yang masak di dapur ini biar sing ada wae. Toh lagi libur tho anak anak? “
“ iya bu nyai “
“ hhhrrrmmm. Iya iya wae kamu itu ncus ncus “ tangan bu nyai anwar langsung memukul kepala ncus dengan lembut, terlihat sebuah aura kasih sayang dari seorang ibu kepada anaknya. (padahal mereka bedua bukan ibu anak lho)
“ hehehehe “
“ hhhrrrmmm. Oh yach ncus aku lupa, kemarin sebelum arif balik ning suroboyo dia nanyain kamu lho, kayaknya dia tresno karo kowe “
Mendengar hal ini wajah ncus langsung bersemu merah
“ ah, bu nyai bisa aja “
“ hhhrrrmmm. Yo ngga opopo tho, toh kalian berdua juga pantes kok “
Si ncus makin tak karuan, dan si ruby yang berada lima meter di sisi kanannya hanya bisa berdehem dehem ria
“ ehem ehem ehem “
Dasar si slebor dapur.


Esok hari tamara dan ncus sudah ikut 25 santri peshawar untuk kemah di sebuah hutan. Awal awalnya dua cewek itu agak agak keder, tapi setelah di beri dukungan oleh anak anak, mereka mantep. Suasana hutan begitu sepi, hijau, lengang dan sedikit menyeramkan. Kalau bukan karena perintah bu nyai anwar tamara dan ncus ogah deh ngubek ngubek tempat ini. Serem.

Sebagai pemanasan tamara dan ncus langsung masak untuk menu makan siang. Ini udah jam sebelas cuy, perut anak anak udah pada keroncongan tuh. Semua perbekalan sudah ada. kompor gas, wajan, dandang, beras, sayur, bumbu dan lain sebagainya suah siap. Tetek bengek itu khusus di angkut pada sebuah pick up yang warnanya putih bersih. Cangih kan?. Sedangkan di sudut sana, 25 anak anak lagi asyik bikin tenda yang jumlahnya enam buah. Satu tenda untuk lima orang sedangkan sisanya untuk ncus dan tamara. Mereka berdua spesial banget lho. Tapi tunggu dulu. Tamara dan ncus tuh mesti berdesak desakan dengan barang barang logistik macam beras, sayur, garam, gula, bumbu, minyak dll. Hahahaha. Kacian banget deh.

Pembaca yang baik hati dan tidak sombong, rencana kemah anak anak peshawar itu tiga hari tiga malam. Acaranya sudah di susun rapi dalam sebuah kertas yang di sebut randown. Tulisannya rapi banget, tapi penting ngga sech di bahas?. Ngga usah lah yach?. Hari pertama anak anak melakukan reboisasi di lahan lahan kosong. Mereka menanam lima buah pohon yaitu, jati, kas, karet, jambu dan mangga. Tiap pohon jumlahnya lima. Filosofi dari angka lima ini katanya berdasar pada rukun islam yang jumlahnya ada lima, syahadat, sholat, zakat, puasa, haji. Boleh boleh boleh. Pinter juga yach?. Hehehehe. Hari kedua acara di lanjutkan menjelajah hutan yang tampak lengang. Ncus dan tamara ngga ikutan, dua cewek itu lagi asyik berjaga jaga di tenda. Memandangi susasana sekitar, yang ada hanya dedaunan, pohon pohon, burung burung . . . . . . . . . . . dan apalagi yach? . . . . . . . pilih sendiri deh.
” sepi banget deh ncus ”
” bakar aja hutan ini, pasti rame ”
” sembarangan aja kau, ketangkep polisi hutan tau rasa kau ”
” daripada ketangkap polisi perairan, ntar di ceburin ke laut lagi ”
” hahahahah dasar kau ”
” masak udah, mandi udah, bersih bersih udah, ngapain yach? ”
” jalan jalan yuk! ”
” kemana? ”
” ke sekitar sini aja. Bete aku ngejogrok terus ”
” terus tendanya? ”
” biarin aja. Ngga usah khawatir ”
” nanti kalau ada yang hilang kita juga yang kena ”
” ngga bakalan. Hutan ini sepi. Orang bakal mikir mikir untuk hang-out kesini ”
” emangnya swalayan pake hang-out segala ”
” bukan. Pasaraya ”
” sama aja kali. Yo wis yuk cabut ”
” oke ”
Dua cewek yang sama sama punya wajah luar negri langsng angkat pantat dari peraduan. Mereka berjalan setapak demi setapak. Serasi banget. Maklum, mantan model gituloh.

Di dapur utama peshawar. Ruby, yu mujah, dan jeng alice lagi merana, because dua sobat yang sangat tersayang tak ada lagi di depan padang. Hehehe cucian deh.
” rasane onok sing kurang yo setelah ncus dan tamara ikut kemah? ”
” betul betul betul ”
” roti gabus roti canting – tamara ncus ikutan kemping
Beli sapi di sulawesi – rasanya sepi dapurku ini
Naik koja ke pamulang – kapan yach mereka pulang? ”
” emangnya ncus sama tamara kemah di mana tho? ”
” kan kemarin udah ruby kasih tahu, masak yu mujah lupa? ”
” oh yach. Di hutan tho? ”
” bectul ”
” di hutan pasti banyak pohon pohonnya yo? ”
” enggak . . . dedauan ”
” kemarin aku lihat di tv hutan hutan yang ada di kalimantan itu banyak pohonnya ruby ”
” udah tahu kok pake nanya? ” si slebor dapur mulai kepanasan
” hehehehehe ”
” naik jerapah ke ragunan jakarta – dasar yu mujah pikirinnya aha aha ”
” maksudnya you apa jeng alice? ”
Yang di Tanya menggeleng gelengkan kepala
” hhhrrrmmm ruby ” tiba tiba bu nyai anwar datang tanpa di undang, otomatis yang di panggil langsung menghampiri
” iya bu nyai ”
” hhhrrrmmm kamu sama ncus ke pasar yo beli udang? ”
” si ncus ikut kemah bu nyai ”
” hhhrrrmmm waduh lali aku. Yo wis kalau gitu kamu aja. Nanti di goreng setengah mateng yo. Buat tamu “
“ baik bu nyai “

