Senin, 06 April 2015

novel lu gue sabu sbau -5

“ ciyus?, ntar boong lagi hahaha. Awas ye kalau sampe sms gue “
“ pingin banget  apa di smsin, udah sono pergi “
“ ye ye, balik dulu ya ran ndrew, gue pasti bakal kangen kalian berdua “
Kita bertiga segera salaman dan cipika cipiki.

Habis ini rumah sepi lagi deh, Cuma tiga orang doang. Gue, ranco, dan ibu. Nadia pergi. Silvi balik ke jakarta
“ mampir ke cafe dulu yuk ran, laper banget nech “
“ ayuk “

Ranco
DUA BULAN KEMUDIAN
Malam sepi sekali, yang terdengar hanya raungan sepi, tapi yang jadi pertanyaan sepi itu bisa meraung emangnya?, bukannya sepi itu identik dengan diam?. Ah tauh deh.

Jam dinding menunjukkan pukul 20:00 wib, andrew ama tante kenny keluar berdua, ada acara apa gitu, gue lupa.  Gue sebenarnya di ajak, tapi gue ngga mau, daripada BT sendirian enaknya ngapain yach?. Facebook-an aja deh. Gue langsung masuk kamar dan hidupin laptop, tak lama kemudian beranda facebook udah nampang di depan muka gue. Status orang orang gue lihatin satu satu, ngga ada yang menarik, gue pindah ke obrolan, ada sepuluh orang, semua juga ngga asyik di ajak chatingan. Oh, FB garing sekali malam ini. Keluar aja deh. Ngapain lagi yach enaknya?. Oh ya gue inget, kemarin andrew habis download bokep. Tonton ah, lumayan buat ngilangin kesepian. Gue langsung masuk explore, lanjut ke data-D, lalu klik andrew files, flder-A, folder-b, folder-C, dan akhirnya file file bokep muncul, rapi banget, udah gitu banyak pula, jumlahnya ada puluhan. Gila juga nech anak. Diem diem download beginian di belakang gue. Satu file gue klik dua kali, videonya pun terlihat jelas di layar LCD. Hot banget, yang main orang jepang sama amerika. Gayanya mantep banget, dia pasti artis bokep profesional yang bayarannya juga profesional, kalau ngga profesional ngga mungkin nglakuin gaya yang  kayak beginian hahaha. Brengsek, darah gue berdesir desir, jantung gue berdegup tak karuan, mata gue kaku tak berkedip, tanpa gue sadari tiba tiba tangan gue masuk celana, gue onani. Aaahhhhhh, rasanya enak banget. Kayak gini aja bikin mata merem melek, gima kalau ajeb ajeb, brrrmmmm sorga dunia kali. Pantes si andrew ama nadia ketagihan. Di kiranya gue ngga tahu apa alasan mereka nginep di rumah ortu nadia, bilangnya sech kangen ama rumah. Preeeetttt. Pasti di sono begituan, kalau mau main di rumah malu dong hahahaha. Film bokep masih terus berjalan, makin lama makin hot, si cewek dari  tadi terus menjerit dan merintih kenikmatan, ini gila.

Anak sepantaran gue atau di bawah gue, kalau misalnya di tanya pernah lihat bokep jawabnya NGGAK. Dia boong banget. Munafik.  Anak jaman sekarang tuh gue yakin 100% pernah lihat film esek esek di handphone atau laptop. Ini bener bener gila. Habis enak sech. Heheheh.

Andrew
Tiga bulan sejak kepergian nadia gue udah bisa nglanjutin hidup gue. Di awal awal  jujur gue masih drop.  Lemes dan males. Tapi karena semangat tak kunjung henti dari ranco akhirnya gue pun bisa. Ranco emang is the best deh pokoknya, kadang gue ngebayangin kalau hidup gue ngga ada dia, jadi apaan yach?. Yang pasti tetep jadi manusia, tetep makan nasi, tetep putranya nyonya kanaya santro, dan tetep ayahnya lila tungga dewi. Tapi gue tidak akan menjadi sosok andrew yang seperti saat ini.

Si lila udah tiga bulan, kata ibu mertua sekarang udah bisa tengkurap, uh lucunya, gue sering lihat fotonya di facebook, karena ibu nadia sering upload. Mulai dari bayi, di bedong, dan hingga tengkurap kayak gini. Pingin banget deh ke medan, tapi di sini sibuk sekali, kuliah ama casual ngga bisa di tinggal. Tunggu ayah ya lila, suatu saat ayah, oma kenny dan om ranco akan kesana. Nanti kita main bareng bareng sayang.

Ranco
Suasana kitchen tempat praktek dim sum panas banget. Kompor nyala, oven nyala, anak anak pada menuhin tempat, dan exhaust eror. Busyet, bisa kebayang dong  gimana rasanya, keringat gue dari tadi ngucur terus kayak selang kamar mandi bocor. Guru dim sum kita namanya pak cokro, ia adalah cook dim sum di salah satu hotel bintang lima di surabaya, orangnya enak banget, kalau misalnya kita nanya nanya tentang makanan pasti akan di jawab dengan jelas, gamblang dan detail. Pak cokro ngga pelit sama ilmunya, semua di kasih ke kita, karena kata beliau ilmu itu seperti amal, dia akan terus mengalir dan membawa manfaat sampai mati, benar benar filosofi yang bagus.  Salut gue sama dia.

Pelajaran baru berlangsung 15 menit, barang barang baru dateng.  Oh yach, selama kita praktek, bahan bahan udah di siapkan sama kampus, jadi kalau berangkat kuliah tinggal bawa badan ama seragam doang, hehehe asyik kan?.
“ mau bikin apa pak hari ini? “ tanya gue ke pak cokro
“ lumpia sama siomay ranco “
“ oke deh kalau bagitu. Kayaknya mantep banget nech “
“ iya dong “
Di depan mata gue bahan bahan sudah siap untuk di bantai. Ada ayam, udang, minyak wijen, minyak ayam, minyak bawang, dan lain sebagainya. Pertama cincang dulu ayam sama udang, begitu udah alus tambahkan tepung tapioka, minyak bawang, minyak wijen, minyak ayam, garam, lada dan chicken powder. Jadi deh isi buat siomay dan lumpia.

Satu jam kemudian praktek dim sum selesai. Lumpia yang di goreng dan siomay yang di kukus sudah siap di depan mata. Ajib banget.

Andrew
Pulang kuliah rasanya capek banget. Jam dinding menunjukkan pukul 21:00 wib. Di dalam tas ada lumpia sama siomay, ceritanya mau di kasihin ke ibu, ntar kalau ngga di bawain nyap nyap lagi kayak burung beo.  Yang di bawain sedang asyik nonton tv, acara komedi laris yang sering bikin gue, ranco, dan ibu ngakak.
“ ibu asyik bener nontonnya “ tegor gue membuyarkan konsentrasi, tapi kayaknya konsentrasi ibu masih full deh, buktinya ibu tetep mantengin layar
“ iya, lucu banget “ jawab ibu di susul ketawa kenceng karena ulah komedian yang di tonton. Tapi begitu iklan, ibu beralih ke gue
“ katanya habis praktek, mana hasilnya? “
Gue kira ibu lupa, ternyata kagak. Siomay ama lumpia langsung gue keluarin dari dalam tas
“ punya kamu mana ran? “ tanya ibu beralih ke ranco
“ jadi satu ama punya andrew “ jawab yang di tanya santai. Tangannya ngotak ngatik remote control yang di geletakin, mindah chanel lalu ngebesarin volume. Nech anak emang budeg kali ye, perasaan volume tv tuh udah gede, eh sekarang malah di tambahin. Dasar ranco, kalau bukan dia ngga ada lagi deh yang kayak gitu
“ lu mau kawinan ran “ protes gue lihat kelakuannya
“ maksudnya? “ tanyanya polos, tapi kesan yang tersirat di pikiran gue dia pura pura ngga ngeh, dasar borokokok.
“ volume kecilin bang “
“ ouw “ seru dia enteng dan ngga nurutin kata kata gue. Terserah lu deh.

