Senin, 06 April 2015

novel lu gue sabu sabu - 6


Ranco
Singkat cerita udah di bali dan udah nyampe di tempat tujuan, villa om lee bagus banget, kalu naik di lantai tiga pemandangan laut kelihatan, cantik banget. Tapi sayang, gue sama andrew jomblo, jadi  ngga ada yang di gandeng pas nanti jalan jalan. Tapi ya udahlah, yang penting happy.

Keesokan harinya kita main ke pantai mengiat, letaknya di dalam BTDC, di belakang grand hyatt nusa dua. Di sini seger banget, angin berhembus sepoi sepoi, ngga begitu panas, dan bule bule cantik banyak yang berjemur, cuci mata gituloh.

Setelah di pantai mengiat, kita beralih ke tanjung benoa, naik banana boat, berenang, main pasir, dan berjemur ampe kulit jadi item. Pokoknya seru deh, apalagi gratisan. Gaji om lee berapa yach ampe bisa nge-banda-in kita di sini, tauk ah yang penting happy.

Begitu matahari mau tenggelam kita pindah ke pantai kuta. Kita foto dengan background sun-set untuk kenangan, kita foto satu satu dan foto satu kelas. Seru banget. Bali is the best deh pokoknya. Sebenarnya gue ama andrew pingin OJT di sini, tapi dapetnya keburu di jakarta. Ya udah lah, yang penting happy.

Andrew
Setelah puas main main langsung balik ke villa, ibu dan om lee udah muncul. Mereka bedua menepati janji bakal nyusul kemari
“ ibu udah lama? “ tanya gue mengawali perjumpaan
“ udah dari tadi. Jam satu nyampe bandara, langsung kesini “ jawab om lee mewakili ibu. Idih, yang di tanya siapa yang nyaut siapa, capek deh, tapi ya udahlah, yang penting happy.
“ kalian dari mana aja? “
“ nusa dua, kuta, benoa, muter muter “
“ seru banget dong “
“ yo’i “
“ ya udah, sekarang mandi dulu, habis itu kita makan di restoran om “
“ oke oke “

Ranco
Di restoran om lee kita semua bagaikan raja, di layani 100 % dengan sangat baik, gratis pula, gimana ngga seneng coba. Sering sering aja kayak gini, bisa bangkrut tuh om lee, hahaha.

Menu andalan di resto om lee adalah spagheti saus kacang, gue pesen satu porsi, rasanya uniq banget, perpaduan antara western food dan indonesian food. Kalau mau nyoba datang aja kesini, pasti di jamin kagak ada, restoran om lee kan Cuma imajinasi penulis doang hahaha. Minumnya gue pesen wedang tahu. Restoran om lee emang lumayan aneh, menu menu di tempat ini adalah kawin silang anatra westen food dan indonesian food, contohnya spagheti saus kacang, chicken grilled with saus rendang, linguni bumbu soto, dan lain sebagainya. Bener bener nabrak pakem, tapi keren, rasanya pun ajib.

Andrew
Acara makan makan masih terus berlangsung, tiba tiba ibu di lamar om lee, ibu seneng banget, termasuk gue dan ranco, akhirnya setelah sekian tahun sendirian akhirnya ibu menemukan pasangannya
“ selamat ya tante “ salah satu temen nagsih ucapan
“ iya sama sama “
“ nanti kalau nikah jangan lupa undangannya “
Pernikahan rencannya di adakan bulan depan, kalau nggak bulan depan ya bulan depannya lagi, heheheh capek deh, tapi ya udahlah yang penting happy.

Suasanan resto makin lama makin rame, tamunya rata rata orang bule, yang bikin gue heran, lidah mereka kok bisa yach makan menu di tempat ini?, padahal rasanya kan indonesia banget, tapi ya udahlah, yang penting happy.

Tiba tiba ibu nyeret gue ke suatu tempat, Cuma berdua, ngga ada andrew, ngga ada om lee, dan ngga ada orang lain
“ ibu mau ngomong sesuatu sama kamu “
“ ngomong apaan? “
“ ini tentang ayah kamu “
“ ada apa dengan ayah “
“ tapi janji, kamu jangan marah “
“ iya “
“ alasan ayah kamu balik ke amerika bukan karena hubungan diplomatik seperti yang di omongin orang orang selama ini “
“ kirain mau ngomong apa bu, kalau itu andrew udah tahu “
“ tahu dari mana kamu? “
“ ayah udah cerita “
“ ouw, baguslah, hehehe. Masuk lagi yuk, perut ibu laper banget nech “
Dih, maksud ibu apaan sech?, ngomongi masalah beginian aja musti berduaan, tapi ya udahlah, yang penting happy.

Rasa penasaran yang selama ini gue rasain akhirnya terjawab sudah. Orang orang selalu bilang kalau alasan ayah balik ke amerika karena hubungan diplomatik amerika dan indonesia sedang tidak baik, padahal bukan itu. Yang bener ayah tuh di suruh orang tuanya (oma opa gue)  balik  untuk kawin ama anaknya rekan opa. Oma opa ngga tahu kalau di indonesia ayah udah nikah sama ibu, sedang di amerika sono opa diam diam udah ngejodohin ayah dengan wanita itu, tanggalnya pun udah di tentuin, kalau ayah ngga pulang opa mengancam akan bunuh diri, hehehhe, opa gue emang aneh orangnya. Singkat cerita ayah pun belik ke USA dan kawin dengan wanita itu, tapi sayang, setahun kemudian istri ayah meninggal kanker otak, kasihan. Fakta itu selalu di sembunyikan dari gue biar gue ngga sedih. Dasar orang tua, ada ada aja tingkahnya. Tapi ya udahlah, yang penting happy.

Ranco
“ ati ati ya selama di jakarta, jaga diri kalian baik baik “
“ ya tante. Tante tenang aja deh, kita bukan anak kecil lagi “
Air mata tante kenny ngalir ke pipi, om lee di sampingnya hanya diem aja sambil merangkul bahu tante
“ ntar kalau udah nyampe telfon atau sms yach “
“ iya bu “
“ kenapa sech musti naik kereta, kan enak naik pesawat, lebih cepet “
“ udahlah kenny, biarin aja “
“ bukannya gitu lee, aku khawatir “
“ kereta sekarang udah beda ama kereta yang dulu “
“ om lee bener tuh, tante tenang aja deh “
Stasiun gubeng makin lama makin rame, hari ini gue ama andrew mau ke jakarta, on the job training di salah satu restoran bintang lima, tante kenny dari tadi tak kunjung henti menitikkan air mata. Ia harus berpisah dengan satu satunya si buah hati, andrew. Selama ini andrew ngga pernah jauh dari ibunya, dari ia kecil ampe segede gini dan ampe ia punya anak kecil
“ om lee jaga tante baik baik yach, kita di jakarta Cuma setahun doang kok, ntar balik lagi kemari “
“ oke ranco, kamu tenang aja “
Om lee dan tante kenny udah nikah seminggu yang lalu di bali, tapi resepsinya belum. Rencananya di adakan tahun depan begitu gue dan andrew balik dari jakarta.

Petugas stasiun mengumumkan kereta yang gue tumpangi segera berangkat, gue dan andrew langsung bergegas masuk peron, tapi sebelumnya pamitan dulu sambil cium tangan plus cipika cipiki
“ ranco berangkat dulu tante “
“ iya ranco, ati ati “
Setelah itu beralih ke om lee
“ ranco ke jakarta om, jagain tante yach? “
“ its, oke “
Kita pun langsung masuk peron.

Andrew
Jakarta im coming, akhirnya gue balik lagi ke kota ini. Semenjak pindah ke surabaya beberapa tahun yang lalu gue ngga pernah sekalipun menginjak jakarta, sekian lama gue tinggalin jakarta berubah banyak. Dulu di sebelah sana ada gedung yang masih di bangun, sekarang udah berdiri mentereng mencakar langit.  Jakarta emang keren, tapi di sini masalahnya pelik, yang banjir lah, yang semrawut lah, yang ini lah, yang itu lah, dan lain sebagainya, terutama macet. Buktinya taksi yang mengantar gue dan ranco ke rumah silvi berjalan pelan ngga lebih dari 40 km per jam. Ah kacau. Untung di dalam taxi ada AC,  jadi ngga panas. Perjalanan ke rumah silvi masih 5 km lagi, ngapain yach enaknya?, baca koran ah,  di sudut pojok kanan bawah ada berita heboh yang udah satu minggu ini mengisi headline di beberapa media cetak.  Yaitu berita penyanyi terkenal yang terkena kasus pemakaian sabu sabu, penyanyi itu adalah sosok yang karismatik dan tidak menunjukkan kalau dia punya potongan pemakai, penggemarnya bertebaran di seantero negri, tapi sayang kelakuannya tak sebaik casing penampilannya, karirnya pun langsung hancur. Penyanyi itu make sabu sabu udah lama, lima tahun. Menurut dia kalau habis nyabu badan jadi enteng, performa di atas panggung lebih maksimal, rasa percaya diri makin meninggi, dan semua masalah serasa hilang. Tapi bagaimanapun bentuknya sabu sabu barang haram, dia akan membunuh kita perlahan lahan. Gue berharap semoga ngga bakal kayak gitu, jakarta kota metropolitan, di sini semuanya ada. Yang baik, yang buruk, yang apalah, dan yang inilah semuanya tersedia di depan mata, tinggal pilih. Kita bebas mau ngapain, ngga bakalan ada yang ngrecokin. God, sekali lagi gue mohon, jangan biarin gue keseret arus yang ngga bener.

Di samping gue si ranco tidur pules. Nech anak kayaknya kecapekan deh setelah 10 jam di perjalanan. Salah sendiri, di suruh naik pesawat gak mau, malah milih kereta api.