Setelah beratus ratus langkah menapak bumi hutan, tiba tiba kaki ncus dan tamara nge-PAUSE. Pinginnya di PLAY lagi, tapi keberatan malesnya. Hehehe. Sejenak mata mereka di edar ke sekitar. Sepi, lengang, dan hanya ada kicauan burung
“ ncus kita di mana?. Ntar kesasar lagi ”
” udah tenang aja. Aku tahu kok jalan balik ’
” eh tam, kamu ngerasa aneh ngga sech? ”
” apaan? ”
Dua cewek itu langsung memandangi suasana sekitar dengan lebih jeli
” kamu tahu ngga sech sekarang kita ada di mana? ”
” di mana? ” tamara nanya balik dengan wajah penasaran
” ladang ganja ”
” realy? ”
” yes ”
Cewek australia itu langsung mengambil sepucuk daun yang ada di sekitarnya dan langsung memperhatikan dnegan seksama.
” bener ncus. Ini ganja ”
” terus? ”
” ladang ini luas banget, kita harus melakukan sesuatu ”
” caranya? ”
” kita ke tenda dulu terus bilang sama anak anak dan lapor polisi ”
” betul betul betul. Yuk cabut ”
Ncus dan tamara langsung membalikkan badan, namun di depan mata tiba tiba muncul empat orang laki laki yang berbadan kekar dan berwajah sangar. Akibat hal ini dua cewek itu otomatis kalut.
“ aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa “

Tepat pukul 14:30 wib. Anak anak Peshawar sudah balik dari penjelajahan.
“ mbak ncus sama kak tamara kok ngga ada yach? “
“ paling lagi jalan jalan “
“ boring kali ngejogrok terus di tenda “
“ bentar lagi pasti pulang. Eh mereka masak apa yach?, perutku laper nech ”
” lihat aja di tendanya ”
Setelah itu anak anak langsung santap siang dengan nikmat dan dilanjutan sholat dzuhur. Terus langsung ngegubrak deh di atas tiker. Ngorok. Hehehe.

Ketika senja sudah tiba anak anak bingung bukan kepalang. Because :
” kak tamara sama mbak ncus kok belum balik yach? ”
” iya. Tauk nech ”
” kemana yach? ”
” kesasar paling ”
” sembarangan aja kalau ngomong ”
” bisa jadi kan?. Karena keasyikan muter muter akhirnya lupa deh jalan balik ”
” bisa jadi tuh. Terus gimana dong? ”
” kita cari yuk! ”
” udah petang nech ”
“ ngga usah egois. Kedamprat bu nyai anwar tau rasa kau “
” yo wis lah. Yuk kita keliling ”
25 anak anak peahawar lansung berpencar ke penjuru tempat. Ada yang ke utara, ke barat, ke timur, dan sisanya sudah pasti ke selatan. Betul nggak?.
” mbaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkk nncccuuuuuuuuusssssssssss ”
” kaaaaaaaaaaaakkkkkkkk tamaaaaaaraaaaaaaaaaaa ”
Pembaca yang baik hati dan tidak sombong, suara mereka kenceeng banget. Kalau di ukur pake penimbang suara, yakin deh timbangannya pasti jebol. Cos keberatan beban, hehehe. Penulisnya ngaco aja ye.
” mbaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkk ncuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssss ”
” kaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkk taaaammmmmmaaaaaaaaaaarrrrrraaaaaaaaaaaaaa ”

Di tengah tengah ladang ganja ada sebuah gubuk yang terbuat dari bambu dan alang alang. Di tempat itulah tamara dan ncus di sekap. Kaki dan tangan mereka di iket ama sebuah tampar yang lumayan gede. Kasihan banget
” kalian perempuan perempuan ngapain keluyuran di hutan?, pasti dari kepolisian yach? ” salah satu di antara laki laki itu membentak dengan kenceng
” kk k k k kkkkit aaaa kita kem mmm m kemah papa papa pak ” suara tamara terdengar gemetaran
” bbbb bububu bubukakak bukan pol pol pp polisi ” ncus menimpali
” alah ngapusi ”
” bbb bener pppp pak kkkkita bukan polisi ”
” tarus ngapain kesini ”
” kan tadi sudah bilang kemah ” tamara sedikit jengkel. Udah badan kekar, wajah sangar, eh ngga taunya OON.
” oh ya ding . . . tapi eits, jangan ketawa. Ketawa mahal di sini ”
Sejenak suasana hening, yang terdengar hanya kicauan burung burung hutan
” setelah tahu kalau di sini ada ladang ganja kalian pasti bakal lapor polisi. Iya kan? ”
” iya . . .ehhh eee enggak ”

Di peshawar jam dinding menunjukkan pukul 18:00 wib. Detik ini seluruh santri peshawar tengah menjalankan sholat maghrib secara berjamaah. Sedangkan di kemah, 25 orang peserta kemping tengah pusing tujuh keliling memikirkan dua cewek dapur
” udah tiga hari kak tamara dan mbak ncus ngga balik balik. Kemana yach mereka? ”
” entahlah ”
” apa mungkin mereka di culik seseorang? ”
” entahlah ”
” jadi takut neh lama lama stay di tempat ini ”

Di dapur utama peshawar ruby tengah ngulek bawang sama cabe rawit, rencananya mau di bikin sambel mentah tempe penyet, soalnya sisa sayur sore masih banyak, walaupun menu sarapan kali ini bahan bahan sisa, tapi anak anak tetap lahap makannya. Ya iyalah orang semalaman perut mereka keroncongan karena kantin kang momoy tutup.
” hhhrrrmmm ruby ” tiba tiba bu nyai anwar datang tak di undang, ruby segera menghampiri.
” iya bu nyai ”
” hhhrrrmmm ncus sama yang lain lainnya kok ngga pulang pulang yo? ”
” entahlah bu nyai ”
” hhhrrrmmm mereka kok krasan banget yo di hutan?. Kemarin izinnya Cuma tiga hari. Tapi ini sudah enam hari ”
” entahlah bu nyai ”
” hhhrrrmmm. Jangan jangan . . . . . . . ”
” jangan jangan kenapa bu nyai ”
” hhhrrrmmm ngga jadi wis ”

Ncus dan tamara memandangi suasana sekitar. Sepi, lengang, dan tak ada tanda tnda kehidupan.
” orang orang kemana ncus? ”
” tauk deh ”
” takut ncus. Sepi banget nech ”
” ngga usah takut, hantu hantu hutan sini ngga akan doyan ama bule australia macam kamu ”
” ah, becanda aja kamu ncus ”
” biar ngga tegang ”
TING. Tiba tiba ncus punya ide
” tamara kamu bisa lepasin ikatanku nggak? ”
” bisa tapi takut ”
” ngga usah takut. Buruan lepas sebelum orang orang itu dateng ”
” oke deh ”
Dua cewek itu langsung berdekatan, tangan tamara langsung cekatan melepaskan ikatan.
” gimana tam? ”
” tinggal dikit lagi. Susah banget ncus. Simpulnya rumit nech ”