Ibu begitu menikmati sioamy ama lumpia bikinan gue ama ranco, tapi begitu udah habis komentarnya bikin gue males
“ praktek apaan nech, kok siomay ama lupima doang? “ ujarnya tanpa dosa
“ ibu nech emang dasar ye, di bawain bukannya terima kasih malah protes, kapan kapan ngga andrew bawain lagi deh. Hasil karya anak tuh seharusnya di hargain bukannya di caci kayak gini “
“ tauk nech tante. Ntar kalau di bawain kuliah tujuh menit lagi “ timpal ranco ngedukung gue
“ hehehe, ibu ngga nyaci kok “
“ buktinya? “
“ bukannya gitu ndrew. Ibu tuh pinginnya kamu bawain steack, spaghetti, pizza, salad atau makanan lain yang kayak di hotel hotel gitu “
“ ya itu ntar kalau udah food product, ini kan dim sum “
“ ya udah kali, jangan marah gitu dong “
Idih, males banget deh. Emak gue tuh kadang kadang orangnya nyebelin, udah gitu bikin gedeg pula, tapi ibu tetep is the best kok hehehe
“ besok tante libur kan? “
“ enggak. Ada kunjungan kerja di makasar. Emang kenapa ran? “
“ jalan jalan mulu “
“ kamu mau ikut? “
“ nggak, besok di rumah orang tua intan ada acara lamaran. Kakaknya yang nomor satu mau di tunangin sama orang tegal “
“ ngapak dong? “
“ iyalah “
“ sebagai calon besan yang baik hati dan tidak sombong ngga afdzol dong kalau tante ngga dateng “
“ tapi besok tante ke makasar, gimana dong? “
“ ngga apapa. Ntar ranco bilangin ke orang tua nadia kalau tante ngga bisa datang “
“ berapa hari ibu di makasar? “
“ seminggu, ntar di sana ibu mau hang out sama manager baru ibu “
“ idih “
“ kalian berdua tahu nggak? “
“ nggak “
“ orangnya ganteng banget, putih, keren, macho, atletis, manis, ramah, perhatian dan peduli sama ibu. Kalau di jejerin ama tom cruise 11-12 lah “
“ ibu apaan sech?, ganjen banget deh “
“ tauk nech tante. Lagi puber kedua yach? “
“ bodo amat, yang penting besok tante mau hang out sama cowok kece, duda lagi. Kan pas, janda ketemu duda hehehe “
“ awas ye kalau sampe macem macem di sono “
“ tunggu tuggu tunggu, tante kok bisa bilang janda sech. Perasaan om adam belum jatuhin talak deh “
“ iya nech ibu, kalau ngomong ngaco aja. Andrew bilangin ayah lho “
“ heheheh “
“ idih, malah ketawa, ngga lucu tauk “
“ biarin, yang penting jalan ama cowok kece hehehe “
Sumpah, gue empet banget nglihat ibu kayak gini.

Ranco
Uuuuhhhhhh, dingin banget, udah gitu mendung pula,, komplit dah cuaca exstrim-nya. Hawa kayak gini tuh enaknya ajeb ajeb. Kalau nadia masih hidup, pasti ama andrew langsung begituan hahahaha.

Pagi hari mau bangun males banget, mana libur dan ngga ada casual pula. Tidur lagi aja deh hehehe. Selimut langsung gue kekep, guling gue peluk erat erat, dunia nikmat sekali. Habis ini bakalan mimpi ketemu intan. Oh yach, kemarin pas acara lamaran di rumahnya gue ketemu dia, tambah gembrot kayak minul, pipinya tembem dan bokokngnya makin semok, kebanyakan makan katanya. Makan nasi, makin air makan angin dan makan segala. Omnivora dong?, begitulah kira kira. Kan pemakan segala.

Setelah beberapa bulan ngga ketemu otomatis gue kangen berat dong. gue langsung ngajak intan apel, nonton bioskop, makan bareng, dan hang out ke tempat sepi. Waktu berduaan gue cium bibirnya, rasanya manis banget, iyalah, soalnya habis minum banana milk float hahahah. Pas apel gue puji puji kalau malam itu dia cantik banget, selebihnya rayuan rayuan gombal kayak pelawak pelawak di tv. Si intan di gombalin seneng banget, pingin nambah lagi, dasar jambrong, di kiranya nasi pecel pake nambah.  Cewek cewek tuh sebenarnya seneng di gombalin, tapi karena mereka munafik mereka pura pura acuh tak acuh. Habis gue rayu rayu kayak gitu si intan langsung ngajak gue check in ke salah satu hotel, ngajaknya ngga pake basa basi, langsung to the point pula, dan tanpa tedeng aling aling. Gue kaget dong, terus gue tanya ngapain di hotel, sebagai jawaban dia mendekati wajah gue, belok ke kuping gue dan berbisik perlahan, bisikannya penuh desahan dan penuh rintihan kayak julia peres waktu nyanyi belah duren
“ ML yuk ran “
Busyet. Gue kaget dong. Nech anak gila kali yach.
“ lu habis makan apan sech ampe pingin begituan “
“ gue udah ngga kuat ran. Yuk kita ML “
Kampret ye nech anak. Jujur, kalau untuk pusar ke atas gue masih bisa, entah itu ciuman, grepek grepek, dan lain sebagainya. Tapi kalau udah pusar ke bawah, hiiiiii, gue ngga bisa. Itu ntar aja kalau udah nikah
“ lu gila ya ntan “
“ please ran “
Gue ngga bisa berkompromi lagi. Setelah itu intan gue ajak balik dan gue anterin ke rumahnya. Baru beberapa bulan di malang nech anak berbubah drastis. Gawat. Kalau emak ama bapaknya tahu bisa runyam ceritanya. Gila gila gila.

Sekarang balik lagi ke tempat tidur. Baru beberapa menit mata terkatup tiba tiba andrew ngerongrong
“ ran bangun ran “
“ males “
“ joging yuk. Di luar banyak cewek cantik tuh “
“ serius lu “ gue langsung bangun secara otomatis, mata gue pun nyala 100 watt tanpa di suruh
“ eh eh eh, giliran ada cewek aja semangat, playboy cap kaleng krupuk lu. Gih bangun, ntar gue siram nech “
“ sialan lu. Tau gini tidur aja lagi “

Andrew
Lari lari keliling komplek di senin pagi seger banget. Keringet keluar banyak, bau badan jadi naudzubillah. Ibu di makasar jadi ngga ada yang bikin sarapan pagi deh. Ranco masih di luar beli lauk pauk di abang abang sayur. Gue lihat dari dalam sini dia nampak serius bincang bincang dengan abang sayurnya, entah apa yang di omongin, gue ngga tahu. Gue akuin ranco tuh lebih luwes untuk komunikasi dengan orang lain ketimbang gue, dia lebih ramah, lebih low profile, lebih friendly dan bisa memulai percakapan dengan sangat manis, orang yang di ajak omong ama dia pasti ngerasa seneng. Beda ama gue.  Gue tuh cenderung pemalu dan pendiam, kalau ngga di tanya duluan pasti ngga akan nanya.  Tapi anehnya kepribadian ranco melankolis phlegmatis, ngga nyambung kan?. Ranco emang bener bener aneh deh pokoknya.

Laptop tergeletak di meja, langsung gue sikat untuk facebook-an, gue masuk pake account-nya ranco ran+an@yahoo.com hihihi. Biarin aja deh, kadang kadang dia juga sering masuk pake account gue, habis sama sama tahu sandinya sech.  Di beranda facebook status status bertebaran. Salah satunya status ibu, dia pamerin fotonya saat makan bareng ama manager barunya di sebuah restoran. Idih narsis banget deh. Kayaknya ibu lagi jatuh cinta nech. Biarin aja lah. Gue sebagai anak setuju setuju aja ibu mau menjalin hubungan ama siapa, asal ibu bahagia. Toh ayah juga udah ngasih lampu ijo hehehe.  Kalau ibu punya suami lagi berarti komplit dua deh. Maksudnya emak gue ada dua, bapak gue juga ada dua.  Kenapa gue bilang begini, karena di amerika sono ayah juga udah nikah lagi, tepatnya dua tahun lalu. Dan sekarang istrinya sedang hamil. Kalalu ibu bener bener nikah ama manager barunya itu artinya ibu gue ada dua dan ayah gue juga dua. Ini bener bener lucu.