Ranco
Lega banget, akhirnya nyampe juga di rumah silvi. Rumah sebelahnya, yaitu rumah tante kenny sudah di pake ama pengontrak baru. Sebenarnya gue ama andrew di suruh tinggal di situ, tapi kita ngga mau, lokasinya jauh dari restoran, jadi kita lebih milih ngekost di deket restoran aja. Rumah silvi masih sama dengan yang dulu, ngga ada perubahan, tapi di depannya ketambahan taman bunga doang, ukurannya mungil, satu kali tiga meter, di jakarta lahan mahal, dari pada buat taman mending di buat kamar trus di kontrakin, ya nggak?, bisa jadi duit tuh hehehe, matre-nya kumat.
“ silvi . . . silvi . . . silvi . . . “
Pintu masih tertutup, yang di panggil ngga keluar keluar
“ silvi “
Gue panggil sekali lagi masih tetep sama
“ lagi keluar kali ran “
“ ngga mungkin, tadi gue sms gue suruh jangan kemana mana “
Krieek, pintu terbuka, adik silvi muncul
“ bang ranco, bang andrew, udah dateng, masuk bang “
“ eh lu, udah gede aja lu “
“ iya neh bang, di empanin sech ama mbak silvi, di pupuk pula, makanya bisa gede kayak gini “
“ ngaco aja lu “
Adik silvi anaknya juga sableng kayak kakaknya, dari kecil udah kelihatan. Sekarang udah masuk sltp
“ kakak lu mana? “
“ lagi nyuci di belakang “
Yang di omongin muncul tak lama kemudian, panjang umur lu sil, di tangannya banyak busa detergen, dasar kemproh, aturan tuh tangan di cuci dulu biar bersih, baru nemuin gue, ah, emang silvi, kalau bukan dia ngga ada lagi deh yang kayak gitu
“ akhirnya para borokokok dateng juga, pasti capek yach “
“ iyalah “
“ masuk dulu yuk “
Nglihat bentuk silvi yang sekarang gue agak sock, selebihnya kaget. Silvi berubah 180 derajat, lebih gemuk,  lebih gendut, dan montok. Perutnya buncit, gede banget. Gue pun nyeplos
“ lu hamil sil? “
Yang di tanya langsung natap gue dengan tatapan yang ngga bisa gue ungkapin dalam kata kata, andrew pun bereaksi sama
“ duduk dulu, kalian mau minum apa? “
“ lu nikah kok ngga bilang bilang kita sech. Curang lu “
Gue dan andrew duduk di kursi, silvi bergerak ke belakang dan kembali lagi sambil bawa teh manis, sementara adiknya asyik main game di handphone
“ lu kawin ama siapa sil?, suami lu mana? “
“ udah mati “
Tiba tiba silvi nangis, gue dan andrew otomatis bertanya tanya.
“ lu kok malah nagis sech sil, pertanyaan gue salah yach? “
Gue ngerasa ngga enak hati nech, nech anak kenapa sech, aneh deh
“ gue di perkosa ran, ndrew “
DIAR, petir bagai menyambar di siang bolong. Pengakuan silvi barusan bener bener mengejutkan
“ serius lu sil? “
“ he-eh. Gue sebenarnya pingin gugurin bayi ini, tapi gue ngga tega. Bayi ini ngga salah, dia ber-haq hidup “
Adik silvi tiba tiba ikutan nangis, handphone langsung ia taruh, sejenak gue lihat matanya, di situ ada aura dendam yang tertahan, gue ngeri ngelihatnya
“ gimana ceritanya lu ampe bisa di perkosa? “
“ panjang ndrew “
“ kenapa lu ngga cerita ke gue, ranco atau ibu “
Silvi diem aja ngga ngasih jawaban. Bener bener kasihan nech cewek.

Andrew
Silvi yang sekarang beda ama silvi yang dulu. Gue bener bener ngga percaya. Gue ngga pernah nyangka silvi mengalami hal kayak gini, namun walalu begitu silvi terlihat tegar, ia gak mau larut dengan kesedihan dan kesusahan, karena dalam hidupnya ada satu orang yang menggantungkan hidupnya pada silvi, adiknya. Silvi harus kuat demi adiknya dan calon anaknya.

Dalam waktu relatif berdekatan dua orang perempuan membuat pengakuan di depan mata kalau mereka di perkosa. Intan dan silvi.  Ini bener bener menyedihkan, kenapa sech ada laki laki yang tega nglakuin hal kayak gitu, kasihan ceweknya kan?. Kalau gue ama nadia ceritanya beda, nadia yang pingin benih cinta dari gue. Ini bener bener aneh. Silvi masih mengurai air mata. Sambil terbata bata ia bercerita tentang peristiwa tragis di hidupnya tersebut.
“ laki laki itu emang brengsek, ampe mati gue ngga ridho dengan perbuatannya, gue sumpahin biar  jadi kerak ntu orang di neraka. Anjiiiing “
“ sabar sil “
“ hiks hiks hiks, gue tuh ngga pernah buat salah ama dia, apalagi ngusik hidupnya hiks hiks hiks. Brengsek, keparat “
Gue ngerti apa yang di alami silvi, kalau gue berada di posisi yang sama gue pasti ancur.

Ceritanya, waktu itu silvi di ajak temennya nonton orkes dangdut di kampung sebelah, trus di sana silvi kenalan sama seorang cowok ganteng. Sebut saja namanya boby. Boby ini anaknya pak lurah setempat yang keren habis, kalau di jajarin ama dimas aditya 11-12 lah, ngga jauh jauh amat, ini menuut pengakuan silvi lho yach, orangnya kayak apa gue ngga tahu pasti, karena gue ngga pernah ketemu. Tapi sayang, si boby ini bengalnya ngga ketulungan, buandel banget, suka tawuran, suka main perempuan, doyan mabuk, dan make sabu sabu. Bener bener komplit deh tabiat buruknya
“ hiks hiks hiks, awalnya gue ngga tahu kalau boby hiks hiks hiks tuh bandel. Hiks hiks hiks, karena menurut gue wajah cakep dan kalem plus lembut kayak gitu ngga mungkin hiks hik shiks punya tabiat minus “ tutur silvi tersendat sendat tertahan tangis “
“  terus? “
“ esoknnya boby ngajakin gue jalan, nonton bioskop, di traktir makan, tapi itu semua taik “
Pas acara makan makan itu, silvi ngga tahu kalau di minumannya di kasih obat tidur dan obat perangsang, singkat cerita begitu ia bangun tidur, di sampingnya ada boby yang telanjang bulat, begitu pun dengan silvi. Di selangkangannya ada bercak darah membasahi sprei dan daerah kemaluannya
“ ANJIIIINGGG, BRENGSEEEEEKKKK “
Silvi bener bener marah begitu nyeritain pas kejadian itu
“ tenang sil, tenang “

Tak lama kemudian silvi hamil, ia langsung meminta pertanggung jawaban ke boby, tapi boby ngga mau tanggung jawab, otomatis silvi bingung dong, dia pun segera cerita ke orang tua boby, untung orang tua boby baik, mereka menyuruh silvi mempertahan bayi itu dan tidak menggugurkannya. Ntar kalau udah lahir orang tua boby siap menanggung semua kebutuhan si bayi, ngedenger hal ini silvi seperti nemu angin segar, semangatnya pun timbul lagi.

Tapi beberapa minggu kemudian si bangke boby mampus dalam tragedi tawuran di priok. Ia mati dengan sangat mengenaskan dengan luka bacokan di 19 tempat. Bener bener tragis
“ sumpah, gue seneng banget waktu tahu dia mampus di priok, akhirnya ntu orang kena balesannya juga, tiap hari gue doain biar jadi kerak di neraka sana, gue ngga ridho dia masuk sorga “
“ waktu itu lu melayat gak “
“ ngga sudi gue, lihat bangkenya aja gue ogah “
Di mata gue, silvi adalah tipikal orang yang berpendirian keras, kalau dia baik sama seseorang, baik banget, tapi kalau ngga suka ama orang, dia akan diem aja, ngga ngajak omong, ngga nyapa, dan ngga mau terlibat komunikasi dengan orang yang ngga di sukai itu. Pribadi silvi emang unik. Over all dia tetep sahabat terbaik dalam hidup gue setelah ranco.

Ranco
Malam ini kita nginep di rumah silvi. Besok baru nyari kost di sekitar restoran. Malam ini silvi bikin menu istimewa, tempe goreng, sayur asem dan sambel trasi. Orang lain mungkin bilang ini biasa, tapi bagi gue istimewa. Sayur asem bikinan silvi tetep nomor satu, ngga ada tandingannya deh hehehe
“ restoran tempat lu gawe daerah mana sech? “
“ mall taman anggrek “
“ dalam mall? “
“ he-eh “
“ kalau dari sini emang agak jauh. Kost di daerah situ murah murah kok, harga gopek kamarnya udah gede, gue punya temen di daerah sono, kalau lu mau, ntar gue kenalin “
“ ngga usah deh sil, ntar kita nyari sendiri aja “
“ okelah kalau begitu “

Oh yach, yang ngontrak di rumah tante kenny sekarang orang yogyakarta. Orangnya baik banget, ramah pula, tadi ama silvi kita di kenalin. Ngomopng ngomong soal yogyakarta jadi inget ayah ibu nech, di yogya sana ada rumah mereka yang lumayan gede. Pengelolaannya 100 persen di percayakan ke gue, adik adiknya pada ngga mau sech di titipin. Daripada di biarin kosong gue bikin kos kosan, lokasinya deket ama UGM, makin punya nilai jual tuh, lumayan lah buat nambah uang saku. Dari sembilan kamar, satu kamar gue biarin kosong, itu buat gue kalau sewaktu waktu pingin main ke yogya, dulu pernah dua kali ke prambanan ama andrew, trus nginepnya di rumah itu. Mantep tho hehehe.

Andrew
Restoran tempat gue PKL namanya lova de pasta ia terletak di lantai dasar mal taman anggrek grogol, restonya gede banget, kalau di buat petak umpat bisa di buat muter muter lah hahaha. Sedang kos-an gue ama ranco di deket mall. Gopek sebulan. Patungan ama ranco jadi 250 ribu-an. Ukuran kamar empat kali empat dengan kamar mandi rame rame ama penghuni lain.

Ranco
Satu bulan kemudian
PKL berjalan lancar, orang orang lova de pasta baik baik dan care ama gue ama andrew, mereka sabar banget ngajarinnya. Karyawan bagian kithcen ada banyak, kalau lagi ngumpul serasa seperti di pasar induk, seru sekali. Kithcen lova de pasta ada tiga section, section appatizer, section pasta, dan steward. Tiga bulan pertama gue di taruh di appatizer dan andrew di pasta, tiga bulan berikutnya di rowling, biar bisa ngerti semuanya.

Di section gue, yaitu appatizer, anggotanya lima orang. Satu leader cook, satu cook, dan tiga cook helper. Dan jabatan gue adalah cook helper.

Andre
Tilit tilit itlit tilit ibu nelfon, langsung gue angkat
“ apa bu? “
“ gimana jakarta? “
“ baik baik aja? “
“ ngga ada kamu sama ranco rumah sepi deh ndrew “
“ bakar aja, pasti rame, hehehe “
“ ngawur aja kamu “
“ kan ada om lee bu “
“ iya juga sech, tapi tetep ada yang kurang selama ngga ada kalian berdua “
“ andrew ngerti “
“ bulan depan ibu ama om lee ke jakarta. Ntar mampir ke kost mu yach? “
“ boleh “
“ ya udah “
Klik. Sambungan terputus.

Di samping gue si ranco lagi nggantungin kakinya ke tembok, menurut dia cara kayak gini lumayan buat ngilangin pegel pegel di kaki, gue pernah nyoba sekali, ternyata emang bener, kaki jadi kerasa enteng. Sistem kerja lova de pasta tuh sembilan jam kerja dengan satu jam break. Selama delapan jam itu kita berdiri terus, di sana ngga di sediain bangku, jadi begitu pulang ke kost-an, udah pasti kaki kerasa cemot cemot. Industri F&B emang berat. Pikir gue dulu kalau jadi chef kayak di tv tv keren banget, tapi ternyata setelah terjun ke lapangan ngga sesuai dengan angan angan hahaha, bener bener kasihan. Tapi ya udahlah, yang penting happy.