Sementara ncus dan tamara sibuk melepas ikatan, 25 anak peshhawar juga sibuk mencari dua cewek itu kesana kemari. Mereka terus ngubek ngubek tanpa kenal lelah dan lemah.
” pokoknya kalau mbak ncus dan kak tamara ngga ketemu kita ngga boleh pulang ”
” betul ”
” kalau pulang ujung ujungnya pasti kena damprat bu nyai anwar, tau sendiri dong manusia satu itu, kliatannya kalem, tapi sekali meledak, bweeehhhh ”
BRUAAAKKKK. Dari arah belakang tiba tiba terdengar sebuah gerakan. Santri santri langsung menoleh. Ncus dan tamara tersandung ranting hingga jatuh tersungkur.
” mbak ncus, kak tamara ”
Dua cewek wajah bule itu langsung menghampiri santri santri dengan langkah seribu
” kita harus segera meniggalkan tempat ini ” suara ncus menderu tak beraturan, wajahnya panik dan nafasnya ngos ngosan.
” ada apa mbak? ”
” udah, ngga usah banyak nanya. Pokoknya cepet pergi. Bahaya ”
” tapi mbak ”
” aduh crewet. Buruan. Nanti ku cerita’in kalau udah di peshawar “
Mereka semua langsung secepat kilat meninggalkan peraduan, dan singkat cerita sudah sampai di tenda (maklum, penulisnya yang manis ini males basa basi hihihi ). Semua barang barang yang ada di depan mata langsng di benahi dnegan cara cepat. Kalau pembaca lagi nonton vcd player, gerakannya itu mirip banget dengan menu FWD. Hahahaha lebaynya kumat.

Tiga puluh menit berlalu semuanya sudah siap, mereka tinggal angkat kaki meninggalkan peraduan. Tapi tiba tiba
” STOP ”
Orang orang berbadan kekar yang tadi menyekap ncus dan tamara datang tak di undang. Akibat hal ini otomatis jantung anak anak dag – dig – dug – dier kayak kejutan sabun DAIA.
” kalian mau kemana? ”
” ppppp p p pulaang ”
” enak aja. Turunkan barang barang kalian ”
” bbbbb baik ”
” kalian ini dari mana, terus ngapain keluyuran di hutan? ”
” kita santri santri peshawar pak. Kita di sini kemah ngisi liburan ”
” ouw . . . muridnya bu nyai anwar yo? “
“ bener ”
” eh, itu dua cewek bule itu kesini ”
Yang di maksud adalah ncus dan tamara, mereka berdua langsung menghampiri.
” iiiiyyyyya pak ada apa? ”
” kalian belum cerita tentang ladang ganja ke santri santri kan? ”
” bbbb belum pak? ”
” bener? ”
” sumpah pak belum ”
” oke. Kalian boleh pulang. Tapi inget. Jangan cerita tentnag ladang ganja ini kepada siapa pun ”
” bbbb bababa baik pak ”
” kalian tahu ngga ladang ini milik siapa ”
” siapa pak? ” seketika itu juga wajah ncus dan tamara menunjukkan rasa penasaran yang amat sangat
” ning ayu ”
” APA? ”
Mata ncus dan tamara terbelalak lebar, tapi untung santri santri tak mengetahui peristiwa ini, sebab mereka semua sudah di usir untuk pulang ke peshawar
” bener ”
” ning ayu putranya bu nyai anwar? ”
” iya. Perempuan itu kelihatannya alim, tapi aslinya najis ”
” bapak tidak bohong kan? ”
” buat apa aku bohong. Ning ayu mu itu bos jaringan narkoba indonesia. Suaminya mengetahui hal ini, makanya dia menceraikan ning ayu ”
” lalau apakah bu nyai anwar mengetahui hal ini? ”
” tidak, bu nyai anwar tidak tahu ”
” berarti uang jutaan rupiah yang setiap bulan masuk ke peshawar adalah hasil dari bisnins ini? ”
” tidak. Uang dari tempat ini tidak sepeserpun masuk ke peshawar. Bu nyai anwar itu kaya raya. Dia punya pabrik tepung yang tersebar di 65 kota. Semua besar besar. Kamu tahu kan tepung beras merk kanjeng? ”
Ncus dan tamara mengangguk. Orang orang dapur peshawar sangat kenal dengan brand satu itu. Setiap mau bikin kue, rempeyek, tempe selimut, dan penganan lain yang berbahan tepung beras. Tepungnya selalu memakai kanjeng. Tapi mereka semua tidak tahu kalau pemilik pabriknya adalah bu nyai anwar.
” eh, udah sekarang lebih baik kalian pulang. Tapi ingat, kalau hal ini sampai di ketahui orang lain, kalian akan ku bikin perkedel. Koneksiku di peshawar sangat banyak. Jadi jangan main main ”
” bbbb baba babababa baik ”
” sudah sana pergi ”
Ncus dan tamara langsung melangkahkan kaki dengan ayunan gontai. Mereka berdua begitu sock dengan fakta yang berada di sekitarnya.

Mataku nanar menatap bayang kabur yang begitu samar
Semuanya bagaikan fatamorgana yang menipu di siang bolong

Aku tak pernah tahu
Aku tak pernah sadar
Di depan mata adalah seekor musang berwujud kumbang
Berasa manis namun di ujung berubah najis

Ini adalah keanehan
Menutup belang dengan tameng suci kemunafikan
Cuih
Biar ku ludahi saja wajahnya
Tapi naas
Air liurku tertahan pada tempat bernama kerongkongan





STORY FOUR : 5kor5ing complete

Ncus termenung di kamarnya. Kalau pembaca yang baik hati dan tidak sombong melihat secara langsung, gaya termenungnya itu mirip banget dengan gaya aishwarya rai yang menunggu kedatangan shah rukh khan di film devdas. Tapi bedanya satu, kalau aishwarya rai itukan huruf depannya (A), sedangkan ncus sudah pasti (N). betul nggak?.

Di tengah tengah perenungannya itu si ncus tak habis pikir, kok bisa yach ning ayu adalah bos jaringan narkoba Indonesia. Padahal selama ini perempuan satu itu terlihat santun, kalem, lembut, beretika, dan seabrek kebaikan yang pastinya tak perlu di tulis. ( Soalnya kalau di tulis, cerita di serial ini ngga membahas masalah ncus dan cs-annya, tapi malah membahas kebaikan ning ayu. Betul nggak? ) Tapi kalau di pikir lebih dalam, fakta fakta yang di katakan bapak di hutan kemarin memang ada benernya. Selama ini gaya hidup ning ayu sangat wuaahhh. Tiap minggu merk hp selalu ganti. Bila kemana mana mercedes benz tak lupa menemani. Selain itu aksesoris aksesoris ngejreng selalu merenteng di tubuhnya. Mulai dari kalung, cincin, baju mahal dan lain sebagainya yang pastinya di pertanyakan dari mana sumbernya. Padahal selama ini ning ayu tak punya aktifitas lain selain koordinator santri dan ustadz peshawar. Arrggghhhh pusing. Buat apa di pikirin dalem dalem, mendingan si ncus mikirin yang lain aja.