Pandangan gue arahin ke obrolan, di situ ada 11 orang  sedang online. Salah satunya bokap. Udah lama nech ngga chatingan ama ayah. Tapi begitu jari mau ngetik di keyboard ayah udah nyapa duluan
<hai ranco, giamana kabar indonesia. Om adam kangen banget deh sama kamu sama andrew>
Kok ranco sech?. Kenapa bukan nama gue yang di sebut. Ih ayah curang. Ups, tunggu dulu, gue kan sekarang log_in-nya pake account ranco. Jadi gue dong yang salah hahaha. Dasar gila
<ini andrew ayah. Bukan ranco>
<kamu pasti pake account-nya ranco yach?>
<iya benar>
<dulu ayah juga pernah chatingan ama ranco pake accoutnya kamu. kalian berdua eneh deh>
<ayah gimana kabarnya?>
<is very good my son, and you?>
<sama. Mom lita kapan melahirkan?>
Istri ayah namanya carlita jensen. Gue manggilnya mom lita, gue ama ranco pernah skype-an sekali ama dia pake computer di kantor ibu
<bulan depan. Cowok ndrew adik kamu, kemarin di USG, anak kamu gimana?. Sehat?>
<sehat ayah. sama oma-nya di medan. Sayang andrew di indonesaia, kalau andrew di amerika pasti andrew nunggin lahirnya dedek>
<ada ada aja kamu. Tahun depan sepertinya ayah ke indonesia>
<serius yah?. Acara apa?>
Gue girang banget denger berita ini
<mom lita dapat voucher liburan dari perusahaannya untuk satu keluarga. Mom lita pingin ke indonesaia, pingin tahu keluarganya ayah di sana>
<oke deh ayah. Andrew tunggu>
“ serius amat sech ndrew. Chatingan ama siapa lu? “ tiba tiba  si borokokok muncul di depan mata, di tangannya ada bungkusan lauk pauk yang bikin perut gue keroncongan secara otomatis
“ bokap”
“ pantesan “
Ranco beranjak ke belakang sambil bawa  bungkusan tadi, sedang gue jalan terus ama chating
<ibu kamu mesra banget deh di status. Cowok barunya yach?>
<kayaknya sech begitu.  Ayah tahu nggak, akhir akhir ini ibu tuh ganjen banget. Kayak abg baru kenal cowok >
<serius kamu?. Emang cowok itu siapa?>
<manager baru ibu di kantor.  Orang korea, lee young chun namanya. Kemarin sebelum berangkat ke makasar di ajak ke rumah. Di kenalin ke ranco ama andrew. Om lee baik banget, ramah pula. Trus habis itu kita di ajak jalan jalan, nonton bioskop,  dan makan makan>
<ya bagus lah kalau begitu. Akhirnya ibu kamu ketemu orang yang tepat. Tapi masih gantengan ayah dong hehehe>
<idih, ayah pede banget deh. 11-12 lah, beda beda tipis>
<selama ini ibu kamu tuh curhat sama ayah kalau dia sering di dekatin laki laki. Tapi ibu kamu harus milih yang pas, yang bisa menjadi ayah sekaligus om buat kamu sama ranco. Makanya ibu kamu betah nglajang. Ngga ada yang memenuhi kriteria>
<tapi om lee baik deh ama aranco dan andrew, udah gitu perhatian pula. Kalau nglihat om lee andrew seperti nglihat ayah>
<semoga om lee adalah laki laki yang tepat buat ibu kamu. Buktinya kamu ama ranco udah cocok sama dia>
<iya bener ebener. Eh ayah . . . >
<iya ndrew?>
<kenapa sech dulu ayah balik ke amerika?, emangnya ada masalah apa?>
<ibu ngga pernah cerita ke kamu?>
<ngga pernah. Emang kenapa?>
Ayah diam tak memberikan jawaban. Status yang ada di kotak obrolan hanya di lihat saja, setelah itu nama ayah hilang, ia sudah sign-out. Enggak ayah enggak ibu sama aja. Tiap gue nanya kenapa ayah balik ke amerika ngga pernah di jawab. Nyebelin deh. Mereka berdua kayaknya nyimpen bangke di belakang gue, tapi gue yakin suatu saat bakal kecium.

Ranco
Di kampus lagi, kuliah lagi. Hadeh, kadang kadang gue jenuh sama aktitifitas gue yang gini gini aja, makan, tidur, kuliah, casual, balik ke rumah, dan jalan jalan. Monoton. Pingin gitu jalan kemana, ke bali kek, ke lombok kek atau kemana aja. Tapi sial, liburan masih lama. Sabar dulu ranco. Orang sabar pantatnya lebar hahaha. Walapun hidup gue Cuma gitu gitu doang tapi gue enjoy dan having fun, ngapain sech hidup sekali di buat repot ya nggak?.  Hehehe.

Hari ini jadwalnya japanesee food, tapi praktek belum di mulai. Gue ama andrew ke office dulu. Office adalah tenpat fital dan fatal di campus ini, ia adalah ruangan berukuran sebelas kali sembilan meter yang terletak di samping lobby kampus.  Di sini menyediakan seputar informasi mahasiswa, info lowongan kerja, info job training,  jadwal casual, markasnya adminsitrasi, accounting, trainer office, direktur pendidikan, tata usaha, marketing dan lain sebagainya. Pokoknya office tuh inti dari hidup matinya kampus gue.  Di sana udah ada tiga office girl yang merangkap sebagai receptionist. Ayu, dina dan fani. Gue ama andrew nyamperin fani aja, karena dia lebih enak, beda ama ayu dan dina, anaknya agak agak resek, songong, ngga ramah, dan kalau nglihat dia mulutnya selalu manyun.  Pingin gue cium aja deh rasanya hahaha. Dina ama ayu bisa kayak gitu mungkin karena pengaruh kelamaan jomblo. Dalam kurung jablay. Ah sudahlah ngga usah ngomongin tuh cewek dua.
“ hai ranco andrew, pasti mau nanya casual yach? “
“ betul. Ada nggak? “
“ ada. Catering service buat acara weding di malang. Hari sabtu. Mau nggak?, enak lho “ tutur fani ngasih penjelasan, ramah banget, manis pula. Menurut desas desus yang berhembus fani tuh ngebet banget ama andrew, dia pingin banget jadi pacar saudara gue, tapi dia ngga berani ngomong, tengsin dong perempuan nembak duluan. Kalau ama kita berdua baik banget, tapi kalu ama anak anak lain mod-mod-an, kadang baik, kadang nyebelin, kadang ngeselin, dan kadang manis banget. Ngegemesin deh cewek kayak gini, pingin gue ajak kencan aja.  Hahaha
“ ke malang naik apa, lau mau nganterin kita berdua? “
“ nanti di jemput di kampus ama petugasnya “
“ boleh boleh boleh “
“ aku juga ikut lho, nanti kita barengan ya ndrew “
Idih, si fani mulai ngasih sinyal sinyal cinta nech. Dasar udang di balik batu.
“ acaranya di mana fan? “
“ ngga tahu. Pokoknya di gedung. Dapetnya 100 lagi “
“ seratus ribu maksud lu? “
“ he – eh “
“ gue ama andrew daftarin yach “
“ oke “
Senyum fani ngembang lagi, manis banget kayak senyumnya rani mukerjee, lu jadian aja deh ndrew ama dia hehehe.

Andrew
Parktek japanesee food tengah berlangsung. 15 anak jadi satu di ruangan ini, untung exhaust nyala, jadi  ngga panas, coba kalau mati, keringat gue pasti bercucuran segede gede jagung. Kithcen japanesee food ukurannya lebih besar di banding kithcen  dim sum, karena peralatan yang di gunakan juga lebih banyak.  Hari ini kita mau bikin sushi, sashimi dan ebi katsu. Dosen kita namanya pak fadil, dia adalah chef de parti di restoran bintang lima di surabaya,  orangnya pendiem tapi profesional, walaupun agak misterius tapi kalau ngajar lumayan enak.  Dosen deosen di kampus gue semuanya top top, kebanyakan adalah praktisi berpengalaman di hotel hotel dan restoran. Jadi gue ngga salah kuliah di tempat ini
“ ranco, besok sabtu kamu casual ke malang yach? “ tiba tiba salah satu temen nanya kayak gitu
“ iya, sama andrew. Kenapa? “
“ masih bisa ngga yach kalau aku ikut “
“ bisa, tadi di office yang daftar baru dikit. Buruan ngomong ke fani ntar keduluan anak lain “
“ oke deh, ntar barengan ya ke malang “
“ sip “
Gue lanjutin perkerjaan gue. Pertama bikin ebi katsu. 15 anak lain juga melakukan hal yang sama. Udang di kupas, di bersihkan kotorannya, di marinasi dengan lada garam, di baluri tepung, di celupkan ke dalam susu yang di campuri telur, di selimuti dengan bread crumb, dan di goreng. Begitu udah mateng sajikan di atas plate dengan kecap asin dan salad. Yang kedua bikin sushi dan sashimie. Bahan bahannya antara lain nasi dari beras jepang, kepiting, telur ikan, cuka, salmon, dan lain sebagainya. Sashimie buatnya gampang banget, nasi di kepal kepal lalu di atasnya di kasih irisan salmon, sajikan di atas plate pake kecap asin.  Kelar deh. Kalau sushi agak ribet.  Nasi di rol pake makisu (alat untuk mengerol sushi terbuat dari bambu) yang di alasi nori (lembaran sushi terbuat dari rumput laut). Di dalamnya di kasih salmon, timun jepang dan telur ikan, baunya bikin perut eneg, kalau di makan gue pasti gak doyan, ikannya mentah semua sech. Kalau gue bawa pulang ibu di makasar, ntar ngga ada yang makan, ranco juga ogah, pingin muntah katanya nyoba satu biji hahaha, anak anak lain gue tawarin juga sama aja. Yang bikin heran orang jepang kok bisa makan beginian yach?. Aneh deh.