Gue segera beranjak di samping ranco dan ikutan ngegantungin kaki kayak dia
“ emak lu nelfon? “
“ he-eh “
Saat ngegantungin kaki di tembok awalnya ngga kerasa apa apa, tapi setelah berjalan beberapa menit baru mulai, urat urat seperti kebuka satu satu, darah mengalir dengan lancar dan rasanya anget puoool, enak banget
“ ran, ntar kalau udah gajian, patungan beli tv yuk, garing nech tiap pulang ke kost-an ngga ada hiburan. Laptop kita kan rusak “
“ boleh. Ntar pas libur kita ke glodok “
“ oke “
Dari awal kan udah gue bilang, gue ama ranco tuh di sini kerja, tapi sekalian buat PKL. Seperti umumnya orang kerja, tiap bulan kita dapet gaji. Yang kita dapet di sini sejuta lima ratus perbulan, itu pokoknya, bulan kedua kita udah dapet uang tips, ntar bulan ketiga bila udah lulus training dapet uang service. Kalau semuanya turun, kita bisa dapet dua juta lah hehehe, banyak juga yach
“ tv-nya beli yang LCD apa tabung? “
“ LCD aja ran, biar gampang bawanya “
“ oke “
Jam dinding menunjukkan pukul 20:00 wib. Gue ama ranco masih ngegantungin kaki di tembok, rasanya enak banget, tak lama kemudian udah mulai kesemutan, kaki langsung di turunin dan bablas ke pulau kapuk hehehe

Ranco
Pagi hari datang lagi, bangun tidur terus mandi langsung berangkat ke  outlet. Hari ini sift pagi. Sift gue ama nadrew sering di barengin ama head chef, yang ngatur jadwal soalnya dia. Jadi lebih enak gituloh. Di lova de pasta sift ada tiga, pagi, siang dan sore.

Di bulan pertama gue udah mulai ngerti atmosfer kerjaannya, gue udah bisa buat menu menu kayak chiken wing, fish and chip, dan lain sebagainya, gua juga udah mulai ngerti apa yang musti di prepare, kerjaan di openinng, middle, dan clossing, tapi speed gue belum ada kayak anak anak senior, tapi suatu saat dengan belajar sungguh dan proses yang baik gue pasti bisa kayak mereka, itu pasti. Target gue bulan kedua harus lulus training, bulan ketiga harus  menguasai semua menu appatizer. Semoga saja hal itu bisa kejadian.

Seperti udah gue bilang di awal, section appatizer anggotanya lima orang, jabatan gue cook helper. Walupun cook helper, oleh leader cook kadang kadang gue di suruh masak juga, biar cepet nangkep.

Andrew
Malam minggu. Weekend. Hari ini outlet rame banget, tamunya banyak, bahkan ada yang sampai waiting list. Gila. Badan capek banget, rasanya kayak di gebukin. Orderan dari tadi tak kunjung henti, mesin printer terus ngeluiarin tiket pesanan, satu belum kelar, keluar lagi hingga berderet. Aaarrrggghhh pingin gue banting deh printernya hahaha.

Sekarang yang incharge di pasta dua orang. Gue dan bang hakim. Bang hakim adalah leader cook section pasta yang udah dua tahun kerja di lova de pasta. Bang hakim orangnya keras, urakan, tegas, tapi kalau ngajarin enak. Step by step, maka dari itu dalam waktu yang relatif singkat gue udah bisa buat product produt di section ini. Kayak sauce pesto, meat ball, sauce carbonara, bolognaise, chiken millanese, dan lain sebagainya
“ andrew? “
“ iya bang “
“ sauce pestonya abis nech, enaknya gimana yach?, bikin lagi atau sold out? “
“ sold out aja bang, toh bentar lagi clossingan “
“ oke, lu bilang ke checker yach “
“ oke “
Gue langsung bergerak ke depan, di sana sudah ada pak molek yang lagi serius, supervisor lova de pasta. Orangnya juga enak dan asyik. Istrinya satu anaknya satu. Penting ngga sech informasi ini? Tauk deh
“ pak molek “ panggil gue kenceng, tapi ntu orang ngga denger, maklum lagi ribet ama deretan tiket di depan, buat mastiin menu apa yang udah keluar dan belum
“ pak molek “ teriak gue sekali lagi, kali ini lebih kenceng
“ iya ndrew “ akhirnya nyaut juga dia
“ suace pesto abis pak. Sold out yach? “
“ oke “
Habis itu balik lagi bantuin bang hakim.

Jam dinding menunjukkan pukul 22:30 wib, bentar lagi last order, habis itu clossingan dan pulang deh. Di section sebelah, yaitu di appatizer, si ranco lagi nyicil beres beres, ia sendirian, tak ada kawan tak ada lawan. Orderannya ngga sebanayak di kandang gue, menang banyak si ranco hahaha.

Bang hakim kalau masak cepet banget, set set set, empat menu langsung ia kerjakan dalam sekali waktu, gue ngga bisa kayak dia, tapi suatu saat dengan belajar sungguh sungguh gue pasti bisa. Begitu masakan udah mateng langsung di serahin ke gue untuk di plating, setelah siap, lemparin deh ke checker, dan terakhir di sajikan ke tamu ama waiters waitress. Sejenak gue lihat tiket order, ada enam buah, tiap tiket minimal tiga menu, busyet, banyak banget, gila, ini bener bener bikin pusing, makin lama makin gila, apalagi temunya berdatangan terus menerus
“ bang hakim, orang se rt lu undang ya bang? “
“ maksudnya? “
“ tamunya banyak banget, tuh lihat di meja pojok, rombongan ibu ibu arisan, trus yang sebelah sono cewek cewek reunian “
“ iya tuh hehehe. Tenang aja ndrew, kalau ada bang hakim ngga usah bingung, woles man “
“ oke deh bang “
Di section sebelah si ranco juga mulai gedebak gedebuk, tiketnya dari tadi keluar terus hingga berderet, rasain lu hahaha.
“ andrew “ tiba tiba pak molek manggil gue
“ apaan pak? “
“ spagheti oxtail meja berapa yach? “
“ 56 pak “
“ oke thanks “

Tak lama kemudian orderan udah kelar, alurnya juga udah slow, gue dan bang hakim bisa nyantai deh.
“ nyicil clossingan ya ndrew “
“ oke bang “
Closinggan adalah waktunya beres beers dan bersih bersih, pertama tama, beanmary gue kuras airnya, lalau di sabun dan di siram hingga kinclong, setelah itu product product pasta kayak spaghetti, linguini, macaroni, penne dan lainnya di pindah ke tuperware baru di masukkin ke chiller, sedangkan bang hakim ngeberesin pan pan kotor ke steward, kemudian ngrapiin tumpukan tuperware di dalam chiller. Lagi enak enaknya clossing tiba tiba tiket order keluar lagi, langsung gue cabut dan gue lihat
“ spagheti aglio olio bang “ seru gue ngasih tahu
“ lu yang bikin deh ndrew. Bisa kan? “
“ bisa bang, ini mah gampang “
Pan langsung gue panasin, masukkan olive oil dan garleek choop, saute hingga harum, berikutnya tambahin wafu dua laddle, setelah siap masukin spaghetti yang udah di blance, goyang goyang dikit dan sajikan di atas plate, spagheti aglio olio jadi. Menu satu ini tuh gampang banget bikinnya, sekali di ajarin gue langsung bisa. Oh yach, ngomong ngomong soal spagheti aglio olio, gue agak agak heran deh dengan ingredient-nya, di dalamnya tuh ada wafu, bukankah itu anggota japanesee food, sedangkan lova de pasta adalah restoran western, tapi ya udahlah, buat apa di pikirin, yang penting happy
“ andrew, udah last order belum? “
“ udah bang, tadi anak kasir udah sound-ing “
“ ya udah, bantai yuk “
“ sip bang “

Ranco
Pukul 00:30 wib, yes, akhirnya tiba juga di kost-an, badan rasanya remek bnaget setelah di outlet di tatar sembilan jam, apalgi malam ini malam minggu, rame buanget. Gue langsung berbaring di atas kasur, tak lupa ngegantungin kaki ke tembok. Rasanya enak banget, si andrew juga melakukan hal yang sama
“ udah gajian nech ran, jadi beli tv gak? “
“ jadi dong, besok libur nech, kita ke glodok yuk “
“ oke “
Jaarak glodok dari sini lumayan jauh, rencananya kita kesana naik busway
“ ranco, lu tahu tanti nggak? “
“ tanti siapa?, tanti waitress? “
“ iya “
“ emang kenapa? “
“ cantik banget deh “
“ terus “
“ demen gue ama dia, kalau gue bisa kawin ama dia meperbaiki keturunan ran “
“ ngaco aja lu, kalau suka tembak aja, ntar keduluan orang lain. Mau gue bantuin? “
“ ngga usah, lu tuh bisasanya malah jadi tukang recok “
“ sialan lu “
“ nyatanya. Eh, kalau lu ada yang lu incer ngga ran? “
“ enggak “
“ kok? “
“ gue lagi pingin konsen ama kerjaan “
“ lu setuju kan kalau gue jadi ama tanti “
“ asal bisa bikin lu seneng gue mah ayo ayo aja ndrew “
“ lu tuh emang temen paling baik “
“ asal yang bener, kalau ngga bener gue ngga mau “
“ maksud lu? “
“ pikir sendiri “
Tanti adalah anak  server di lova de pasta, cantik banget, blasteran indo jerman, tapi sayang dia masihb bocah, 17 tahun, baru lulus sma, kalau gue nyari pacar pinginnya tuh yang sepantaran, ada dewasanya, bukan anak kecil kayak gitu, tauk tuh si andew tumbenan kepincut daun muda.

Andrew
Pagi dateng lagi, hawanya seger banget, seperti janji kemarin, gue ama ranco mau beli tv di glodok, tapi sial, ntu anak lagi mlungker di atas kasur. Matahari udah tinggi
“ ranco, bangun ran, ayo ke glodok “
“ hmmmm “
“ woei bangun woei “
“ hmmmm “
“ bangun bego, ini udah siang “
“ iya iya “

Singkat cerita gue ama ranco pun on the way di jalanan, naik busway. Berangkatnya dari halte podomoro city, letaknya depan mall taman anggrek, terus transit ke harmoni dan lanjut ke glodok. Hari ini busway penuh banget, dari podomoro ampe di glodok berdiri terus, rasanya kaki pegel pegel, nasib nasib hahahaha.

Ranco
Tiga bulan kemudian.
gue ama andrew udah pindah section, gue sekarang di pasta, dan andrew di appetizer, belajar lagi deh dengan menu menu baru. Seperti target gue di awal. Dalam waktu tiga bulan semua menu appatizer udah gua kuasain luar kepala, kalau misalnya mau buat product udah ngga perlu buka buku lagi, selain itu speed gue juga udah ada. Dulu kalau ada order berderet gue selalu panik dan kalut, tapi sekarang udah tenang, leader cook gue ngajarinnya enak banet, sabar dan telaten. Sekarang leader cook nya ganti bang hakim, kata andrew bang hakim tuh orangnya keras, tegas, tapi tetep enak kalau ngajarin,  dulu pertama kali nglihat dia gue takut banget, bang hakim punya garis muka yang keras dan banyak tato di kulitnya. Tapi setelah kenal labih dekat ternyata dia ngga segarang yang gue kira, baik banget malah. Gue emang ngga satu section di tiga bulan pertama, tapi kita sering ngobrol bareng dan bertukar fikiran tentang dunia f&b, bang hakim pun sering nginep di kost kalau kebetulan jadwalnya sama sama clossing.