Sejenka ia pandangi suasana sekitar. Sepi. Tanpa pikir panjang cewek 22 tahun ini langsung mengambil buku dan pena dari dalam lemari. Rasanya pingin banget nulis cerpen yang sudah beberapa tahun ia tinggalkan.


kompetisi badminton junior high school challengge akan di laksanakan minggu depan. Pesertanya adalah pelajar pelajar smp se-jawa timur. Acara ini sangat bergengsi. Selain hadiahnya sangat besar, pemain pemain yang nantinya terlihat moncer sudah pasti akan di persiapkan join ke pelatnas. Maka dari itu atlet atlet smp akan berjuang mati matian ntuk menunjukkan kehebatannya. Salah satunya aji. Detik ini pelajar kelas dua smp itu tengah latihan di club-nya bersama sang pelatih. Sedari tadi bola bola lop terus melayang di udara.
” smash ji ! ”
Sang pelatih memberikan intruksi dengan keras, aji pun langsung meng-jabanin. PUOOOK. Shuttlecocks menukik tajam dengan kecepatan 135km/jam. Sangat keras
” bagus ji, makin lama pukulanmu makin mantep ” sang pelatih yang bernama mas prio memberikan pujian dengan tulus
” tanks mas, ini semua juga karena mas prio ”
” ah, bisa aja kamu. Latihan lagi yuk ! ”
” yuk ”
Mas prio langsung serv dengan lop tinggi
” smash ji ! ”
PUOOOK. Bola menukik tajam 150km/jam. Namun tiba tiba ia merasakan kejanggalan pada pegangannya. Raketnya putus. Frame patah.

Beberapa meter ke arah kanannya beny tertawa senang melihat hal ini
” mampus kau ji ”
Beny adalah pelajar smp kelas dua. Ia juga tergabung di club ini bersama aji. Selama ini beny punya dendam kesumat padanya, karena setiap bertemu bocah itu beny selalu kalah. Di tournament junior high school challengge nanti, sudah pasti aji adalah rintangan terberat yang harus di lalui, tapi ia sudah punya taktik untuk mengatasi hal itu.

# # # # # # # # # #

Aji baru saja datang di rumah. Di lihatnya suasana sekitar tampak ramai. Bapak ibunya dan dua karyawan sibuk membuat rengginang dalam kemasan.
” bapak, aji belikan raket lagi yach? ”
” memangnya raketmu kemana? ”
” putus pak framenya ”
” bapak ndak punya duit le ”
” kok bisa? ”
” dagangan sepi ”
Orang tua aji adalah pelaku UKM. Usahanya bergelut di bidang makanan ringan yaitu rengginang
” minggu depan lomba bulutangkis sudah mulai pak ”
” yo. Nanti bapak usahakan ”
Wajah aji terlihat lesu. Ia langsung masuk kamarnya dengan langkah gontai. Sejenak ia pandangi raketnya, senar berantakan, kepala raket putus, dan semuanya sangat hancur hancuran.


” udah malem ncus. Buruan bobo’. Besok kesiangan lho ” tiba tiba tamara datang memcah konsentrasinya
” iya bentar ”
” lagi ngapain sech? ”
” bikin cerpen ”
” ouw . . . . . Aku tidur dulu yach ”
” yo-i. Eh, besok pagi masak apa? ”
” tadi siag si ruby pesen kangkung sama sawi putih. Mau bikin pecel katanya ”
” oke ”
Ncus kembali melanjutkan cerpen


Keesokan hari mas prio tidak menemukan sosok aji di club, tapi hanya beny dan beberapa anak anak lain.
” kamu ngga lihat aji ben? ”
” nggak mas ”
” kemana yach dia? ”
” raketnya kan kemarin putus. Ngga mampu beli lagi dia. Bapaknya kan kere ”
” husssyyy kamu ngga boleh bilang begitu ”
” kenyataannya memang begitu kok mas ”
” kamu kalau ngomong ati ati beny, jangan main api. Bahaya lho ”
” udahlah mas, anak kayak dia ngga usah di ikutin tournament minggu depan. Kan masih ada aku ”
” emang kamu bisa? ”
” bisa dong ”
” kamu lho tanding sama aji kalah terus ”
” gini aja deh mas. Mas prio akan ku kasih uang semau mas prio asal aji jangan di ikutkan di junior high school challenge ”
Mendengar hal ini mata mas prio langsung terbelalak lebar. Beny itu memang anaknya pengusaha sukses, pabrik papinya yang memproduksi kaos kaki tersebar di ebebrapa kota dan beromset jutaan rupiah.
” maaf ya beny, aku ndak mau kena semprot pimpinan club gara gara mencoret nama aji. Kamu kan tahu sendiri aji itu andalannya club ini ”
” ah mas prio payah ”
” im sory beny ”
Kurang ajar, mas prio musti di kasih pelajaran. Beny membatin lirih dalam hatinya.


TETTT TEEETTTT TEEEETTTT. Tiba tiba bel Peshawar berdering dengan nyaring. Itu adalah tanda untuk santri santri agar sholat malam. Pukul 03:00 wib. Ncus langsung meletakkan buku dan penanya ke dalam lemari, setelah itu membangunkan tamara untuk menunaikan kewajiban masak sarapan.

Singkat cerita dua cewek bule itu sudah repot mengiris sayur sayur yang akan di masak. Ruby, jeng alice, yu mujah juga sibuk dengan aktifitasnya
” ncus anak cantik. Akika sory banget yei ” tiba tiba ruby memecah keheningan dengan nada gemulainya
” kenapa? ”
” ini hari tak jadi bikin pecel, soalnya kacang tanah belum di belikan sama mr.didoy ngga apapa kan? ”
mr. Didoy adalah penyetok sayuran ke pondok peshawar. Dia itu bos sayuran yang menyetok pedagang pedagang di empat kabupaten, canggih kan?. Nama aslinya miftakhul anwar, tapi si ruby slebor menjulukinya dengan mr. Didoy. Alasannya satu. Yaitu jomblo. Didoy itu kepanjangan dari di dorong yuk biar dapet pacar. Hahahaha. Bisa aja si ruby itu. Eits ada yang ketingglan. Mr. Didoy umurnya tuh 27 tahun. Ada yang tertarik nggak?
” yach. Terus? ”
” kangkung sama sawi putihnya you tumis azza biar kagak ribetcs ”
” okelah kalau begitu ”
” Eke ke dapur timur dulu yei ambil tempe ”
” udah sana pergi ”
” capcus nek ”
Maria franklin nur baiti janekhus langsung menakar bumbu dengan gelas air mineral. Bawang putih dan bawang merah satu gelas, lombok dua gelas, ebi satu setengah gelas, lengkuas 6 siung, dan daun salam secukupnya. Kalau boleh jujur, mata si ncus sebenarnya sepet banget, cos semaleman tadi dia belum sempet bobo’ gara gara bikin cerpen. Hihihih. Cucian deh. Api di tungku sudah berkobar kobar. Ncus pun langsung tancap gas.
” tamara bumbunya di blender yach. Lengkuasnya di gutok sampe lembut, terus daun salamnya di iris iris ”
” oke ncus ”
” jeng alice nyuci sayuran “
“ bertiarap di pohon kaktus – siap ncus “
“ yu mujah persiapan goreng tempe. Bentar lagi si ruby pasti datang “
“ oke ncus “
Semua orang yang ada di dapur utama langsung berjibaku menikmati kesibukan.