Singkat cerita setelah waktu berjalan dua jam praktek japanesee food selesai. Sushi dan sahimie gak di makan sama sekali, kalau di buang sayang dong, bahannya mahal cuy, emang sech bukan kita yang beli, tapi bayarnya pake duit kita waktu pendaftaran dulu. Sebagai alternatif sushi dan sahimie kita bagikan ke mahasiswa lain yang melewati loby kampus. Mereka mau, syukurlah kalau begitu, akhirnya hasil karya kita ngga terbuang sia sia. Sekarang di layar handphone menunjukkan pukul 20:00 wib, sebelum pulang gue ama anak anak lain nongkrong dulu di kantin kampus
“ andrew di cariin fani tuh di office “ tiba tiba salah satu anak nyeletuk seenak jidat
“ cieeh andrew, jadian yach ama fani “  timpal yang lain ngegodain, gue senyum senyum aja
“ kalian apan sech “
Gue yakin, muka gue kali ini merah merona kayak udang rebus
“ udahlah ndrew tembak aja si fani, kasihan tuh anak orang lu anggurin, mending lu apelin tiap minggu. Jangan kelamaan jomblo, ntar keburu tua hahahah “
“ lu ngomong apaan sech ran, gak jelas lu “
“ biarin “ 

Ranco
Busyet, malang dingin banget, padahal ini udah jam sembilan pagi, matahari juga udah tinggi, tapi hawanya mengundang syahwat hahaha. Acara wedding party di adakan di sebuah gedung yang sangat besar, kita langsung setting meja, nata nata makanan prasmanan, dan mempersiapkan tetek bengek lainnya. Ini pertama kalinya gue casual di catering kawinan, biasanya di hotel atau nggak restoran, agak canggung gituloh. Untung orang orang catering baik baik, udah gitu sering ngajak becanda pula, jadi kayak ama temen sendiri. Di sudut lain si fani nempel terus ama andrew, sepertinya bunga bunga cinta tumbuh mekar di hati mereka, baguslah kalau begitu.  Menurut petugas catering, undangan yang hadir ada 1700 orang, menu yang di pesan 33 item, tenaga casual dari kampus 23 orang, busyet banyak banget, ngundang satu RT kali yach. Andrew ama fani prepare untuk menu soto mie lontong. Lontong di iris iris, lalu di taruh di mangkuk, tak lupa di tambahi mie, koya, dan ayam suwir. Sedang gue prepare menu gado gado. Mangkuk gue tata rapi di atas meja, lalu di isi siomay dua biji, kentang kukus satu biji, tahu goreng tiga biji, telor rebus satu biji, tauge, mie, dan bawang goreng secukupnya.  Ntar tinggal di tambahi krupuk udang sama saus kacang kalau tamu tamu udah pada minta. Gue prepare gado gado berdua ama pegawai catering. Laki laki, gue ngga tahu namanya siapa, kira kira umurnya 35 tahun. Dari tadi kita bedua ngobrol mulu, yang di obrolin banyak banget. Orangnya ramah, lucu dan bikin gue ketawa terus. Suasana gedung ini masih sepi, yang terlihat hanya petugas catering, anak anak casual, dan keluarga pengantin. Mereka semua hillir mudik  mempersiapkan segala sesuatunya.
“ semester piro dek kuliahe?. Nek kampusmu penak gak? “ tanya orang di depan gue pake bahasa jawa. Otomatis gue ngga ngerti dong
“ saya ngga bisa bahasa jawa bang “
“ aslinya mana tho? “
“ jakarta “
“ kok kuliahe di surabaya, di sana kan banyak kampus bonafit “
“ orang tua saya di pindah ke surabaya kerjanya, jadi kuliahnya di sini “
“ ouw “
“ abang udah lama kerja di tempat ini? “
“ lima belas tahun dik “
“ lama banget ya? “
“ he-eh “

Andrew
Beberapa menit lagi resepsi pernikahan di mulai, prepar udah kelar semua, oleh supervisor catering gue ama fani di tugasin di tenda soto mie lontong. Dari tadi nech cewek ngiter mulu di belakang gue. Ngerasa risih enggak juga sech, tapi yang bikin gue males dari tadi di godain mulu ama anak anak. Jujur, sebenarnya gue juga seneng ama fani, orangnya manis, baik, enak di ajak ngobrol, dan apa adanya. Tipikal gue banget tuh. Tapi untuk saat ini gue belum pingin pacaran.
“ ndrew, besok ada casual di jw. Mariot. Kithcen, kalau lu mau nanti gue daftarain sekalian ama ranco “
“ enggak deh, gue mau nyantai dulu “
“ ya udah kalau begitu “
Si ranco jaga di stand gado gado. Dari tadi nglihatin gue sambil senyam senyum, ngegodain ceritanya, dasar jambrong, dia tuh adalah orang yang paling bertanggung jawab atas ulah anak anak yang ngegacoin gue ama fani, di rumah malah lebih parah godainnya, untung ibu ngga ada, coba kalau ada habis gue ama mereka berdua.

Jam dinding menunjukkan pukul 10:00 wib acara udah di mulai. Panotocoro (presenter bahasa hawa) udah was wes wos jualan abab (nafas yang keluar dari mulut: bahasa jawa), para undangan udah berdatangan, pengantin juga udah memasuki aula, gue ngga begitu memperhatikan, gue lebih asyik ama soto mie lontong. Mangkuk yang udah gue isi-in gue rapi rapi-in lagi ntar biar gampang di tambahin kuah ama fani kalau tamu udah pada minta. Tapi pas pengantinnya gue lihatin sekilas gue agak terkejut, kayaknya gue kenal deh dengan pengantin ceweknya, gue lihtain lebih dalam, semakin dalam dan semakin jelas, yach, gue emang kenal ama ntu mempelai wanita, gue ngga asing dan sangat familiar. Tapi gue sock.  Ini ngga mungkin terjadi, kalau ranco ama ibu tahu pasti bakalan heboh. Oh god, kenapa masalah datang lagi. Kalau ranco tahu gimana nech?. Tapi gue yakin sebentar lagi dia pasti tahu.

Ranco
Gado gado gue laris manis. Begitu tamu undangan udah di pesilahkan menikmati hidangan mereka langsung berdatangan ke tenda gue. 50 mangkuk yang udah gue siapin ludes dalam sekejap. Gue langsung prepare lagi, siomay gue keluarin, kentang gue keluarin, telur rebus gue keluarin,  pokoknya semua atribut menu ini gue keluarin. Kedua pengantin nampak bahagia di pelaminan sana, tapi gue ngga mau tahu, kerjaan gue lagi ribet nech. Tamu tamu yang berdatangan makin lama makin banyak, gedung ini rame banget. Instrumental musik jawa mengalun bertalu talu meriuhkan suasana, tak lupa sang panotocoro yang mengatur jalannya acara dengan bahasa jawa, gue ngedengernya ayem banget, tapi sayang gue ngga ngerti dia ngomong apa hahaha. Di sudut sana andrew ama fani kompak banget ngurusin soto mie lontong, udah gitu serasi pula, kalau misalnya di ikat dalam perkawinan pasti seru, mumpung pelaminannya belum di bongkar nech, hahaha ngaco aja.
“ mas gado gadonya mantep buanget “ komentar salah satu undangan ke gue, bapak bapak, orangnya rapi banget pake batik
“ masak sech pak? “
“ iya. Boleh nambah ngga? “
Idih modus, muji muji ternyata ada maunya, gue Cuma mesem doang
“ boleh kok pak “
“ makasih ya mas “
“ iya sama sama “

Setelah semua undangan bersalaman dengan pengantinnya hiburan live music di mulai, panggungnya tertata rapi di sudut ruangan tepat di samping pelaminan.  Lagu yang di nyanyikan keren keren, pertama lagu indonesia, kedua lagu bule, ketiga lagu indo lagi, pas lagu keempat tiba tiba penyanyi top afghan muncul. Ia menyanyikan lagu hits-nya dengan merdu, para undangan langsung heboh. Menurut pegawai catering yang tadi ngobrol ama gue yang punya hajatan ini tuh bos-nya bea dan cukai, makanya bisa ngedatengin afghan buat meriahin.  Gue sebenarnya pingin menikmati penampilan ntu artis tapi kerjaan gue bener bener ribet dan ngga bisa di sambi, terpaksa deh gue hanya bisa ngedenger suaranya aja. Para undangan saling berkerumun di depan panggung sambil merekam sang artis. Pas pengantin prianya duet ama afghan undangan makin heboh, ada yang teriak teriak, ada yang suit suit dan lain sebagainya. Sedang gue masih di sini dan masih berjibaku dengan gado gado hahaha.