Ini adalah hari pertama di section pasta, ama head chef di kasih clossing dan incharge bareng bang hakim, semoga menjadi awal  yang baik
“ lu ngga boleh kalah ama andrew ran “
“ emang kenapa bang? “
“ satu setengah bulan di pasta dia udah tahu semua product. Kalau lu, gue harap satu bulan udah mateng. Bisa nggak? “
“ moga moga aja bang, pasta kan lebih ribet daripada appatizer “
“ siapa bilang?, sama aja kok “
“ iya sech “
“ oke, sekarang gue ajarin bikin carbonara, ini gampang banget, sekali bikin selamanya pasti bisa “
“ gimana bang? “
“ kuning telur 15 biji, campur ama cream satu liter, aduk jadi satu, kalau kurang rasa tambahin lada ama garem “
“ gitu doang bang? “
“ heeh “
“ gampang banget “
“ besok besok kalau mau bikin carbonara gitu yach caranya? “
“ oke “
Makin lama gue makin ngrasain ternyata bang hakim ngga keras kok orangnya, justru malah lebih enak ketimbang leader cook appatizer. Tauk deh, mungkin baru hari pertama kali yach, ntar kalau udah masuk ke minggu pasti kelihatan aslinya
“ ranco, ntar gue nginep di kost lu yach?, males nech mau pulang “
“ boleh bnag. Gue ama andrew baru beli tv lho bang “
“ oh yach? “
“ he-eh “
“ berapa duit? “
“ gopek ama dvd-nya “
“ murah tuh. Di glodok yach? “
“ thats right “
Sejanak gue lihat si andrew, dari tadi manyun mulu bibir-nya, gue tahu penyebabnya, pasti gara gara incharge sama toseng. Hahahaha, rasain lu ndrew

Andrew
Hari pertama di appatiizer bikin gedeg. Sumpah. Si toseng songongnya ngga ketulungan, bener kata ranco, toseng anaknya bikin empet, suka ngatur dan sok pinter, gayanya udah kayak chef yang berepengalaman, padahal jabatannya sama sama cook helper. Sabar ndrew, sabar. Mau bagaimana pun dia lebih senior di sini, gue harus ngikutin alurnya dia. Toseng nama aslinya adalah abdurrahman, gara gara bapaknya jualan toseng, oleh anak anak di panggil toseng. Walaupaun kayak gitu toseng anaknya baik banget, ngga peritungan, ngga neko neko, apa adanya, dan friendly. Tadi aja gue di bawain toseng dari warung bapaknya. Mantep banget. Kadang kala kalau kita lagi break bareng, toseng selalu nraktir gue di kantin mall.

Jam dinding menunjukkan pukul 20:00 wib, tamu masih banyak
“ ndrew, bikin better dong “
“ yach “
Better adalah campuran tepung tempura dengan air es, di pake untuk buat calamary, fish & chip, onion ring, dan chicken pesto.
“ habis itu ambil sauce barbeque yach di store “
“ oke “
Gue di suruh nurut nurut aja, soalnya si toseng lagi ngerjain ordderan
“ kalau bikin better lu kasih es biar crispy, kalau pingin lebih enak lu tambahin kuning telur “
“ udah tahu gue “
“ trus nanti lu wadahin ke tuperware yang kotak yach? “
“ udah tahu seng “
“ sekarang gue ajarin bikin better ndrew, besok gue ajarin bikin lasagna, jadwal lu seminggu ini bareng ama gue kan? “
“ he-eh “
Gue paling males kalau udah dengerin toseng nyeng nyong kayak gitu, dari pertama absen masuk ampe detik ini ngoceh terus. Ngga gempor tuh bacot
“ lasagna tuh dari prancis ndrew, rasanya enak banget, isinya pake bolognaise “
dari prancis?, bukannya dari italia. Sok tahu lu seng
“ habis bikin lasagna ntar gue ajarin bikin panzeroti, selama ada gue tenang aja deh ndrew, bakalan beres “
Ih, sok banget deh.

Ranco
Balik lagi ke kost-an, beginilah hidup gue sekarang, kost – outlet – kost – outlet, tiap hari kayak gitu. Dunia gue seolah olah hanya terkungkung di dua tenpat itu aja. Tapi ya udahlah, yang penting happy.

Sekarang di kamar ada tiga orang, gue, andrew, dan bang hakim, gue ama andrew berbaring di kasur sambil ngegantungkin kaki di tembok, sedang bang hakim asyik nonton tv.
“ kata lu bener ran, si toseng songong banget, gayanya udah kayak chef yang udah malang melintang pulahan tahun, gue gedeg banget deh ama dia “
“ hahaha, maklum “ jawab gue santai “ dulu gue juga ngrasain yang lu rasain, nyantai aja man “
“ toseng anaknya emang kayak gitu “ kali ini bang hakim angkat suara “ tapi dia baik kok. Kalau misalnya gue ngga punya duit, gue pasti minjem ke dia dan di kasih, toseng tuh orangnya ngga bisa-an. Gampang iba kalau lihat orang lain susah “
“ iya sech bang, tapi tetep aja kalau belagunya kumat bikin empot empotan “
“ sabar ndrew, lu ikutin aja alurnya dia. Ngladenin orang kayak toseng tuh mesti nglenggono, kita harus di bawahnya. Toseng tuh Cuma pingin di hargai oleh juniornya, dia kan senior “
“  iya bang, gue tahu “

Andrew
Ibu dateng lagi ke kost-an, barang om lee. Kita di bawain macam macam. Makanan, pakaian, dan lain sebagainya
“ bentar lagi yang ngontrak di rumah kita mau selesai, kalian tinggal di sana yach, ntar motor kalian ibu kirim kesini “
“ ngga deh bu, andrew ama ranco lebih nyaman di sini, lebih deket ama restoran “
“ ya udah kalau kalian ngga mau “
Ibu ama om lee datang kesini di saat yang tepat, yaitu pas hari libur gue ama ranco. Setelah itu om lee ngajakin kita jalan jalan keliling jakarta.

Ranco
Akhir akhir ini ada yang berubah dalam diri andrew, perubahannya dalam hal apa, gue ngga tahu, pokoknya gue ngerasa ada yang aneh aja dari dia, tepatnya sejak ia kenal dengan tito dan sering main ama dia, tito adalah security mall taman anggrek, umurnya sepantaran ama kita. ceritanya bagaimana andrew bisa kenal ama tito, Gue ngga tahu. Yang pasti tiap break kerjaan, andrew selalu sama dia, di mana  ada andrew pasti ada tito, kalau pulang dari outlet, andrew juga sering nglayap sama dia, ngga pulang ke kost, entah pergi kemana. Kepikiran?, jelas. Cemburu?, udah pasti. Merasa ada yang hilang?, tentu saja. Selama ini andrew tuh deket banget ama gue, kalau ada apa apa ceritanya ke gue, tapi sekarang ngga lagi. Ada apa yach dengan andrew. Positif thinking aja deh.

TAPI GUE TETEP KEPIKIRAN

Andrew
“ mau ini ngga ndrew? “
“ apaan to? “
Tito segera mengeluarkan sachet serbuk dari dalam sakunya
“ sabu sabu? “ tebak gue asal
“ heeh “
“ gila lu “
“ coba aja dulu. Habis make ini rasanya enak banget “
“ tapi . . . . . “
“ payah lu “

Ranco
Pukul 21:00 wib, saatnya sift siang pulang, hari ini jadwal gue masih sama dengan nadrew, kita langsung berkemas, cuci muka dulu, bersihin safety shoes, dan absen, tak lupa pmitan dulu ama yang lain
“ bang hakim, duluan yach “
“ oke ranco “

Di luar outlet tito udah nyambut di depan mata, perasaan gue langsung kagak enak
“ hai ranco “ sapanya ramah ke gue
“ iya “ jawab gue tenang
“ ran, gue ngga pulang ke kost yach? “
“ mau kemana lu? “ tanya gue curiga
“ ada keperluan ama tito “
“ ya udah “
gue Cuma bisa ngejawab dengan kata kata itu, gue sebenarnya pingin nglarang, tapi gue ngga punya hak
“ nech kunci kamarnya “
Andrew segera mengangsurkan yang di maksud. God, jangan biarin si andrew kenapa napa, tito tuh sepertinya tipikal anak yang ngga beres

Andrew
Tito adalah security mall taman anggrek, gue bisa kenal ama dia ceritanya begini. Waktu itu gue makan di kantin mall. Sendirian. Ngga ada kawan ngga ada lawan. Pas gue mau bayar dompet gue ketinggalan, otomatis gue kebingungan. Nach, tiba tiba tito dateng dan nolongin gue, dia baik banget mau bayarin semua makanan yang udah gue makan. Dari situlah hubungan kita bermula, kemudian kita sering ngobrol dan tukeran nomor handphone.

Pulang kerja tito ngajakin gue keluar, gue di boncengin pake sepeda motortnya, gue ama ranco sebenarnya pingin bawa motor selamadi jakarta, tapi bingung ntar mau taruh di mana. Peraturan di kost gue tuh ngga boleh bawa sepeda motor. Ah, capek deh.
“ kita mau kemana to? “
“ udah ikut aja, lu bisa bawa motor gak? “
“ bisa “
“ ntar pulangnya lu nyetir yach? “
“ oke “
Sepeda motor tito membelah kota jakarta dengan kenceng, kecepatan 70 km/jam, maklum, jalanan gak begitu macet
“ ranco ngga apa apa kan lihat lu keluar ama gue? “
“ kayaknya sech ngga seneng, tapi ya udahlah biarin aja, ngga usah di pikirin “

Tak lama kemudian kita nyampe di sebuah warung kopi, gue dan tito segera turun dari motor.
“ ngopi dulu yuk ndew “
“ ayuk, di sini jual makanan nggak?. Perut gue laper “
“ ada “

Selesai dari warkop kita cabut ke kost tito, di dekatnya RS sumber waras. Di kamar tito udah ada temennya yang lagi asyik nonton tv
“ hai man “ sapa tito ke temnnya itu
“ siapa dia to? “ tanya temennya itu sambil nglihatin gue
“ kenalin, ini andrew anak lova de pasta “
Kita pun berkenalan.
“ andrew “
“ doni “

Ranco
Ini  udah kesekian kalinya lagi lagi gue sendirian di dalam kamar, andrew keluar lagi ama tito, ngga tahu kemana. Oh god, apa sech yang mereka lakuin?, gue jadi kepikiran deh.

Andrew andrew, lu kemana sech?. Tito emang sosok yang misterius, gue hanya sekilas aja tahu tentang dia, mudah mudahan ngga bawa pengaruh negatif ke saudara gue.

Sejak kenal tito andrew berubah banyak. Jadi pendiam, ngga mau cerita cerita ke gue, dan jaga jarak. Pikir gue mungkin dia lagi nyoba untuk ngelepas ketergantungannya sama gue. Tauk lah, pikiran orang mana ada yang tahu, tapi gue masih cemas dan was was, lagi ngapain yach dia di luar. Anjiiiing, brengseeekkk. Pulang dong ndrew.