Aji bangun dari tidur. Mendadak wajahnya terbelalak, matanya pun berbinar ceria. Di sisinya ada sebuah raket cantik yang selama ini sangat di inginkan.
” happy birth day tou you happy birth day tou you happy birth day tou you “
Tiba tiba dari arah pintu muncul sosok om aris yang selama ini sangat di rindukannya. Di tangannya ada sebuah kue tart yang di tengahnya tertera angka dua belas. Om aris adalah adik bapak aji yang selama ini bekerja di malaysia. Di sana ia sudah bertahun tahun tak pernah pulang dan tak ada kabar. Aji sangat senang sekali. Om yang satu itu sangat dekat dengannya.
” om aris kemana aja kok selama ini nggak pernah ngasihkabar? ”
” udah ngga usah di bahas. Sekarang yang penting om sudah datang . . . eh, buruan tiup lilinnya ”
” oke. Tapi make e wish dulu “
“ oke “
Aji segera memejamkan mata dan langsung meniup lilin.
” om aris kemana aja tho? . . . . semenjak om ke malaysia ngga ada lagi lho yang nglatih aku badminton, tapi setelah aku smp, salah satu guru medaftarkan aku ke club. Di sana aku di latih sama mas prio. Orangnya baik banget ”
” oh yach? ”
” iya om ” aji begitu antusias ” gara gara bimbingan mas prio aku sering banget menang lomba lomba bulutangkis. Itu buktinya ”
Aji menunjukkan beberapa medali dan piala yang tertata rapi di lemari kaca.
” keren banget kamu ”
” iyalah, . . . oh yach, om aris ngapain aja di malaysia kok ngga pernah pulang. Kata bapak sibuk yach ”
Om aris mengangguk
” eh kamu ngga latihan? ”
” bentar lagi mau berangkat. Kan udah punya raket baru. Kemarin raketku patah, jadi udah tiga hari ini aku ngga masuk club ”
” ya udah yuk ”
” tapi aku mandi dulu ”


” sibuk banget ncus? ” tiba tiba suara tamara memecah konsentrasi
” iya lah ”
” belum kelar cerpennya? ”
” belum ”
” ceritanya apaan sech? ”
” ada aja ”
” nanti kalau udah rampung aku baca duluan yach? ”
” beres . . . . . eh tadi kamu di cari bu nyai anwar ”
” ada apaan? ”
” di suruh bantu bantu ndalem. Kemarin si tina pulang kampung ”
” kenapa? ”
” tauk deh ”
” eh denger denger abdi ndalem satu itu habis di putus ye ama kang momoy? ”
” gosip aja kau. Kemarin ku lihat di kantin pondok masih mesra mesra aja tuh . . . . . eh buruan sana pergi, di semprot bu nyai anwar tau rasa kau ”
” hehehe siap bos ”
Cewek australia itu langsung ngacir tanpa pamit.


Detik ini aji dan om aris sudah satu jam menunggu mas prio. Tapi yang di tunggu tak datang juga, maka dari itu mereka berdua hanya bisa main lop lopan saja.
” pelatihmu kemana ji? ”
” tauk nech om. Biasanya jam segini juga udah dateng ”
” ngapain kamu ji di sini? ” tiba tiba muncul sosok beny dari arah pintu, aji langsung menghampiri
” beny, kamu lihat mas prio nggak? ”
” masuk rumah sakit dia, kemarin di tabrak mobil sama seseorang ”
” oh yach? ” mendengar hal ini aji sock bukan main. Kalau mas prio sakit parah, nanti siapa yang akan melatihnya.
” mendingan kamu mundur deh dari junior high scholl challenge. Kalau kamu tetep ikut, percuma. Mas prio ngga akan bisa mendampingimu ”
” kamu sendiri? ”
” papiku sudah mendatangkan pelatih dari cina untuk memoles aku. Aku yakin di tournament nanti aku pasti keluar sebagai juara ”
” mudah mudahan ”
Beny adalah anak yang sangat sombong, aji sudah tahu dengan ketidak sukaan beny kepada dirinya. Maka dari itu untuk menggapi watak sengak macam ini aji hanya bisa merendah saja.
” om aris kita pulang yuk. Terus mbesuk mas prio di rimah sakit ”
” oke ”


Detik ini aji dan om aris sedang jalan kaki menuju rumah sakit. Suasana sekitar begitu lengang dan sepi.
” ji pelatihmu kira kira umurnya berapa? ”
” seumuran om aris. Dia kelahiran 85 ”
” masihmuda dong? ”
” he-eh ”
Dua paman keponakan itu langsung menyebarang jalan. Tapi tiba tiba. BRUAAKKK. Sebuah mobil menubruk tubuh aji dengan kenceng, tubuh aji mental sejauh lima meter dan terguling guling di aspal. Sungguh mengenaskan
” ajiiiiiiiii ”
Om aris yang selamat dari bahaya langsung menggotongnya dengan secepat kilat. Sedangkan mobil yang tadi menabrak aji langsung kabur entah kemana.


Tulalit tulalit tulalit. Tiba tiba hp ncus berbunyi. Ada sebuah sms dan ia langsung membaca.

Selamat malam ncus. Lagi ngapain?
Dari : 085236659289

Ncus tekan reply

Siapa yach?

Handphone bunyi lagi.

Ini aku mas arif

Deg. Jantung maria franklin nur baiti janekhus langsung berdetak tak menentu. Ada apa yach kok tiba tiba mas arif sms ncus. Jangan jangan yang di omong bu nyai anwar ada benernya . . . ah, ngarep aja.

Ada apa mas?. Aku lagi diem nech

Tulalit tulalit tulalit

Cuma nanya aja. Eh hari sabtu aku pulang. Nanti bikinkan bakwan jagung yach?. Bakwan bikinanmu enak ncus

Senyum ncus langsung tersungging

Baik mas

Ncus langsung melanjutkan nulis cerpennya.