Jam dinding menunjukkan pukul 12:00 wib, suasana makin rame aja, ternyata casual di catering kawinan enak juga yach,  bisa makan puas, ada hiburan musiknya dan bisa becanda canda pula, besok besok nyari yang kayak gini lagi deh di office. Kalau di resto atau hotel paling paling ngejogrok terus di kitchen ampe pegel pegel, belum lagi  aura panas gara gara kompor dan bala tentaranya, udah gitu kalau pertner kerjanya bawel dan songong pasti bikin gondong dan gedeg hahahaha. Ternyata kerja di indutri kayak gini ngga seindah yang gue bayangin, banyak problematikanya. Tapi  kalau misalnya gue kerja di bidang lain pasti masalahnya juga ada aja, tapi itu semua balik lagi ke kita, tergantung bagaimana kita menyikapinya ya nggak?. Kalau setuju ntar gue kasih gado gado satu porsi. Hahahaha, emangnya yang bisa melakukan suap menyuap pejabat terhormat aja, gue juga bisa kali, walupun pake gado gado doang. Hahaha dasar orang gila.

Tepat pukul 14:30 wib acara selesai. Tamu tamu udah pulang dan gedung ini berubah sepi.  Yang ada hanya petugas catering, keluarga mempelai,  petugas dekor dan karyawan gedung. Semua barang barang kotor seperti gelas, sendok, piring dan lain sebagainya udah rapi masuk truk. Sekarang  gue lagi ngeberesin tenda tempat gado gado, kain penutupnya gue lipat rapi, gado gado yang ngga habis beserta saus kacangnya gue bungkusin dalam plastik untuk di serahkan ke tuan rumah. Setelah section gue beres gue bantuin andrew ama fani di tenda soto mie, peralatannya lebih banyak ketimbang tenda gue, makanya agak lama
“ ran, lu baik baik aja kan? “ tanya andrew dengan raut muka cemas
“ baik, emang kenapa? “
“ ngga kenapa napa “
“ aneh deh. Tumben lu nanya bagituan “
“ emang ngga boleh? “
“ boleh. Oh yach, yang dari tadi dua dua-an seneng banget nech roman romannya, ihir “
“ apaan sech lu ran “
Gue godain kayak gitu muka andrew ama fani langsung bersemu merah. Malu malu najis
“ jadiin aja deh fan, ntar gue yang jadi penghulunya, mau nggak?, mumpung pelaminannya belum di bongkar tuh “
“ ranco bisa aja “ fani-nya senyum, manis bnaget. Duh, nech cewek kece juga ye, kalau gue ngga punya intan udah gue sikat nech anak. Andrew emang PA, ngga bisa nglihat barang bening. Ngomongin masalah intan tiba tiba gue inget dia, dia kan kuliah di malang, gue sms aja deh biar datang kesini, kan lumayan bisa lihat mukanya walau sekejap. Handphone langsung gue keluarin dari dalam saku, tapi begitu gue mau ngetik pandangan gue menabrak ke arah pelaminan. Pelaminan ama tenda soto mie deket banget, lima meter, di pelaminan kedua mempelai nampak serius berbincang bincang dengan beberapa kawannya. Pengantin cowoknya gue ngga kenal, tapi pengantin ceweknya gue kenal, dia tuh ngga asing di kehidupan gue, deket banget. Oh god, ini ngga mungkin terjadi, gue langsung beranjak menghampiri pelaminan. Langkah gue lemes banget, kaki ini seperti tak bertulang
“ ranco lu mau kemana? “ pertanyaan andrew ngga gue gubris, gue terus melangkah menuju pelaminan, pantes si andrew nanya apa gue baik baik aja, ternyata ini penyebabnya. Langkah gue terus menapak mengukir jejak, rasanya lemes banget, gue seperti ngga punya tenaga dan bingung harus bagaimana. Satu langkah telah terlewat, dua langkah tertinggal di belakang, tiga langkah makin menjauh, dan tak lama kemudian gue udah nyampe di pelaminan, gue udah berada di depan mempelai berdua, dan gue ngga percaya kalau gue bener bener kenal dengan pengantin ceweknya. Iya, gue yakin, dia adalah orang yang selama ini sangat berarti buat gue. Sejenak gue pegang bahunya perlahan lalu gue sebut namanya lirih
“ intan “
Dia pun menoleh. Oh god, ini ngga mungkin terjadi, pengantin wanita di depan gue benr bener intan
“ ranco, ngap... . .ppp ./ ngapain kakkkk k k k ... kkk ... kkamu di sini? “
“ intan, ini benar lu? “
Gue sock, terkejut, dan bingung, intan pun sama aja, ia gelagapan kayak maling ketangkap basah.
“ ranco . . . .rr . . ..  . “
“ intan, ini bukan lu kan tan? “
“ ranco “
Intan hanya ngasih jawaban dengan satu kata
“ intan “
Gue ngga mau pikir panjang lagi,  gue langsung lari kenceng ninggalin ruangan ini. Anjiiiiiing, kenapa jadi kayak gini.

Andrew
Gue ngga nyangka ranco bisa berubah drastis gara gara intan kawin ama orang lain, rapuh, lemes, ngga bertenaga, dan kerjaannya diem mulu kayak orang habis kesambet.  Sejak acara casual di malang kemarin ranco berubah 180 derjat.  Dari yang awalnya rame dan riang kayak petasan, sekarang jadi ngga punya taji kayak krupuk kesiram air. Mlempem. Ranco bener bener drop. Ranco pernah cerita kalau ia sama intan udah berencana untuk membawa hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius. Tapi itu ntar kalau mereka berdua udah lulus kuliah, udah kerja, udah mapan, dan udah siap lahir bathin. Tapi kenyataannya ma’ – pus , angan angan ngga sesuai dengan yang di harapkan. Gue ngga habis pikir ntu cewek tega banget nglakuin hal kayak gini, intan emang ngga punya hati, tapi eits, tunggu dulu.  Gue juga ngga boleh nyalahin intan mentah mentah, siapa tahu dia punya alasan lain melakukan hal ini. Tauk deh. Cinta emang bikin pusing.