Jam dinding menunjukkan pukul 01:00 wib, udah pagi, gue ngga bisa tidur, masih mikirin andrew. Dari tadi badan gulang guling ke kanan ke kiri, ngga tenang, ngga nyaman, dan was was. Gue nyalain tv, acara ngga ada yang bagus, gue ganti channelnya, masih sama aja, gue ganti lagi, tetep sama. Syit, langsung gue mampusin. Habis itu gue bangun tidur dan duduk bersila, headshet gue pasang, dengerin musik, ngga ada solusi, yang gue rasain masih sama, cemas gara gara mikirin andrew, anjing, brengsek, hai raja kantuk, dateng dong, gue pingin terlelap nech. Ngapain yach enaknya?, baca buku ah, tapi males. Atau gue sms aja si andrew, males juga. Kampret. Gue bingung.

Waktu terus bergulir. Suasana udah sepi, para penghunui kost lain udah terlelap dalam mimpi, sedang gue masih di sini, duduk terpekur gara gara mikirin andrew.

LU KENAPA JADI KAYAK GINI SECH NDREW . . . . . . ?

Andrew
“ coba aja ndrew, dikit . . . enak dech, percaya ama gue “
Tito tak kunjung henti nawarin gue sabu sabu, gue pingin nolak, tapi dalam diri gue ada perang bathin, yang satu nyuruh nyoba, yang satu nyegah.
“ ngga deh, ntar ranco bisa marah “
“ dua kan ngga tahu, lu takut banget sech ama ranco “
“ gue ngga enak ama dia “
“ andrew, yang punya hak di hidup lu bukan ranco, tapi lu sendiri “
“ iya juga sech “
“ ya udah, nech coba “
Gue penasaran banget, gimana sech rasanya sabu sabu. Katanya bisa bikin nyaman di badan, tapi gue ngga tahu juga, soalnya belum pernah ngrasain
“ coba coba kan ngga apapa ndrew, asal jangan kecanduan “
“ iya deh boleh “
Kata kata pujangga emang bener. Rasa itu ngga bisa di ungkapkan dengan kata kata, kalau kita pingin tahu kita harus ngrasain, begitu pun dengan sabu sabu. Kalau gue ngga nyoba, gue ngga bakal tahu rasanya bagaimana.
“ coba sini “
“ nah, gitu dong “
Bong. Alat hisap barang haram itu segera dia angsurkan ke gue.

Beberapa detik kemudian reaksinya berjalan, gue tahu ini salah, tapi sumpah, rasanya enak banget, badan jadi enteng, pegel pegel ilang, dan semua beban serasa ringan. Kayak kapas. Ini gila. Besok gue harus coba lagi.

Ranco
Andrew belum pulang, gue ngga tahu dia ada di mana, tadi udah gue sms, sampai detik ini ngga di bales. Lu kemana sech ndrew?.

Gara gara mikirin dia gue hanya bisa tidur tiga jam, mata ngantuk banget, mana bentar lagi masuk kerja pula, pegel pegel di kaki belum hilang seratus persen, masih kerasa lelah. Kalau tiap hari kayak gini mati muda gue hahahaha. Jam dinding menunjukkan pukul 11:00 wib, satu jam lagi masuk kerja, mandi dulu ah. Handuk dan sabun gue ambil, begitu buka pintu si andrew dateng, wajahnya seger banget, gue ngga pernah lihat dia seseger ini.
“ pulang ndrew? “
“ he-eh “
“ lu dari mana aja sech? “
“ nginep di kost tito “
“ ngapain lu di sono “
“ mau tahu aja deh hehehe “
“ lu deket banget ama dia “
“ hmm, lu mau kemana? “
“ mandi lah “
“ tumben mandi, biasanya ngga pernah “
“ sialan lu “
Sejenak gue amati lekat lekat nech bocah, nyari tahu kira kira ada yang aneh ngga dalam dirinya, dan itu ngga ada, gue bisa tenang. Hari ini jadwal gue middle, begitu pun andrew

Andrew
sabu sabu emang mujarab buat kebugaran, habis make rasanya enak banget, tapi sayang, harganya mahal, satu gram ratusan ribu, sebanding sech dengan hasilnya.

Ranco masih mandi, kalaa dia tahu gue make sabu sabu dia pasti muntab. Diem diem aja lah, maling harus lebih pinter dari polisi, ya nggak?. Hehehehe. Tilit tilit tilit. Ada sms dari tito

Ayo ndrew, kapan lagi nyabu

Langsung gue bales

Gajian udah turun yach?
Oke

Tadi waktu lewat di jalan depan, gue papasan ama tanti, gila, makin lama makin cantik. Gue harus dapetin dia gimana pun caranya. Toh kalau gue nembak dia pasti bakalan di terima, secara gue itu kan cakep, ganteng, dan keren, tanti ngga bakalan nyesel deh punya cowok kayak gue hahaha. Ntar kalau udah jadian tanti gue ajakin ngewek. Pasti seru. Body tanti tuh semlohai dan mengundang gairah, kalau di jejerin ama artis bokep 11 – 12 lah, ntar gue di atas dia di bawah, atau nggak pake gaya berdiri, dia pasti bakal menjerit jerit ketika gue goyang, buktinya si nadia ampe kecanduan ngewek ama gue. brrrrmmm, jadi ngga sabar nech ketemu dia, tanti tuh pokoknya very very hot. Alah ngaco aja. Pikirian kok jadi nglantur gini yach habis make sabu, gairah jadi meletup letup, sangek nech. Brengsek. Daerah selangkangan dari tadi kejang terus, untung celana dalem agak ketat.

Ranco
11:45 wib.
Gue udah rapi dan siap siap berangkat, andrew masih mandi. Dari tadi ngga kelar kelar, lama banget. Kalau ngga berangkat sekarang bisa telat nech, brengsek si andrew, ngapain sech di dalem?. Aaarrrggghhh. Dasar lelet
“ ndrew, lu ngapain sech di dalem?, lama banget, jemuran gue udah kering nungguin lu “
“ hehehe “
“ malah ketawa, lu kayak perawan aja deh, lu pasti lagi coli yach di dalem “
“ iya nech, enak banget ran “
“ brengsek lu, gue tungguin dari tadi juga. Gue tinggal ye? “
“ ya, duluan sono “
Gue pun cabut, emang taik si andrew. Ngimpi apa sech semalem ampe coli di kamar mandi, pasti habis ngimpi ngewek ama cewek, dasar kampret

Andrew
Di outlet lagi, kerja lagi, untung ngga sama toseng, tapi sama bang raya. Bang raya adalah leader cook appatizer
“ toseng masuk apaan bang? “
“ clossing ndrew? “
Anak midlle dateng, itu artinya waktunya anak pagi break. Kerjaan anak anak pagi kita terusin, tapi sebelumnya bang raya over handle, yaitu nanya ke bagian pagi kira kira apa aja yang belum di kerjain, yang di tanya adalah dila, dia cook-nya appatizer
“ habis ini lu break ya dil “
“ oke bang “
“ lu sendirian dari pagi? “
“ iya “
“ apa nech yang belum? “
“ banyak. Chicken wing tinggal di kasih tepung, filling panzeroti habis, tadi udah gue sold out di checkher. Lasagna tinggal empat porsi, terserah lu mau bikin apa kagak “
“ itu doang? “
“ he-eh “
“ ya udah, break sono “
“ oke “
Dila langsung keluar section dan cepot seragam, sebelumnya cuci muka dulu dan bersihin safety shoes. Setelah rapi pamitan deh ama kita
“ ndrew, bang raya, gue break dulu yach “
“ oke “
“ ntar kalau lu mau masuk mampir ke store dulu yach, ambil hands-glove, di sana udah ada yang jaga kok “
“ oke bang “
Sekarang di kandang appatizer beralih kekuasaan, si dila udah berhasil kita kudeta, hahaha aneh aneh aja
“ lu bikin chiken wing ya ndrew, yang lainnya biar gue “
“ sip bang “
Chicken wing adalah menu andalan di section appatizer. Walaupun kelihatannya simpel tapi proses pembuatannya ribet banget. Pertama chiken wing di potong jadi tiga bagian, drum-stick, sayap, dan bagian yang lancip. Bagian yang terakhir di buang, tapi ama anak anak pasta biasanya di pake untuk bikin stock. Setelah potong potong kelar di bumbuin lada, garem dan sauce barbeqeu, di diemin 20 atau 30 menit, pokoknya ampe bumbunya ngresep. Next-step di tepungi, dan sedang gue kerjain. Ntar kalau udah kelar di oven, di dinginkan, di packing, dan di goreng begitu ada orderan. Satu porsi chicken wings isinya delapan buah. Empat sayap dan empat drum-stick. Penyajiannya tinggal pilih, ada yang pake sauace diablo dan sauce barbeque, mantep bnaget deh rasanya.

Beberapa menit kemudian proses penepungan selesai. Masukin oven dan biarin mateng selama 30 menit, suhu oven ngga boleh lebih dari 180 derajat celcius
“ wings udah nech bang, bikin apa lagi? “
“ prepare lasagna dulu deh ndrew. Lu buat bechamel-nya aja, ntar gue yang nyiapin lainnya, gue lagi nanggung bikin panzeroti “
“ yo’i “
Lasagna tuh bahan bahannya sauce bechamel, bolognaise, telur dan salamee. Sauce bechamel buatnya ngga ribet sebenarnya,  tapi kalau ngga telaten bisa jelek jadinya, gue dua kali bikin selalu gagal. Dan ini ketiga kalinya, gue harap bisa sukses, karena gue udah tahu trik-nya. Bahan bahan sauce bechamel antara lain tepung, butter, susu, lada, garam, nut meg, dan chicken powder. Susunya gue panasin dulu
“ hai andrew “
Tiba tiba ada suara cewek nyapa gue. Gue lihatin orangnya. Tanti. Busyet, makin lama makin cantik aja
“ masuk apa lu tan? “
“ midlle “
“ sama dong ama gue? “
“ iya nech, bareng mulu yach “
“ jodoh kali hehehe “
“ bisa aja lu “
Entah kenapa begitu nglihat tanti semangat gue muncul menggebu gebu, rasanya tuh kayak habis make sabu sabu, nagihi. Bergairah banget
“ tanti, ntar break bareng gue yach? “
“ boleh “
“ mau break di mana? “
“ di kantin aja “
“ oke “
“ tapi berdua, ngga usah ngajak siapa siapa. gue mau ngomong sama lu “
“ ngomong apaan sech “
“ ada aja “
“ terserah lu deh “

Balik lagi ke bechamel, butter masukin ke pot dan panasin, begitu udah melted tambahkan tepung, lada, garam, nut meg, dan chiken powder, api kecilin dan aduk aduk hingga nyatu, ngaduknya agak lama, kalau bentar nanti bisa grundel tekstur sauce-nya. Sejenak gue lihatin bang raya, masih ngerjain filling panzeroti
“ ndrew, bechamelnya udah? “
“ bentar lagi bang “
Susu udah mulai mendidih, sebelum permukaannya naik, kompor bruru buru gue matiin, dan masukkan ke campuran butter dan tepung, aduk aduk lagi dan jadi deh sauce bechamel. Yeesss, gue seneng banget, di pembuatan ketiga ini bechamel gue sempurna, mulus bersih, dan very good.