Setelah peristiwa tabrak lari itu aji di opname di salah satu rumah sakit. Kondisinya sangat parah. Tulang kaki dan tulang lengan patah total hingga harus di balut gips. Mengethaui kondisinya yang seperti itu setiap saat aji nangis terus. Orang tua dan om aris-nya bingung melihatnya.
” udahlah ji jangan nangis terus. Laki laki ngga boleh cengeng ” suara om aris terdengar menemtramkan.
” junior high school challenge tinggal besok om. Kalau kondisiku kayak gini aku pasti ngga bisa ikutan “
” ya sudahlah ngga usah di pikir ”
” tapi masalahnya ngga se-sepele itu. Besok itu kata mas prio pelatih pealtih nasional akan nonton. Mereka akan mencari bibit bibit baru. Dan aku aku ngga bisa menggunakan kesempatan ”
Om aris diam seribu bahasa, tak satu patah kata pun keluar dari mulutnya, ia bisa merasakan apa yang aji rasakan.
” om aris ngerti ji ”
Beberapa meter dari arah mereka stay, tiba tiba ada seorang penyiar radio yang sedang nyocros seenak perut
” listener ada pengumuman nech. junior high school challenge akan di tunda dua bulan ke depan. Kemarin waktu reporter kita menanyakan langsung pada panitia jawabannya satu. Sponsor utama mundur karena suatu hal yang tidak di katakan penyebabnya. Maka dari itu untuk listener yang masih pelajar smp masih punya kesempatan banyak untuk latihan lagi. Asah kemampuan, perbaiki tekhnik dan jadi juara di junior high school challenge. Oh yach, nanti pada saat pertandingan berlangsung. Pelatih pelatih beken macam marlev mainaky, sigit budiarto, ivana lie, susi susanti, dan lain sebagainya akan nonton di tribun VVIP. So jangan sia siakan kesempatan, buruan daftar dan tunjukkan kemampuannmu untuk jadi atlet badminton nomor wahid abad ini. Oke, sekarang putar lagu dulu dari crisye, kala cinta menggoda, chek disc out “
Mendengar hal ini aji dan om aris langsung tersenyum
” kita masih punya kesempatan ji ”
” iya om ”


Hari sabtu mas arif benar benar pulang. Pertama kali menginjakkan kaki di peshawar cowok manis satu itu langsung nylonong ke dapur. Tujuannya satu, nyari bakwan made in ncus sekalian yang bikin bakwannya. Hahaha.

Singkat cerita ncus dan mas arif sudah bertatap muka, jantung ncus rasanya berdebar gimana gitu. Kalau misalnya ngga di alingin kulit ama tulang, jantung itu pasti udah ngegubrak di tanah. Emangnya knalpot rusak pake ngegubrak segala. Hahaha
” ncus bakwannya mana?, perutku udah laper nech ”
Masya alloh. Kepala ncus rasanya puyeng gituloh. Bayangin aja coba, suara mas arif itu lembut mendayu dayu gimana gitu. Apalagi senyumnya yang sesungging menawan, bweeehh. Ngga kwukwu cyin. Bikin teller gituloh
“ ncus bakwannya mana?. Nglamun aja “
Ncus terkesiap
“ eh I I iiinni ini mas. Udah mateng ”
” nglamunin apa sech?. Nglamunin aku yach? ”
Cewek wajah gado gado itu pipinya makin bersemu merah
” ah, mas arif bisa aja ”
Lima meter ke arah kanannya si ruby slebor berdehem dehem sambil cengar cengir. Dasar slebor.


Setelah melalui terapi panjang dan berbagai proses pengobatan akhirnya kondisi aji membaik. Ia sudah bisa latihan badminton dengan waktu terbatas. kondisi mas prio pun juga sama, ia sudah mulai beraktifitas lagi. Detik ini mereka berdua tengah latihan di club
” kakimu gimana ji? ”
” udah mendingan mas. Tapi kadang kadang masih kerasa nyeri ”
” kamu bisa tho main di junior hihg school? ”
“ pasti bisa dong. Besok om aris akan nganterin aku ke spesialais tulang. Biar gerakannya lebih lincah ”
” baguslah kalau begitu ”
” mas prio ”
” hmmmm? ”
” kira kira siapa yach yang nabrak kita?. Terus kita salah apa? ”
” entahlah ji, ngga usah di pikir dalem dalem ”
” betul. Mendingan konsentrasi ke tournment bulan depan aja ”
Mas prio mengangguk mantap.


” B 1460 RJ ” suara om aris terdengar mantap
” anda yakin? ”
” sangat yakin pak. Saya sempat memotret plat mobil itu dengan handphone saya ”
Om aris langsung menyerahkan yang di maksud dengan sigap. Pak polisi pun langsung mengamati dengan seksama
” betul. Di sini terlihat jelas, mobil yang menabrak adik aji plat-nya bernomor B 1460 RJ.
Kita harus segera menyelidiki ”
” betul pak ” polisi ke-2 langsung menjawab dengan mantap
” terima kasih mas aris atas laporan anda ”
” sama sama pak. Semoga pelakunya segera di temukan ”
” betul ”
Dua laki laki beda profesi itu langsung bangkit dari duduknya dan berjabat tangan.


Jam enam sore waktunya sholat maghrib berjamaah. Yang ngimami mas arif. Dia kelihatan ganteng banget pake sarung, baju taqwa, dan kopyiah hitam.
“ assalamualaikum wr. Wb.”
“ assalamualaikum wr. Wb.”
Sang imam mengahiri sholat dengan dua salaman dan di lanjutkan wiridzan
“ astaghfirullohaladzim “
“ astaghfirullohaladzim “
“ astaghfirullohaladzim “
Suara manusia satu masjid terdengar kompak.

Pembaca yang baik hati dan tidak sombong, jadwal wajib berjamaah di Peshawar itu ada tiga. Maghrib, subuh, dan sholat malam. Kalau misalnya sholat malam udah mulai, itu kan jam tiga pagi tuh. Kalian pasti bakal ketawa deh kalau ikutan langsung di masjid. Because jam segitu kan jam enak enaknya orang tidur. So, di masjid peshawar akan banyak kepala santri yang teklak tekluk nahan ngantuk, bahkan parahnya ada yang berdiri nggak sujud sujud dan sujud nggak berdiri diri, terus bikin pulau lagi. Hahahah lucu deh. Tapi ngga usah di omongin lebih anget yach. Nanti di semprot lho ama bu nyai awar. Malu maluin aja. hehehe

Jamaah sholat maghrib sudah usai. Mas arif langsung turun dari pengimaman. Di kejauhan sekilas ia melihat ncus samar samar. Ia langsung beraksi
” ncuuuuuuuussss ”
Yang di panggil mengerti dan langsung menghampiri. Detik ini ncus cantik banget. Maatnya coklat, kulitnya putih, mukenanya keren kayak punyanya krisdayanti di sinetron doaku harapanku.
” ya mas ada apa? ”
” ikut aku yuk! ”
” kemana? ”
” udah ikut aja ”
Ncus langsung mengikut di belakang cowok manis itu.
” ncus ”
“ ya mas? “
“ . . . . . . . e e e nggak jadi deh “
“ kok ngga jadi? “
“ suka suka aku dong “
“ mas arif ini bisa bisa aja yach? “


Tournament sudah di mulai. Acara di selenggerakan selama seminggu. Pesertanya banyak sekali, 559 atlet. Di tribun VVIP pelatih pelatih beken sudah berdatangan.