Pukul 22:00 wib. Ranco masih ngedekem di kamar dengan kondisi mengenaskan, bantal guling di peluk erat erat, pandangan mata kosong jauh ke depan. Gue kasihan nglihat dia kayak gini. Gue juga pernah ngalamin kayak gitu, yaitu pas nadia mati.
“ ran makan dulu ran “
Ini udah ke-33 kali gue nawarin dia makan, tapi dia diem aja dan ngga nge-gubris
“ ran, lu dari tadi pagi ngga makan. Ntar sakit lho, gue beliin yach?, lu mau apa? “
ranco menggeleng lemah. Wajahnya kuyu mayu, matanya pun mulai berkantung.
“ udahlah ran ngga usah di pikir, mungkin intan bukan jodoh lu “
“ lu ngomong enak, yang ngrasain gue “
Sumpah, gue seneng banget ngedenger ranco akhirnya ngomong,  soalnya dari tadi diem doang, takutnya gue tuh ntar dia jadi bisu gara gara di tinggal intan kawin, ternyata enggak, hahaha. Gue ber-statement kayak gitu sah sah aja dong. Soalnya di dunia ini apa aja bisa terjadi.
“ gue tahu, tapi ngga harus kayak gini juga dong ran “
Ranco diem lagi ngga nagsih jawaban.
“ ini udah jam sepuluh, lu ngga makan?. ntar sakit lho “
“ biarin “
“ jangan ngomong gitu ah. Lu mau apa, siomay?, pangsit?, nasi goreng?, bilang aja, ntar gue beliin “
“ males “
“ di depan ada abang abang cap cay favorit lu tuh, gue beliin yach, ntar keburu pergi “
Ranco kembali tak bersuara, persis anak authis yang sangat nyaman dengan khayalannya sendiri.
“ ranco, makan dong ran “
Gue ngga tahu musti pake cara apa lagi agar ranco bisa balik kayak dulu. Mungkin saat ini dia pingin kayak gini dulu, ya udah deh ran, lu mau apa terserah lu, gue ikut aja.
“ gue ke depan nonton tv, kalu lu butuh apa apa panggil aja “
Setelah itu pantat gue angkat, kaki gue gerakin, dan siap melangkah meninggalkan peraduan. Tapi tiba tiba ranco menggenggam tangan gue dan menyeretnya hingga pantat gue jatuh lagi di kasur. Kepalanya di sandarin ke bahu gue dan nangis kenceng
“ gguuue ttu hiks hiks hik . . . ccc cinta hikshiks banget ama hiks hiks iii hiks hik intan “
Suara ranco timbul tenggelam dalam tangisan menyakitkan. Gue langsung memeluk tubuhnya erat erat untuk memberikan kekuatan.
“ hiks hiks hik kkkknapa hiks hiks ddia nglakuin hiks hiks kayak gini “
“ sabar, mungkin intan punya alasan lain nglakuin hal kayak gini “
Gue ngga pernah nyangka ternyata ranco secengeng ini. Ngga heran kalau dia adalah seseroang dengan kepribadian melankolis phlegmatis. Inilah buktinya. Kelihatannya dia ceria, rame, suka becanda, dan cengengesan. Tapi itu hanya persentase kecil dari sisi lain ranco yang terlihat rame di depan mata, tapi di belakang mata ia benar benar lemah, cengeng, dan emosional, gue harus nemenin dia melewati hal sulit ini.

Ranco
“ ranco bangun, udah siang nech. Mandi dulu gih biar seger “
“ males “
Pagi hari dateng lagi. Sejenak gue lihat jam dinding, pukul 10:00 wib. Hari ini bagi gue bener bener sengak, gue males mau ngapa ngapain.
“ lu udah dua hari ngga mandi “
“ males “
“ ya udah. Makan yach, tadi gue udah beli-in omlete ama martabak “
“ males “
Kalau gue itung ini adalah bujukannya yang ke-66, tapi gak mempan. Gue udah dua hari ngga makan dan ngga mandi, gue males banget, dan anehnya gue kuat.
INTAN
Gue jadi inget dia lagi. Oh god, kenapa sech dia kawin sama orang lain, kita berdua kan udah janji bakalan nikah, ntar punya dua anak, cewek cowok, kalau cowok mirip intan, kalau cewek mirip gue,  habis itu bikin rumah yang mungil enam kali enam meter, dua lantai, di ruang tamu bakal di pajang foto keluarga dan foto orang tua. Tapi itu semua hanya angan angan doang. Brengsek, anjing, lu jahat banget tan, lu tuh cewek paling bajingan yang pernah gue kenal, gue tuh cinta ama lu, kenapa sech lu nglakuin hal kayak gini? lu ngga percaya ama gue. Intan brengsek, intan anjing. Taik lu tan. Aaarrrggghhh, gue pingin marah, tapi ngga tahu mau marah ama siapa, gue pingin teriak, tapi malu, dan itu gue lakuin dalam hati saja AAAAARRRRGGGGHHHH TAIIIIKKKKK. Kalau ceritanya kayak gini bisa gila gue.
“ ranco, makan dong ran, gue suapin yach? “
“ males “
“ lu kok jadi kayak gini sech? “
Gue ngga pernah ngebayang kalau casual kemarin itu acara kawinannya intan, kalau tahu kayak gitu mending gue ngga ikut.  Menurut orang orang pegawai catering yang punya hajatan tuh bos bea dan cukai. Tajir banget pastinya. Pantes intan lebih milih laki laki itu daripada gue. Brengsek, keparat. Andai waktu bisa terulang gue pasti ngga akan mau kenal dengan perempuan yang namanya intan. Bikin sakit hati doang
“ keluar yuk ran nyari angin segar. Tadi di balai kota ada bazar ama konser musik, kesana yuk “
“ males “
“ lu sampai kapan kayak gini, yang udah biar aja, toh cewek masih banyak “
Kata kata andrew emang bener. Tapi gue masih sakit. Hiks hiks hiks hiks hiks.

Andrew
Ranco masih terpuruk di kamar dengan kondisi yang sama. Lemes, males, dan ngga mau ngapa ngapain. Ini udah hari ketiga, tapi tadi udah mau makan walaupun sedikit. Syukurlah, gue agak agak seneng.
“ ntar malem lu masuk kuliah gak? “
“ kuliah lah “
“ lu gak apapa kan? “
“ kenapa napa lah “
Ntar malem tuh praktek dim sum, ranco favorit banget ama pelajaran ini, apalagi ama gurunya. Kata dia tuh pak cokro adalah dosen yang bisa jadi teman dan guru, persis kayak bu legowo, guru PSP. Ranco selalu semangat dan antusias kalau pelajaran dim sum berlangsung. Moga moga aja bisa ngilangin sedih sesalnya. Amin.
“ kelas praktek tinggal beberapa hari lagi. Ntar pas liburan anak anak mau ngajak having fun, lu maunya di mana, ada ide gak? “
“ ke bali “
“ gila lu “
“ kira kira anak anak pada mau ngga yach? “
“ kesana mau naik apa, tinggalnya dimana, makannya gimana? “
“ itu mah gampang, kalau ada gue pasti beres. Bisa di atur ndrew “
“ cius?, ntar boongl agi “
“ cius banget “
Intonasi kata kata ranco mulai mengalami perubahan, sedikit ceria, agak berapi api, dan mulai seperti dulu lagi. Peningkatan dikit lah.  Semoga menjadi awal yang baik.
“ hai anak anak “
Tiba tiba ibu muncul dari arah pintu, baru datang dari makasar, di tangannya ada bungkusan lumayan banyak, pasti oleh oleh.
“ ibu udah dateng “
“ nech, ibu bawain sesuatu buat kalian, ibu taruh di meja belajar ya “
“ iya bu “
Ibu segera menghampiri ranco dan memeluk bahunya hangat
“ ranco sehat kan? “ tanya ibu sedikit cemas. Ibu udah tahu kalau intan kawin sama orang lain. Kemarin gue telfon dan cerita banyak.
“ lagi kena penyakit gila stadium akut tante, habis ini pasti bakal di masukin ke RSJ Menur “
“ busyet, ngeri amat penyakitnya heheh “
Tak lama kemudian om lee datang menyusul, sebatang rokok terhisap manis di mulutnya, walupun umurnya udah kepala empat, om lee masih kelihatan cakep. Apa mungkin orang ini bakal jadi bapak baru gue?. Entahlah, biar waktu yang menjawab.
“ hai andew, ranco “
“ hai om, dari mana? “
“ beli rokok di warung depan “
Om lee sudah lima tahun tinggal di negri ini, jadi ia fasih berbahasa indonesia, tapi terdengar lucu karena terkontaminasi dengan dialeg korea
“ ibu ama om lee langsung balik ke kantor yach, ada urusan penting, tadi tuh ibu kangen banget ama kalian berdua, makanya ke rumah dulu “
“ iya deh sana. Kayaknya lagi happy nech dua duaan mulu “ goda gue ngga pake sungkan sungkan
“ kamu apaan sech? “ balas ibu malu malu
“ besok malem kalian berdua ada acara nggak? “ kali ini giliran om lee angkat suara
“ engga om, emang kenapa? “
“ saya pingin hang out sama kalian berdua, saya pingin ngomong masalah laki laki. Bisa kan ran, drew? “
“ boleh “
“ aku ngga di ajak nech “ protes ibu sedikit manja. Ganjen.
“ enggak lah, andrew, ranco ama om lee mau ngomongin masalah cowok, cewek ngga boleh ikut “
“ betul “ timpal om lee pro ke gue
“ ya udahlah kalau begitu “
Ranco masih diem aja dengan kesedihannya, gue dan yang lain bisa maklum.