Ranco
Lagi lagi incharge sama bang hakim, seneng banget gue kalau sama dia, orangnya asyik
“ bang hakim kenal ama tito nggak? “
“ tito siapa ran? “
“ security mall “
“ enggak, emang kenapa? “
“ akhir akhir ini andrew deket banget ama dia. Ah udhalah ngga usah di bahas. Bikin apa nech gue? “
“ chikcen millanese aja ya ran “
“  oke bang “
Gue langsung ambil legg-on, yaitu daging paha ayam yang sudah di fillet tanpa kulit. Seasoning dengan lada garam dan di bread crumb, yaitu proses prepare makanan yang di baluti tepung, di celupkan ke susu kuning telur, dan di selimuti tapung roti. Nanti begitu ada pesenan di goreng pake minyak sedikit, lalu di oven dan di sajikan dengan sauce tar tar.

Andrew
Seperti yang udah gue bilang tadi, sekarang gue break bareng tanti di kantin mall. Hanya berdua, ngga ada kawan ngga ada lawan. Gue bakalan bisa leluasa ngungkapin perasaan gue.
“ lu mau makan apa tan, ntar gue bayarin deh “
“ dih, yang lagi banyak duit “
“ enggak juga sech “
Kita langsung ke salah satu stand makanan. Gue beli soto, tanti juga sama. Setelah itu nyari  tempat duduk
“ kita duduk di pojok sana yuk tan “
“ boleh “
Hari ini suasana kantin nampak ramai, kayaknya banyak yang kelaparan nech. Hahaha. Gue dan tanti sudah duduk di tempat yang di maksud
“ lu ngga pingin nerusin kuliah, kok malah milih kerja “
” pingin sech sebenarnya, bokap nyokap juga udah koar koar, tapi gue pingin kerja dulu, pingin mandiri. Mungin tahun depan kuliah “
“ bagus lah kalau begitu “
Suapan soto pertama masuk mulut, kunyah pelan pelan dan telan ke lambung
“ lu ama ranco ada hubungan apa sech?. Deket banget “
“ saudara “
“ ouw, pantes “
“ saudara jauh sebenanrnya, tapi deket. Dulu ia tinggal di yogya, tapi semenjak orang tuanya ke harvard dia di titipkan di rumah gue “
“ udah lama tinggal sama lu? “
“ lama “
“ di harvard ngapain oang tua ranco? “
“ ibunya dosen di harvard university, ranco di ajakin kesana ngga mau “
“ wow keren banget, ranco bego ye ngga mau kesana. Gue aja pingin “
“ oh yach? “
“ he-eh. Rencananya tahun depan ambil beasiswa kuliah di sana. Doain ya ndrew “
“ tentu dong “
Jam dinding menunjukkan pukul 17:00 wib, bentar lagi kantin mau tutup, tapi suasana tetep ramai
“ tanti “
“ ya “
“ gue mau ngomong sesauatu sama lu “
“ ngomong apa? “
“ hmmm. . . . mmmm . . . “
Jantung gue berdebar kenceng, gue jadi bingung dan salah tingkah
“ ngomong apa ndrew? “
“ gue . . . . mmm eee . . . ee . . . “
Anjing. Semua kata kata yang udah gue siapin seolah olah mandeg di tenggorokan.
“ gue tahu kok “
“ apaan? “
“ lu mau ngomong kalau lu suka ama gue kan? “
Gue terkejut, kaget banget
“ kok lu tahu? “
“ ranco udah cerita ke gue “
Sialan ntu anak. Gue kalah start nech, tapi tetep sech niat dia untuk gue juga hahahaha. Sejenak antara gue dan tanti saling diem, itu hanya terjadi dalam waktu yang relatif singkat, tujuh detik saja
“ terus? “
“ nabrak tembok “
“ gue serius tanti “
“ serius kenapa? “
“ aaarrrggghhh, lu tuh bego apa pura pura bego sech. Lu kan udah tahu kalau gue suka sama lu. Terus lu nya? “
“ sama. Gue juga suka sama lu “
“ jadi sekarang kita pacaran? “
“ he-eh “
Yes, gue seneng banget. Tangan tanti gue pegang erat erat. Dunia seolah hanya milik gue seorang. Kalau nech kantin sepi nyenyak, pasti udah gue cium nech cewek
“ kapan kapan main ke rumah gue ndrew, ntar gue kenalin ke bokap nyokap gue “
“ boleh “

Ranco
Semakin lama andrew semakin jauh ama gue. Break ngga pernah bareng, kalau berangkat selalu gue duluan, dan ia telat terus. Sampe sampe si head chef nanya ke gue
“ andrew kenapa sech ran akhir akhir ini telat terus? “
“ ngga tahu chef “ jawab gue santai
“ kalian ngga pernah bareng. Kalian ada masalah? “
“ enggak “
“ aneh deh si andrew, biasanya ngga pernah kayak gini “
“ tauk deh chef “
Head chef gue namanya chef dita, orangnya baik banget, walaupun cewek tapi gaya kepemimpinannya lebih strong dan lebih tegas ketimbang cowok. Chef dita masih muda, 25 tahun, masih perawan dan belum kawin, statusnya pun jomblo, orangnya cantik banget, kalau di jejerin ama laura basuki beda beda tipis lah. Gue mau kok jadi pacarnya hahaha. Itu berarti jadi brondong dong gue?, ngga masalah.

Chef dita jadi head chef di lova de pasta udah lama, dan ceritanya panjang. Sejak ia lulus dari jurusan food product di salah satu universitas ternama, chef dita langsung di terima di salah satu hotel bintang lima di jakarta. Setahun kemudian om-nya buka lova de pasta dan di tarik kesini. Oh yach, gue lupa ngasih tahu, lova de pasta tuh miliknya om chef dita. Pak ronggo namanya. Pak ronggo yang orang madura bali ini merupakan bos penerbit besar di jakarta, ketika tahu ponakannya pinter masak (yaitu chef dita) pak ronggo langsung buka restoran, chef dita adalah ponakan satu satunya yang sangat di sayangi. Pak ronggo tidak menikah dan tidak punya anak, ia homo.

Walaupun milik keluarga, pertama datang ke tempat ini chef dita jadi cook helper dulu. Jadi istilah kolusi ngga berlaku di lova de pasta. Dalam waktu setengah tahun chef dita promo jadi cook, setengah tahu kemudian lagi naik cook, lalu tak lama kemudian superviser kithcen, naik lagi ke asisten head chef dan jadi head chef. Chef dita bisa kayak gini karena kualitasnya yang bagus, kinerjanya pun oke.

Sebagai seorang kepala dapur chef dita adalah tipikal pemimpin yang demokratis, ia bisa  mendengarkan keluh kesah anak buahnya, kalau break suka bareng ama kita, ama anak anak deket banget. Walaupun orang kaya chef dita ngga malu untuk makan di pinggiran bareng yang lain. Pokoknya chef dita is the best deh, gue ngga kebayang kalalu head chef lova de pasta bukan dia, jawabannya ada dua, kalau ngga lebih baik ya lebih buruk hahaha. Terus satu lagi yang gue suka dari chef dita, setiap dia mau bikin jadwal dia selalu konsultasi ama anak anak, kira kira dalam minggu ini siapa yang mau minta PH, siapa yang request jadwal, dan siapa yang mau cuti. Cuti biasanya di berikan ketika karyawan sudah satu tahun kerja. Semua di rembugin pas brifieng. Dengan sistem kayak gini kerja capek jadi ngga kerasa gituloh
“ andrew kemana ran? “ tanya chef dita ke gue
“ break chef “
“ lu ngga break? “
“ ntar dulu deh, kerjaan lagi nanggung “
“ bareng ama gue yach? “
“ boleh, mau break di mana? “
“ lu maunya di mana? “
“ terserah chef dita aja “
“ gimana kalau di mushola? “
“ ngapain? “
“ sholat lah, di sono enak lho, tempatnya adem “
“ iya deh “
Agama chef dita islam, sholatnya rajin banget. Gue salut ama dia, di tengah tengah jutaan orang yang apatis ama sisi religiusnya chef dita masih mau melaksanakan kewajiban.
Kalau gue? . . . . . . .
Gue sejak kecil ngga pernah di didik dan di kenalkan dengan agama, gue pun ngga punya tuhan. Gue bukan muslim, gua bukan kristiani, gue bukan budha, dan gue bukan hindu. Gue atheis. Itu lebih tepat, karena selama ini gue ngga pernah kenal tuhan. Aaarrrggghhh. Kepala jadi pusing kalau mikir beginian.

Sekarang balik lagi ngomongin andrew. Semakin kesini gue semakin ngrasa kehilangan dia. Kalau di kamar kita saling diem dieman tanpa ada komunikasi, suasana jadi canggung, asing, garing, dan ngga enak.  Kalau dia gue tanya, jawabnya secukupnya dan setelah itu diem lagi. Andrew sudah berubah 180 derajat di hadapan gue. Gue bingung, sebenarnya gue punya salah apa sech ampe dia kayak gitu. Jangan jangan . . . . . . ngga mungkin. Positiv thinking aja deh. Tak lama kemudian yang gue bathin masuk, gue langsung nyamperin
“ lu break di mana ndrew? “
“ biasa “
Nada suaranya terdengar ketus dan tak bersahabat, gue diem aja dan langsung ngedatengin chef dita
“ chef, break yuk “
“ ayuk “

Andrew
Tanggal Satu.
Gajian udah turun.
Setelah ambil duit di ATM gue langsung ke kost-an tito untuk nyabu. Hhhrrrmmm bakalan enak nech. Tapi sebelumnya ngomong dulu ke ranco
“ malam ini gue ngga balik ran, gue mau nginep di kost-an tito “
“ he-eh “
Sebenarnya ranco ngga seneng nglihat gue kayak gini, tapi bodo amat, emang gue pikirin. Ini hidup gue, suka suka gue, ranco ngga ber-haq nglarang nglarang gue. Tito bener, yang nyetir hidup gue tuh bukan ranco, tapi gue sendiri. Toh gue nyabu ngga pake duit dia kan.