Singkat cerita detik ini sudah grand final. Beny lolos. Yang di khawatirkannya benar benar terjadi. Ia bertemu aji
” kamu tenang aja beny. Aji baru sembuh dari sakit. Gerakannya pasti tak selincah dulu lagi. Kamu harus memanfaatkan ” pelatih beny yang berasal dari cina nyrocos dengan dialeg negaranya. Lucu banget. Pelatih itu namanya. Li yujing.
” oke mr. Li ”

Aji dan beny memasuki lapangan. Wasit pertandingan melakukan opening dulu. Penonton bersorak merobohkan gedung
” aji serv ”
Puklan shuttlecocks di awali dengan lop tinggi ke belakang. Beny langsung sikat dengan smash silang. Tapi aji sudah mengantisipasi. Dengan mengandalkan kelincahannya menagayunkan raket, bulu angsa itu sukses di kembalikan tipis di net. Beny netting, aji neting, dan beny langsung mengangkat bola lop ke belakang. Aji kelabakan.
” auwww ”
Ketika ia melangkah ke belakang mendadak. Tiba tiba di sekitar tulang kering terasa nyeri, ia tak bisa menjangkau, shuttlecocks pun jatuh dan angka pertama di raih beny
” BENY – BENY – BENY – BENY – BENY – BENY ”
Pendukung beny bersorak kegirangan
“ AJI – AJI – AJI – AJI - AJI – AJI – AJI – AJI – AJI – AJI “
Pendukung aji juga tak mau kalah.

Lima belas menit kemudian set pertama usai. Aji kalah telak dengan skor 21 – 10 . sangat menggelikan, tapi hal ini wajib di maklumi karena kondisi aji yang baru sembuh dari sakit. Di pinggir lapangan ia langsung mendapat arahan dari mas prio.
” kamu kenapa ji kok lemes banget? ”
” kakiku nyeri mas, aku ngga bisa ngejar bola yang di silang beny. Kayaknya dia udah tahu deh titik lemahku ”
” . . . . . . . ”
” . . . . . . . ”
” . . . . . . . ”
Mas prio terdiam, ia tampak mikir mikir dengan serius
” kita harus gimana mas? ”
” berdoa yang banyak ji. Siapa tahu di tengah permainan tiba tiba si beny cedera otot ”
” nggak mungkin mas ”
” bisa jadi kan?. Kita udah ngga punya tekhnik apa apa untuk ngatasin dia ”
” kalau rezeki kita menang, kalau nggak berarti kalah? ”
” bener ” mas prio mengangguk mantap.


Di kantor polisi papi beny tengah di introgasi oleh pihak berwenang
” dari saksi saksi dan bukti bukti, semuanya memperlihatkan bahwa mobil anda yang berplat nomor B 1460 RJ telah menabrak saudara aji ”
” mobil itu mobil anak saya pak. Saya tidak pernah menggunakannya ”
” lalu? ”
” lebih baik saya panggil sopirnya saja ”
” baik ”

Satu jam kemudian yang di maksud sudah datang. Ia begitu ketakutan dan gemetaran
” jangan tangkap saya pak. Saya tidak salah pak ”
” kamu jangan takut mang sopir. Sekarang lebih baik kamu cerita dulu pada saya ” suara papi beny terdengar tenang dan santai.
” waktu itu mas beny marah marah karena aji terus mengalahkannya ”
” terus? ”
” supaya aji tidak ikut di lomba badminton anak anak smp, mas beny menyuruh saya menabrak aji sekaligus pelatihnya. Mas prio ”
” sekarang beny di mana? ”
” sedang tanding pak. Tolong ya pak jangan tangkap saya. Anak saya masih kecil pak ”

Junior high scholl challenge tunggal putra sangat kurang greget. Aji yang di awal awal kompetisi terlihat moncer malah anti klimaks di partai puncak. Detik ini memasuki set-2, point 20 – 8 untuk beny. Satu angka lagi bocah sombong itu meraih gelar
“ beny serv “ wasit berteriak dengan kenceng.

Sebelum beraksi, sejenak beny amati shuttlecocks di tangannya. Masih normal, dan ia langsung memukul dengan pelan . . . tapi tiba tiba
” STOP ”
Beberapa polisi datang ke lapangan dan langsung meringkus beny
” ada apa ini? ” bocah 13 tahun itu bertanya dengan wajah penasaran
” sekarang juga kamu ikut ke kantor polisi ”
” ada apa dulu? ”
” kamu kan yang menabrak saudara aji dan saudara prio ”
” enggak ” beny terlihat gelagapan dan gemetaran
” ngga usah bohong, sopirmu sudah cerita semua ”
Seketika itu juga tubuh beny terasa lemah dan tak bertenaga. Ia langsung di giring meninggalkan lapangan, orang orang menyorakinya, dan pertandingan secara otomatis di menangkan aji
” ladies and gentlemen. Inilah juara junior high school challenge tunggal putra tahun ini. Aji cokroaminoto wiratmaja. Beri applause yang meriah “
Penonton dan pendukung aji langsung bergemuruh merobohkan dinding gedung. Di pinggir lapangan, sang pemenang dan pelatihnya berpelukan erat
” kita rezeki ji. Kita menang ”
” iya mas ”


Pukul 22:00 wib. Cerpen sudah tamat. Ncus langsung meletakkan pena buku di lanti, dan setelah itu langsung teler ke pulau kapuk.