Ranco
Gue harus nglupain intan, mungkin benar kata andrew, intan bukan jodoh gue, di luar sana masih banyak cewek lain, gua harus nyari lagi, gue ngga boleh selamanya kayak gini, the show must go on, hidup harus berlanjut. Kalau gue terus terusan begini yang rugi gue sendiri, bukan orang lain.

Satu, dua, tiga. Bangun ranco, semangat. Gue langsung bernajak dari kasur, merapikan sprei, bantal, guling, dan selimut, lalu masuk kamar mandi. Di ruang tv andrew nampak asyik nonton sebuah acara, tante kenny di kantor. Di kamar mandi baju gue lepas, celana gue turunin, celana dalam gue buang ke mesin cuci dan byur byur byur. Bbbrrrrmmmmm dingin bnaget, tapi seger. Setelah itu sikat gigi, pake sabun, pake sampo, dan guyur lagi dengan air, semangat baru datang tiba tiba, semua masalah rasanya hilang, bener kata andrew, mungkin intan punya alasan lain kawin sama orang lain. Ah udahlah ngga usah di bahas, yang penting sekarang ini gue punya semangat baru dan happy. Hidup sekali jangan di buat ribet man.

Mandi kelar langsung masuk kamar, ganti baju, pake parfum, sisiran, dan ngaca di depan cermin, gue udah ganteng lagi hehehe. Hari ini andrew masak apa yach, perut gue laper banget nech, dari tadi keroncongan. Tanpa basa basi langsung gue samperin si andrew
“ ndrew, lu masak gak hari ini?. Gue laper banget ndrew “ tanya gue begitu udah ada di hadapannya
“ ranco “
Andrew ternganga lihat keadaan gue yang kayak gini. Kayak nglihat sebuah keajaiban gituloh hahaha
“ gue ngga masak ran, lu mau apa, ntar gue beliin “ andrew tergopoh gopoh kayak orang di kejar anjing
“ lu ngga usah repot repot, kalau lu ngga masak ya udah, gue bisa masak sendiri “
“ bukan gitu ran “
“ ah udahlah. Lebih baik lu duduk manis di sini nonton tv, gue bisa ngeladenin diri gue sendiri. Lu kira gue anak kecil “
“ terserah lu deh, tapi lu baik baik aja kan? “
“ ngga. Gue lagi sakit gila “
“ ngaco aja lu “
Gue langsung beranjak ke dapur, di lemari es ada sayur, telur, tahu, dan sosis, kalau di lemari dapur ada kopi, mi instan, gula dan teh. Gue tahu nech mau masak apa, mi goreng aja deh.

Andrew
Gue seneng akhirnya ranco balik kayak dulu lagi, tapi kampret, semua makanan yang ada di dapur di habisin, gue ngga di sisain sama sekali
“ lu kalau makan ngga inget ye ama gue. Lihatin aja ntar, mati jalan sendiri lu ke kuburan “  protes gue kesel
“ lu kalau ngomong ngeri amat sech ndrew “
“ habisnya lu ngga kira kira “
“ hehehe “
“ dih, malah ketawa “
Tapi ya baguslah kalau begini, daripada kayak kemarin kemarin, bikin gue pusing.

Malam harinya om lee ngajak kita keluar, kita muter muter keliling surabaya. Nonton bioskop, nongkrong di cafe, dan ngobrolin banyak hal. Om lee orangnya asyik banget, enak di ajak diskusi dan kebapakan. Om lee juga sendirian sama kayak ibu, istrinya menginggal dua tahun lalu karena kanker payudara. Anaknya sekarang kuliah di seoul. Cewek. Sepantaran ama gue. Namanya lee ming ceun, gue udah tahu orangnya lewat facebook, cantik banget, mirip om lee. Kita udah berteman, tapi sayang  dia ngga bahasa indonesia, dan gue ngga bisa bahasa korea. Jadi ngga pernah komunikasi.
“ tumben deh om lee ngajak kita keluar, pasti ada maunya kan? “ tutur ranco ceplas ceplos, nech anak emang ngga punya tata krama, dasar jambrong kegencet pintu. Sekarang kita bertiga di dalam mobil om lee. On the way pulang ke rumah
“ emang iya “ jawab om lee enteng
“ dasar modus. Om lee nglakuin ini biar ranco ama andrew setuju ama hubungan om dan tante kan? “
“ all right “
“ ngga semudah itu om, ada syaratnya “
“ ranco, lu apaan sech, ngga enak bego “ protes gue pada akhirnya
“ udah lu diem aja, ini tuh prospek cerah, sayang kalau di lewatin “
“ om lee sorry yach, ranco emang kayak gini anaknya, nggga punya aturan, padahal ibu bapaknya baik banget lho. Sayang ngga nurun ke anaknya “
“ its oke ndrew, kamu tenang aja. Om tuh pingin kenal lebih dekat ama kalian berdua. Ngga lucu dong kalau ama calon anak dan calon ponakan canggung “
“ emang om lee mau nikah ama ibu? “
“ iya, secepatnya “
“ ngga semudah itu om, syaratnya berat. Enak aja ngawinin tante gue ngga pake tetek bengek “
“ idih, lu apaan sech ran, gila lu ye “
“ lu diem aja deh ndrew. Lu bawel ye kayak emak emak “
“ syaratnya apa ranco? “
“ idih, malah nantangin. Om lee ngga bakalan bisa deh “
“ emang apa sech “
Ranco bener bener gila, gue lebih baik diem aja deh, kalau gue ngomong pasti di mentahin ama ranco, toh sepertinya om lee asyik asyik aja di kerjain ranco, heheh biar lebih deket.
“ bentar lagi kan liburan. Ranco ama temen temen mau ke bali. Kita mau refreshing di sana om “
“ terus “
“ om lee harus jadi sponsor “
“ maksudnya? “
“ idih, om lee cakep cakep bego juga ye. Om lee tuh harus bayarin semua keperluan kita di sana, baru bisa kawin ama tante kenny “
Dasar borokokok, ranco bener bener gila, kalau ada staples udah gue jepret mulutnya. Nech anak emang brengsek ye.
“ hhmmmm gimana yach? “
Om lee mikir mikir dan gue ketar ketir
“ gimana om, kalau ngga mau, om ngga boleh kawin ama tante kenny, titik, dan ini ngga bisa di ganggu gugat “
“ boleh “
“ serius om? “
“ kalian mau berapa hari di sana? “
“ dua hari dua malam “
“ ngga kurang “
“ dih, nantangin “
“ ntar nyesel lho “
“ dua hari dua malam aja deh om “
“ oke. Om udah ngabulin permintaan kamu, jadi om bisa nikah kan ama tante kamu? “
“ sekarang aja, ntar biar ranco yang jadi penghulunya “
“ hahaha, ngaco aja kamu “
Setelah itu om lee bercerita kalau di bali sana ia punya villa dan restoran di nusa dua, villa-nya deket kampus STP, dan restorannya-nya di daerah BTDC. Di sana nanti kita bisa main main sepuasnya, gratis tis tis tis. Duh senengnya, udah ngga sabar neh nungguin liburan. Ranco emang paling bisa kalau urusan kayak gini, dasar borokokok.

Mobil terus melaju membelah malam, keceptan 60 km/jam, lumayan kenceng, jalanan agak sepi. Beberapa waktu kemudian kita udah nyampe di depan rumah, kita segera turun dari mobil
“ om lee ngga mampir? “ seru gue menawari
“ engga deh, tanks. Om langsung aja yach? “
“ oke om “
“ salam buat ibu “
Om lee segera narik gas, tapi sebelum pergi ranco berkata
“ di bali dua hari dua malem ye om, jangan lupa. Kalau lupa, batal kawin ama tante kenny “
“ sip “
Dasar ranco gila. Di kejauhan pintu rumah terbuka lebar, sepertinya ada tamu.