Singkat cerita gue udah di kost-an tito. Bong (alat hisap) dan sabu sabu tersaji di depan mata. Selain itu juga ada grenjeng rokok djie sam soe yang di gunakan untuk proses pembakaran. Sabu sabu adalah zat adiktif yang mengandung amfetamin, bila di konsumsi dia akan meningkatkan sistem kerja hormon dalam tubuh, sehingga pemakainya tidak mau diem, pinginnya gerak mulu. Sabu sabu di larang oleh negara karena banyak di salah gunakan, tapi peduli setan, yang penting enak.
“ temen temen lu mane to? “
“ ngga ada “
“ berarti cuma kita berdua? “
“ iya, emang kenape? “
“ ngga ape ape “
“ ranco? “
“ biarin aja “
“ kalau dia marah? “
“ ngga takut, emang dia siapa gue “
“ gila lu “
“ lu yang ngajarin “
“ hehehe bener bener bener “
“ lu make beginian udah lama to? “
“ dari tahun 96 “
“ ngga waras lu “
“ enak sech “
“ iblis lu “
“ hahaha “
Di dalam bong (alat hisap) terdapat dua lubang yang di pasang sedotan, sedotan pertama di gunakan untuk menghisap, sedangkan sedotan kedua sebagai jalan masuk asap sabu sabu. Proses   pembakaran di lakukan di atas grenjeng djie sam soe dengan korek bengsol di bawahnya.  Dan sekarang gue nglakuin itu. Gue ngisep sabu sementara tito ngebakar, ntar gantian. Begitu amfetamin sudah merasuk dalam tubuh gue merasakan keajaiban. Badan jadi enteng, pegel pegel ilang, pikiran fresh, dan semua masalah serasa terbang entah kemana, nge-fly abis gituloh. Urat urat terasa rileks seperti habis di urut, kepala pusing juga plong. Tapi bila amfetamin yang udah menyatu ama darah ini ketahuan polisi bisa bahaya, gue bakal ketangkep dan masuk penjara. Tapi bodo amat, yang penting enak. Kalau ranco ikutan kayak gini dia pasti seneng. Hahaha. Gue bener bener goblok, kenapa waktu gopek nawarin sabu sabu dulu gue tolak, kalau tahu rasanya kayak gini bakal ayo ayo aja, gratis pula, hahaha. Ah gopek, lu sekarang di mana pek.
“ gue nginep sini ya to? “
“ he-eh “
“ ntar ranco nyariin “
“ gue udah ngomong “
“ ntar gue yang di salahin “
“ lu tenang aja, ranco ngga bakalan kayak gitu “
“ kalau dia ampe marah ama gue “
“ gue belain, pokoknya lu nyantai aja deh selama ada gue “
“ beneren ye? “
“ iye “

Ranco
Pulang kerja seperi biasa, kaki kerasa pegel pegel, untuk ngilangin gue langsung berbaring di kasur dan ngegantungin di tembok, andrew ngga nglakuin kayak gini, dia malah asyik nonton tv. Seingat gue sejak ia deket ama tito andrew ngga pernah lagi ngegantungin kaki bareng gue.
“ tumben ngga ko kost-an tito ndrew “
“ males “
“ kok males? “
“ males “
Seeprtinya andrew enggan gue tanya tanya. So, gue diem aja deh. 

Kaki mulai terasa hangat, darah turun ke bawah, pegel pegel mulai ilang. Setelah waktu berjalan lima belas menit dan kerasa kesemutan, kaki langsung gue turunin. Darah pun mengalir lancar, punggung dingin bnaget, rasanya ajib puooll. Sejenak gue lihat si andrew, masih nonton tv, tontonnanya bikin gue heran
“ tumben lu nonton sinetron “
“ heeh “
“ melankolis lu “
“ heeh “
“ lu sakit gigi ndrew, ngomong dong “
“ nggak “
Tilit tilit tilit tilti, handphone bergetar, chef dita nelfon, langsung gue angkat
“ ada apa chef? “
“ lu besok masuk pagi ya ran? “
“ emang kenapa chef? “
“ yang sift pagi ada acara keluarga, jadi tuker ke clossing “
“ iya deh “
“ thanks ya ran “
“ oke chef “
Klik. Sambungan terputus. Andrew masih asyik dengan sinetronnya. Serius banget
“ lu jadian ya ndrew ama tanti? “
“ tahu dari mana lu? “
“ tanti cerita ke gue “
“ he-eh “
“ lu kok ngga ngomong ke gue? “
“ males “
“ kok males? “
“ semua kehidupan gue enggak harus lu tahu kan? “
DEG. Jantung gue serasa di tusuk belati tajam, kata kata andrew bener bener mengejutkan. Gue ngga pernah ngedenger dia seketus ini. Bernada penyulut ribut
“ lu kok ngomong gitu sech? “
“ udah ah males, gue ngantuk mau tidur “
Tv langsung andrew mati’in dan berbaring membelakangi gue. Gue semakin tak karuan, lu kenapa sech ndrew?, lu berubah drastis, gue udah ngga kenal lu lagi.

Andrew
Tanggal sepuluh.
Gue buka dompet. Anjing, tinggal dua puluh ribu. Baru beberapa hari duit udah habis. Keenakan nyabu nech hehehehe. Tapi what ever lah, yang penting enak. Kan ada ranco, gue bisa minjem duit ama dia, uang gajiannya pasti masih ada, apalagi simpenannya juga banyak. Tilit tilit tilit. Tito nelfon, gue langsung angkat
“ nyabu yuk ndrew “
“ ngga ada duit nech “
“ payah lu “
“ ntar aja deh tanggal 15, kalau service udah turun “
“ beneran ye? “
“ yo’i “
Klik. Sanbungan terputus, sekarang gue lagi break. Breaknya duduk duduk manis di  bangku dalam mall, ngadem ceritanya, hahaha. Dari arah lain tiba tiba muncul tanti dan langsung ngrangkul bahu gue mesra
“ hai andrew. Nonton yuk. Film-ny bagus nech “
“ mmm “
“ jangan bilang lu ngga bisa “
“ mmmm “
Kalau ada duit sech ayo ayo aja, lagi bokek gini ngajakin nonton bioskop, mau bayar pake apaan?. Pake daun.
“ ayuk ndrew, mau yach sayang “  rengek tanti manja
“ iya deh. Tapi ntar habis pulang kerja yach “
“ oke “
 gue pun ngga bisa nolak. Gue harus minjem duit ke ranco, kalau ngga mati gue.

Jam di handphone menunjukkan pukul 14:00 wib, break udah satu jam, itu artinya harus balik ke outlet, sekarang gue udah di pintu belakang, begitu mau masuk tiba tiba ranco muncul, kayaknya ia mau break juga, kebetulan nech.
“ ranco minjem duit dong “ 
“ berapa? “
“ tiga ratus ribu “
Kening ranco langsung berkerut
“ banyak banget “
“ duit gue habis “
“ kok bisa habis sech, ini baru tanggal sepuluh ndrew “
“ keperluan gue banyak “
“ keperluan apaan?, perasaan di kamar lempeng lempeng aja “
“ lu kepo deh, please pinjemin gue duit dong, di dompet tinggal dua puluh ribu nech “
“ ngga biasanya deh duit lu habis secepet ini “
“ please ran, masak lu ngga kasihan ama gue “
“ iya, gue ambilin ke ATM dulu “
Sebenarnya ranco ogah ngabulin permintaan gue. Tapi gue harus memelas dan mengemis, hasilnya terbukti kan, hahahha. Sory ranco. Gue tahu gue salah, tapi gue ngga punya pilihan lain.

Ranco
Baru tanggal 10 uang andrew udah habis, aneh, benar benar aneh, buat apa aja sech?, perasaan di kamar juga ngga ada apa apa hasil pembeliannya. Buat makan?, ngga mungkin, buat rokok?, andrew ngga ngrokok, buat pacaran?, tanti bukan tipikal cewek yang suka di jajanin, kalau lagi jalan sama andrew dia pasti bayar sendiri. Andrew benar bener aneh. Buat apa yach duitnya, terus satu yang bikin gue bertanya tanya, yaitu tentang perubahan sikapnya tadi , bisanya dia selalu ketus di depan gue, tapi sekarang lembut banget. Anjing, kampret, lu sekarang jadi kayak taik ndrew, ini semua pasti gara gara tito, dia yang udah merubah andrew jadi kayak gini.
“ woei, nglamunin apa sech? “ seru chef dita menepuk bahu gue
“ ngga  ada chef  “
Sekarang break bareng, seperti biasa. Di mushola. Bener kata dia, tempat ini nyaman banget, udah gitu adem pula. Chef dita lagi sholat, gue nglihatin aja. Jam dinding menunjukkan pukul 13:00 wib. Gue masuk pagi, ntar jam lima sore pulang. Sejak kenal lebih dekat dengan chef dita gue udah jarang break di kantin, tapi di mushola. Dan kalau di pikir lebih dalam, suasana mushola berbeda seratus delapan puluh derajat dengan kantin. Kantin tuh panas, pengep, penuh asap rokok, dan sumpek. Kalau suasana mushola sangat mendukung untuk melakukan  proses relaksasi setelah sekian jam di banting di outlet.
“ lu ngga sholat ran? “
Chef dita selesai ibadah dan langsung menghampiri gue
“ enggak “
“ lu non muslim? “
“ enggak juga “
“ lha terus? “
“ nabrak tembok “
“ gue serius ranco “
“ hehehe, please jangan marah, gue tuh ngga pernah di ajarin agama sejak kecil “
“ lu atheis? “
“ gue juga bingung chef. Tapi gue masih percaya tuhan  “
“ lu aneh, kalau andrew? “
“  sama aja, walaupun gue ngga punya agama tapi gue masih suka nyebut nama tuhan kalau lagi butuh sesuatu, misalnya nech. God, jangan biarin gue nangis. God, kuatin gue. God, berikan kemudahan di hidup gue. God, selamatkan andrew dari hal yang ngga bener, dan lainnya “
“ ouw, gitu “
“ lu sholat kayak gitu dapet apa sech chef? “
“ ketenangan “
“ serius lu? “
“ sholat tuh adalah media untuk komunikasi dengan tuhan “
“ kapan kapan ajrin gue mau nggak? “
“ kok? “
“ lu bilang bisa bikin tenang, gue lagi galau nech “
“ diiih,  habis di putusin pacar yach? “
“ lebih dari itu “
“ kalau lu mau cerita gue siap dengerin kok “
“ andrew “
“ kenapa dengan dia? “
“ berubah seratus delapan puluh derajat, gue udah ngga kenal dia lagi. Sikapnya, tingkahnya, perlakuannya, semuanya bukan andrew yang dulu. Gue bingung chef “
“ gue tahu itu “
“ kok? “
“ diem diem gue tuh merhatiin andrew,  dia emang berubah, beda ama pertama kali dateng “
“ lu pemuja rahasianya yach pake diem diem? “
“ enggak lah, gue malah lebih suka lu daripada dia “
“ serius? “
“ he-eh “
“ ntar boong lagi “
“ gue serius “
“ lu suka gue? “
“ iya “
“ hahahahaha “
“ lu kok ketawa sech, ada yang salah? “
“ enggak hehehe “
“ andrew kok bisa berubah kayak gitu sech? “
“ sejak kenal tito “
“ tito siapa? “
“ security mall “
“ tito yang anaknya tinggi itu?, yang biasanya jaga di lobby depan? “
“ iya “
“ pantes “
“ emang kenapa chef? “
“ lu ngga tahu siapa tito? “
“ enggak “
“ bahaya, mending lu jauhin si andrew dari dia. Tito tuh anak bandel yang udah di buang ama bapaknya “
“ lu tahu darimana? “
“ bapaknya tito tuh deket banget ama om ronggo, dia asisten manager di kantor om ronggo. Tito tuh pemake sabu sabu dan berkali kali masuk penjara. Setahun yang lalu bapaknya meninggal dan titio ngga melayat. Parah kan? “
“ serius lu chef? “
“ gue ngga bakal ngomong kayak gini kalau gue ngga ngelihat sendiri “
“ terus kalau ibunya? “
“ ngga jelas. Tito tuh dari kecil udah di buang ama orang tuanya, terus di temuin bapaknya dan di rawat ampe gede “
“ pantesan andrew jadi kayak taik “
“ tukang nyabu tuh pasti nyari bala tentara ran “
“ maksud lu? “
“ harganya mahal, kalau beli sendiri ngga kuat, mereka mesti nyari orang lain buat patungan “
“ andrew jadi korban dong chef? “
“  iyalah, apalagi andrew anak baru di jakarta, masih polos lagi. Gampang di bujukin “
“ anjing si tito “
“ lu yang sabar aja ran. Temen temen gue banyak kok yang kayak gitu “
“ tapi andrew bisa sadar kan chef, gue takut dia kecanduan “
“ tergantung andrew, tapi biasanya barang kayak gitu nagihin “
“ ngeri gue “