STORY FIVE : di pinang sayang

Detik ini pukul 17:00 wib. Di ruang tamu ndalem. Ncus, bu nyai anwar, dan mas arif duduk manis. Serius banget. Naga naganya mau ngomongin yang penting penting gituloh. Saking pentingnya nech, rapat dpr yang kursinya pada kosong tuh kalah kelas deh. Hehehe.
” hhhrrrmmm ncus cah ayu ”
” iya bu nyai ”
” hhhrrrmmm kamu tau ndak kenapa tak panggil kesini? ”
” tidak tahu bu nyai ”
Di kursi sebelah mas arif duduk tenang sambil menatap ncus. Pandangannya dalem banget, so ncus jadi megap megap tak karuan
” hhhrrrmmm aku ndak mau banyak omong. Kamu mau ndak jadi mantuku? ”
” maksud bu nyai? ” ncus terkesiap
” kamu ndak usah pura pura bodoh. Aku sudah tahu. Kamu suka arif, arif suka kamu. Makanya tak jodohkan ”
Mendengar hal ini dua manusia beda jenis yang tadi di sebut namanya bersemu merah rupa wajahnya. Malu malu kucing gituloh, bukan malu malu anjing.
” hhhrrrmmm piye ncus cah ayu. Kamu mau tho sama arif? ”
” iya bu nyai ”
” hhhrrrmmm. Iyo wis. Rif malam ini malam minggu tho? ”
” iya bu’ ”
” hhhrrrrmmm wis kono ncus aja’en jalan jalan. Biar lebih deket ”
” emang si ncus mau? ”
” hhhrrrmmm ncus harus mau. Ya tho ncus? ”
Yang di tanya menganggukan kepala, wajahnya di tundukkan dalam dalam
” hhhrrrrmmmm tapi inget, kalian nikahnya nunggu arif lulus IAIN, jadi mulai sekarang taa’rufan dulu ”
” iya bu’ ”
” iya bu nyai ”


Dengan menggunakan sepeda motor bebek tahun lama mas arif dan ncus boncengan keliling keliling kota. Mesra banget, tapi sayang, si cewek ngga mau ngrangkul perut Cowok. Padahal si cowok dari tadi udah minta minta lho.
” belum muhrim mas. Nunggu nikah dulu yach ” begitulah jawaban ncus waktu di suruh untuk ke sembilan belas kalinya. Pinter juga yach?.


Sedangkan di peshawar, berita perjodohan itu sudah merebak. Beritanya cepet banget. Secepet rentetan bensin yang di sulut api di atas kayu kayu. Maka dari itu komentar komentar langsung berseliweran.
” akhirnya mas arif sama mbak ncus mau nikah. Saya taunya udah lama lho tentang hubungan mereka ”
” mbak ncus cantik, mas arif ganteng. Kalau mereka bersatu pas banget. Kayak gula ama kopi ”
” gagal deh kans gue tuk dapet tuh cowok. Tapi so what lah. Masih ada cowok lain ”
“ aduh cyiiinn mereka berdua cucok banget. Akika jadi seneng ngedengerinnya. Tapi yo wis lah. Capcus nek buruan kawin and bikin anak. Hahahaha ” yang barusan ngomong adalah ruby. Si slebor dapur utama yang fifty fifty nyenengin and nyebelin, pasti udah jelas dong.


Mas arif dan ncus hang-out di sebuah depot makanan sederhana, mereka duduk di salah satu bangku yang ada di sudut ruangan.
” ncus ”
” ya mas ”
” kalau udah nikah nanti kamu mau anak berapa? ”
” se dikasihnya ”
Pembaca yang baik hati dan tidak sombong, sebenarnya si ncus tuh masih malu malu gimana gitulho. Tapi setelah melihat sikap mas arif yang care, asey going, dan grapyak, rasa itu hilang dalam sekejap.
” ncus ”
” ya mas ”
” kok diem aja sech? ”
” terus musti ngomong apa? ”
” ngomong apa kek, ngomongin orang kek, atau apa gitu ”
” gosip ”
” di gosok makin sip ”
” mas arif bisa aja ”
Sejenak Maria franklin nur baiti janekhus mengamati seiko di tangannya
” mas udah malem nech. Pulang yuk ”
” baru jam delapan. Masih sore ”
” aku belum sholat isya ”
” ah itu nanti aja. Toh waktu isya juga masih lama ”
” tapi . . . . . ”
” alah. Kamu kalau sholat paling juga begitu gitu ”
” maskudnya? ”
” ngga inget tuhan. Inget yang lain lain ”
” mas sok tahu deh ”
” ya tahu dong. Kamu kan belum ngerti wujud dan jati diri tuhan ”
” maksudnya ”
” alloh itu sebuah nama. Ada wujudnya dan bisa di rasakan. Misalnya gelas. Gelas itu sebuah nama kan? ”
Ncus mengangguk
” wujudnya kayak gini. Bening, bunder, berkaca, dan sebagai wadah air ”
Cowok manis satu itu mengambil sebuah gelas dan memegannya erat erat
” sama seperti alloh. Ada wujudnya ”
” terus? ”
” kamu harus tahu tentang wujudnya alloh ”
” caranya ”
” DIA tak akan pernah menampakkan ke bumi, kamu harus menanyakan pada wakilnya ”
” ouw ”
” satu lagi ncus. Tuhan itu dekat dengan kita. Sangat dekat ”
” mas arif omong kosong ”
” buat apa aku omong kosong. Ngga ada gunanya ”
” lalu? ”
” kamu plin plan banget sech ncus ”
” aku bingung dengan kata kata mas arif ”
” kalau gitu buat PR. Udah yuk pulang, katanya belum sholat ”
” tapi mas ”
” udah ayok pulang ”

Tak pernah lekang sesosok wajah yang tersimpan indah di dalam angan
Ia menari bersama senyum simpul yang menyungging di dalam hati

Tak ada kata yang terucap
Tak ada tirai yang tersibak
Hanya cinta
Pengertian
Dan sejuta rasa yang sulit di ungkapkan

Aku berdiri pada segumpal awan yang berarak lembut
Ku kepakkan sayap menantang angin yang meradang lemah
Aku tak perduli karena aku bahagia

DI DAPUR UTAMA
” ncus ehem ehem ehem ”
Ruby si slebor mengawali hari dengan dehem dehem
” apaan ruby? ”
” pake nanya lagi ”
” selamat ya ncus ” tamara muncul tanpa di undang. Ia langsung memeluk temennya dengan erat.
” eits tunggu dulu. Ada apaan nech? ”
” ikan bering di pasar tanjung – janur kuning mau melengkung ”
seketika itu juga senyum ncus langsung tersngging malu malu
” tadi jeng alice kok ngomong janur kuning janur kuning. Mau bikin kupat yo?. Padahal ini belum lebaran lho ”
Mendengar komentar polos dari yu mujah tadi, ncus cs. Hanya bisa mesam mesem aja. Dasar OON.

Gunung Ranti 2.601 MDPL - hiking with PGJ (pendaki gunung jember)

puncak ranti 2.601 mdpl Gunung ranti adalah pendakian ketiga gue setelah semeru dan ijen, kali ini benar benar istimewa, karena ram...