Ranco
Ini gila, bener bener gila, di saat gue pingin nglupain intan dia malah muncul di depan mata, tamu yang dateng adalah intan dan sedang bincang bincang ama tante kenny
“ intan, ngapain lu di sini “
“ ranco “
Gue mau kabur masuk kamar, tapi intan keburu mencegah dan ngedudukin gue di kursi
“ aku mau ngomong sama kamu ran “
“ udah ngga ada yang di omongin tan. Lu udah milih dia daripada gue “
Tante kenny dan andrew segera beralih ke ruang tv, mereka ingin ngebiarin gue berdua aja ama intan
“ tapi ranco, ini tuh . . ..  “
“ alah, lu milih dia karena lebih kaya dari gue kan? “
“ terserah kamu mau ngomong apa “
“ bangke lu “
“ aku tuh masih cinta kamu ranco “
“ taik lu tan “
“ aku di perkosa ama suamiku, dan sekarang aku hamil anaknya ranco “
“ APA “
“ iya “
Intan langsung nangis di pundak gue, gue bener bener kaget
“ jadi? “
“ iya ranco, aku ngga punya pilihan lain, kalau aku masih sama kamu sama aja nyakitin kamu “
Gue udah ngga bisa berkata kata lagi
“ intan maafin gue “
Laki laki itu emang bajingan, tapi mau bagaimana pun dia sekarang sudah jadi suami intan sekaligus calon baopak dari janin yang di kandung intan. Ini bener bener aneh
“ intan “
“ ranco “

Andrew
Bagai petir yang menyambar di siang bolong, pengakuan intan bener bener mengejutkan. Walaupun gue dan ibu di ruang tv, tapi obrolan intan dan ranco bisa kedengeran dengan jelas, karena jaraknya deket banget kepisah dinding. Gue ngge pernah nyangka yang di alamin intan tragis bnaget, pantesan waktu terakhir kali di ajak kerumah intan nampak gendut, ternyata dia hamil. Ibu bapaknya pasti nangis darah begitu tahu anaknya kayak gitu, padahal setahu gue mereka tuh menggadang gadang ranco sebagai mantunya. Ternyata tuhan berkata lain, jodoh intan bukan ranco, tapi anaknya bos bea dan cukai
“ ndrew “ ibu berbisik lirih di telinga gue
“ iya bu “
“ kasihan ya intan “
“ iya “
Waktu terkahir kali di ajak ke rumah, gue udah ngerasa ada yang berubah dalam diri intan, jadi pendiam, pandangan matanya ngga fokus, dan kalau di ajak ngomong sering ngga nyambung. Padahal biasanya rame, ceria, dan ngga bisa diem. Ternyata ini penyebabnya. Percakpaan antara ranco dan intan masih terus berlangsung, makin lama makin menyedihkan, dua duanya sama sama nangis, gue kasihan ngelihatnya. Intan intan, luk kok bisa sech di perkosa ama orang lain.
“ ndrew bikinin teh gih si intan, biar agak tenang “
“ ibu aja deh. Andrew ngga enak nech “
“ kamu gimana sech di suruh balik nyuruh “
“ ibu aja deh “
“ dasar “
Jam  dinding menunjukkan pukul 22:00 wib, udah malem, tapi si ranco ama intan masih serius dengan perbincangannya, gue masuk kamar aja ah, mata udah ngantuk banget nech, ntar kalau lama lama di sini bisa ikutan nangis gue.

Ranco
Setelah kawin, intan ama lakinya di boyong ke australia, lakinya gawe di sono, sedangkan kuliah intan di informatika terpaksa mandeg. Ah udahlah ngga usah nge-bahas intan lagi, ntar gue nangis nech heheh.
Dasar cengeng. Gimana ngga cengeng, intan tuh soulmate forever gue, hidup bareng bareng mati sendiri sendiri.

Gue dan andrew sekarang statusnya sama. Jomblo. So, nyari lagi.

Andrew
Huffhh, ritual di kampus bentar lagi kelar, habis itu on the job training. Gue dan ranco udah dapet di restoran di jakarta. Bintang lima gituloh, pasti bakalan seru, gue di situ sebenarnya kerja tapi sekalian buat OJT. Ntar tinggal bikin laporan, di kasih ke kampus, lulus deh.

Sekarang ujian dim-sum, gue bikin siomay dan lumpia. Kalau praktek, semua bahan di siapkan kampus, tapi kalau ujian bahan beli sendiri. Jadi lumayan ribet nyarinya, tapi seneng kok hehehe. Selain di tuntut untuk membuat masakan, mahasiswa juga di haruskan membuat catatan food cost, untung gue udah tahu caranya, coba kalau nggak, bisa berabe.

Ranco
Hari kedua ujiannya japanesee food, kalau ujian ini sitemnya tidak sendiri sendiri, tapi kelompok, satu kelompok tiga orang, gue jadi satu ama andrew dan perempuan paling cantik di kelas gue, stefy. Ya iyalah dia paling cantik, ceweknya dia doang.

Menurut gue masakan jepang tuh lebih ribet ketimbang dim-sum, rasanya pun aneh di lidah, over all gue tetep enjoy dengan pelajaran ini, because gurunya asyik.

Andrew
Hari terakhir ujian food product, ini adalah pelajaran inti. Di ujian teori kemarin nilai gue ama ranco menyedihkan, tapi untuk kali ini gue berharap bisa menggemberikan. Amin. Untuk ujian food product dosen mengharuskan kita membuat tiga menu. Appatizer, main course, dan dessert. Untuk appatizer gue bikin sup jagung manis, maincourse bikin spaghetti aglio olio, dan dessert es palu butung. Ketiganya adalah menu yang sangat simpel. Kalau nilai gue masih amsiong ya udahlah, mau di gimana’in lagi, udah gitu dosennya pelit nilai pula, pasrah aja deh hahaha.  Ujian belum di mulai, dosennya masih di office ngurusin absensi, anak anak asyik ngobrol.
“ ndrew, gimana acara ke bali, jadi nggak? “
“ jadi dong, ntar di sana nginep di villa om gue “
“ trus kesana-nya naik apa? “
“ waduh gue lupa, kemarin om gue nawarin villa ama makan doang. Traspotrtnya kagak. Trus gimana dong? “
“ payah kamu ndrew, ngga asyik “
“ kok nyalahin gue, tuh salahin ranco, orang dia yang minta ke om lee “
“ gimana nech ran? “ protes anak anak beralih ke ranco
“ lu semua heboh ye. Ribet. Naik sepeda motor lah, susah amat “
“ gila lu ran “
“ sekalian touring, kalau naik travel atau bus udah biasa, kalau motoran kan keren, biar ada kenangannya “
“ ah, ngga asyik “
“ kalau ngga mau ya udah, acara ke bali batal “
“ iya deh, ide kamu keren juga ran, kalau naik motor juga ngirit ongkos. Stevy, kamu ikut nggak? “ pertanyaan di alihkan ke perempuan paling cantik di kelas gue
“ ngajak pacar boleh nggak, kalau ngga boleh aku ngga ikut “
“ iya deh. Jadi deal ye kita ke bali sepeda motoran? “
“ siapa takut “
Anak anak setuju ama rencana gila ranco. Tapi  it’s oke lah, kayaknya seru
“ ntar kalau di jalan capek kita istirahat. Bisa di masjid, bisa di warung, dan lainnya “
“ oke “
BALI IM COMING.

Ranco
“ kalian jadi ke bali? “
“ jadi tante. Tante ama om lee ngga ikutan? “
“ kerjaan masih numpuk ranco, ntar kalau udah kelar kita nyusul deh “
“ awas ye bu kalau macem macem selama kita di bali “
“ ih, apaan sech kamu. Negatif thinking mulu sama ibu “
“ kali kali aja mumpung ngga ada kita “
“ emang ibu seburuk itu yach? “
“ engak “
“ dasar “

Andrew
Perjalanan surabaya bali membutuhkan waktu 20 jam, itu kalau cepet, kalau lama bisa nyampe 24 jam. Sekarang anak anak pada ngumpul di rumah. Total ada 16 anak, motor yang di pake 12 buah. Ada yang boncengan dan ada yang kagak. Gue ama ranco sebenarnya pingin boncengan. Tapi setelah di pertimbangkan matang matang hal itu tak patut untuk di lakukan, karena kalau naik sendiri sendiri lebih leluasa dan lebih nyaman di jalanan, hehehe. Sebelum berangkat ibu udah nyiapin sarapan buat kita semua, telur goreng sama nasi kuning, sayurnya sambel goreng tahu tyempe, enak banget. Setelah perut kenyang langsung berangkat, sebalumnya pamitan dulu ama ibu
“ kita bernagkat dulu ya tante “
“ oke anak anak, hati hati di jalan “


Gunung Ranti 2.601 MDPL - hiking with PGJ (pendaki gunung jember)

puncak ranti 2.601 mdpl Gunung ranti adalah pendakian ketiga gue setelah semeru dan ijen, kali ini benar benar istimewa, karena ram...