Andrew
Tanggal 15.
Yesss.
Uang service turun.
Waktunya nyabu nech, gue langsung nyamperin tito dan cabut ke kost-annya. Gue kadang kadang agak miris kalau lagi make, gue pontang panting sebulan, hasilnya langsung habis jadi asap. Tapi ya udahlah, yang penting enak hahaha. Toh ini duit gue
“ tadi gue papasan ama ranco waktu di lobby mall “
“ terus? “
“ dia diem aja sech, tapi tatapannya ngeri banget ndrew. Gue takut deh “
“ bencong lu “
“ bukannya gitu “
“ dia ngga ngapa ngapain lu kan? “
“ enggak “
“ ya udah, ngga usah di pikirin “
“ gue takut dia nyalahin gue “
“ lu tenang aja. Kan ada gue “
“ oh iya yach “

Urusan sabu kelar gue langsung jalan ama tanti, sekarang gue ada di rumahnya, rumah tanti sepi banget, ngga ada siapa siapa
“ orang tua lu kemana tan? “
“ ke bandung ada undangan kawinan “
Orang  tua tanti lucu bnaget, persis kayak orang tuanya intan, mantan camernya ranco, kalau ama mereka pasti di ajak guyonan mulu
“ lu mau minum apa ndrew? “
“ terserah lu deh “
 Gue make sabu sabu baru beberapa jam, efeknya tentu masih kerasa sampai sekarang. Sabu sabu emang keajaiban dunia, barang seserbuk gitu aja efeknya bisa bikin badan enak banget. Salah satunya gairah cinta. Dari tadi gelora nafsu meletup letup di dada, selangkangan pun kejang terus,  apalagi lihat body tanti yang asoy, alamak makin keliyengan aja kepala gue. Tanti masuk ke dalam, kemudian balik lagi kesini sambil bawa minuman dan camilan, dia udah ganti baju, pake celana pendek dan u-can-see ketat, lekuk lekuk bodynya terlihat jelas, gila, bisa mati gue kalau kayak gini.
“ minum ndrew “
Anjing, gairah gue makin lama makin tak tertahankan, sabu sabu emang bikin gue lupa daratan. Tanpa ba bi bu gue hampiri si tanti, gue rangkul bahunya, dan gue bisikin pelan di telinganya
“ tanti ngewek yuk “
“ gila lu ndrew “
“ please, gue udah ngga kuat lihat body lu yang brrrmmmmm “
“ ayuk “
Anjing nech anak, murahan juga
“ alasan gue ngajak lu kemari ya karena ini, mumpung di rumah lagi sepi “
“ gila lu tan “
“ tapi lu suka kan? “
“ iya, hahahaha “
Malam ini pun kita melakukan hubungan terlarang. Tanti liar banget, seperti perempuan kesepian yang jarang di belai pria jalang. Ini benar benar gila.

Ranco
Yes.
Libur.
Setelah seminggu kerja akhirnya proses relaksasi diri. Gue mau ke rumah seseorang dan ngajak andrew.
“ ke rumah silvi yuk ndrew, dia baru lahiran “
“ males ah “
“ kok males? “
“ gue ada urusan “
“ pasti sama tito “
“ kalau iya emang kenapa?, masalah buat lu? “
“ tito tuh anak ngga bener ndrew. Lu jangan terlalu deket ama dia “
“ sok tahu lu “
“ gue udah tahu siapa tito ndrew di..........”
“ gue bisa jaga diri “
Gue di skak mat, dan ini jarang terjadi. God, kuatin gue.

Rumah silvi gede banget, banyak orang yang menjenguknya. Tadi sebelum kesini gue mampir dulu ke toko bayi beli selimut ama bantal. Anak silvi cewek, cantik banget, kata orang orang sech mirip bapaknya
“ andrew kemana ran? “
“ ngga bisa dateng sil. Sory yach, ada urusan katanya “
“ ya ngga apa apa “
Gue sebenarnya pingin cerita banyak ama silvi, tapi ngga bisa. Sekarang silvi sedang bahagia, dan itu ngga boleh terkontaminasi dengan kesedihan gue
“ bobotnya berapa sil? “
“ 2,3 kilo “
“ kecil yach? “
“ mending kecil di dalem, kalu gede di dalem ntar gue empot empotan ngebrojolinnya hahah “
“ dasar lu. Orang tua dodi udah kesini? “
“ udah, andrew ada acara apaan sech sampai ngga bisa dateng? “
“ orang sibuk hahahaha “
“ tante kenny udah tahu lu lahiran? “
“ udah, minggu depan katanya mau kesini, ngga ngomong ke lu? “
“ belum “

Setelah acara di rumah silvi usai otomatis pulang ke kost. Tapi begitu gue buka pintu gue kaget, sock, dan terkejut. Yang di kata chef dita bener,  tito emang bawa pengaruh buruk bagi andrew. Ia dan andrew sedang make sabu sabu, andrew ngehisap, sementara tito ngebakar. Berarti yang selama ini gue duga bener, alasan andrew sering nginep di rumah titio karena ini. Anjing brengsek
“ apa apaan nech?. Lu berdua gila “
BROOOKKK. Pintu gue tutup lagi dan lari meninggalkan peraduan. Gue tahu harus kemana.

Andrew
Akhirnya ranco tahu kalau gue make sabu sabu, itu lebih baik. Gue sebenarnya agak takut, tapi ya udahlah ngga usah di pikirin.
“ gue bilang juga apa, lu sech bandel “ tito nyalahin gue atas peristiwa yang baru saja terjadi
“ ngga usah khawatir “
“ kalau make di kost gue ngga bakal ketahuan bego “
“ bencong lu “
“ gue ngga enak ama ranco P.A. “
“ ranco biar gue yang urus “

Ranco
Gue lari ke outlet dan nemuin chef dita
“ lu kenapa ran? “ tanyanya begitu lihat muka gue yang pucet dan ngga kayak biasanya
“ gue boleh ikut ke rumah lu ngga chef ? “
“ emang kenapa? “
“ gue hari ini ngga mau nginep di kostan, gue ngga mau nglihat muka andrew “
“ andrew kenapa? “
Gue diem aja ngga ngasih jawaban, chef dita pasti ngerti
“ oke, dua jam lagi gue balik. Lu tunggu di open bar ye?, gue bikinin tes manis dulu biar lu tenang “
Gue masih sock dan ngga percaya kalau andrew bener bener nyabu. God, apa yang harus gue lakuin?, ntar kalau tante kenny nanya, musti gue jawab apa?. Aaaarrrrrgggghhhhh.

Andrew
Ranco ngga balik, gue ngga tahu dia kemana. Bodo amat, emang gue pikirin.  Lagian kenapa dia marah sech gue nyabu, ngga logis banget kan.  Toh ini duit gue yang buat bayar. Kenapa dia yang repot. Aaarrrggghhh. Dari tadi gue sms ngga di bales, gue telfon juga ngga di angkat, lu atur dah ran, lu mau apa terserah lu.

TOK TOK TOK. Tiba tiba pintu di ketok, dan gue buka. Tanti. Tadi dia gue sms gue suruh dateng kesini. Kost-an gue tuh bebas banget. Kita mau apa apa terserha, yang penting kalau ada apa apa di tanggung sendiri
“ ngapain lu nyuruh gue kesini? “ tanyanya mengawali perjumpaan
“ gue kesepian sayang “
Gue habis make sabu, otomatis gairah gue meletup letup, tanti langsung gue deketin dan gue sosor mulutnya, tubuhnya gue grepek sambil buka kancing bajunya satu satu. Tanti bener bener hot
“ gue kesepian “
“ ranco kemana? “
“ ngga tahu “
“ tadi gue lihat dia bareng chef dita “
“ ama chef dita? “
“ iya “
“ ngapain? “
“ ngga tahu “
Akhir akhir ini ranco deket banget ama head chef lova de pasta, di mana ada ranco pasti ada chef dita, begitu pun sebaliknya. Jangan jangan mereka pacaran, ah peduli setan. Yang penting malam ini gue mau ngewek ama tanti
“ kita mau pake gaya apa? “
“ gaya kupu kupu gimana? “
“ boleh hahahah “
Gue dan tanti udah sama sama telanjang bulat, kita pun kembali melakukan hubungan terlarang. Gue ngga tahu ini udah yang keberapa gue ngewek sama tanti. Sering banget soalnya. Kadang gue yang minta, kadang tanti yang minta.  Yang pasti setiap gue habis make gue pasti langsung jeb ajeb.

Ronde pertama selesai, ronde kedua jalan terus, ronde ketiga ON-FIRE, ronde keempat masih strong, ronde kelima tanti orgamse, ronde keenam dia mulai tepar, dan ronde ketujuh tanti nyerah, tapi gue tetep greng
“ gue udah ngga kuat ndrew “
“ payah lu “
“ lu habis nelen apa sech liar banget “
“ lu pasrah aja deh, yang nyetir biar gue “
“ terserah lu “
Keringat udah bercucuran di sana sini. Ronde satu sampai enam tanti bener bener liar, tapi begitu ronde tujuh hingga dua belas tajinya ilang, dia hanya bisa psrah ngikutin gaya gue. Sabu sabue emang dahsyat. Kalau habis make trus di buat ngewek stamina ngga abis abis. Pinginnya terus terus dan terus. Ajib banget. Bbbrrrmmm.

Ranco
DEPOK.
Rumah chef dita berada di kota ini. Dan sekarang gue nginep di sini. Chef dita tuh tinggal bareng ama pak ronggo, pak ronggo orangnya baik banget. Tapi gue agak ketar ketir, soalnya kalau lihat gue matanya kedip kedip.
“ kata kata lu bener chef. Tito emang pemake “
“ andrew ikut ikutan? “
“ he-eh, barusan dia ngisep, makanya gue males pulang “


Gunung Ranti 2.601 MDPL - hiking with PGJ (pendaki gunung jember)

puncak ranti 2.601 mdpl Gunung ranti adalah pendakian ketiga gue setelah semeru dan ijen, kali ini benar benar istimewa, karena ram...