Selasa, 20 Desember 2011

cerpen " TRAGIS "


TRAGIS
Dua orang penyelidik terus memandanginya dengan tatapan tajam. Dita menunduk lemah, wajahnya kuyu dan tubuhnya hanya diam. Ia tahu ia salah, ia lah yang melakukan pembunuhan itu, maka dari itu dita diam dan tak bereaksi apa pun.
“ kalian berdua sahabat karib, akrab, seperti prangko dengan amplop. Nina juga sering membantu kamu kalau kamu kehabisan uang. Tapi kenapa kamu membunuhnya? “ Tanya penyelidik tajam, nada suaranya terdengar mengerikan. Tapi dita tak gentar. Ia sering mendapat kata kata tajam lebih dari ini, lebih parah malah dan lebih tidak manusiawi. Itu semua dari nina
“ kami memang akrab. Tapi pemandangan di depan tak seindah aslinya. Di antara kami menyimpan api dalam sekam. Api itu kini sudah berkobar dan meluluh lantakkan semuanya “
“ maksudmu? “
“ nina itu tak sebaik yang bapak kira “
“ aku tahu, dia pasti sering menyakitimu “
“ benar. Mulutnya lebih tajam dari samurai. Setiap hari terus di gunakan untuk menyerangku. Aku sudah tidak kuat menahannya. Maka dari itu dia ku bunuh “
“ kau benar benar sadis “
“ saya tak perduli wesweswes . . . . . . blablablba  . . . . . . . blablbalb . . .,askhdfgvqytvlciwy . . . . . . . “ setelah itu dita langsung menceritakan bagaimana hubunganya selama ini dengan nina. Termasuk intrik, konflik, konfrontasi, dan penyebab ia membunuhnya.

“ nina “
“ apa dita? “
“ udah tanggal lima nech, aku belum bayar kost. Talangin dulu yach, kiriman dari ibu belum datang “
“ kamu itu ngutang terus ngga malu yach. Aku udah capek ngucurin dana buat kamu. Sampai detik ini total hutangmu 2.222.750 rupiah. Kapan kamu bayar?, jangan nambah terus dong “
“ please nina “
“ oke, tapi ini yang terakhir.  Tiga tahun satu kamar sama kamu sengsara aku, ngga ada seneng senengnya “
“ maaf “
Begitulah nina. Tajam, sadis, ngga berperasaan, dan ngomongnya seenak perut. Aku dan dia sudah tiga tahun ngekos bareng dengan satu kamar. Kita sama sama kuliah di universitas ternama dengan fakultas yang sama pula. Pertama kenal dia yaitu pas ospek mahasiswa, awalnya dia baik banget, suka ngasih ini, ngasih itu dan lain sebagainya. Pokoknya baik lah
“ dita, bajuku udah kotor semua tuh. Yang batik merah cepetan di cuci dan di setrika. Besok mau ku pake ke kawinannya bu dona. Dosen kimia “
“ iya “
“ jangan iya iya aja. Cepet di kerjain. Lelet banget sech kamu “
“ sabar “
“ sabar sabar. Kamu udah sering aku bantuin yach, sekarang giliran kamu bantuin aku “
“ iya “
PAMRIH. Begitulah sifat nina. Bagi dia aku ini adalah pembantunya yang bisa di suruh ini dan itu. Pertama kali melihat nina walaupun orangnya baik, aku menemukan hal yang aneh di tatapan matanya. Sebuah pertemuan pertama yang tak baik. Aku merasa ada hal hal negative dari dalam dirinya, dan itu sudah terbukti saat ini. Tiga tahun lalu saat dia ngajak aku kost bareng sebenarnya aku menolak, tapi Karena dia maksa dan merayu aku pun luluh.

Detik ini pukul 06:30 wib. Nina sedang sibuk ngerjain tugas di laptop. Dia serius banget. Anggota dpr aja kalah
“ dita, habis nyuci beli sarapan dong “
“ sarapan apaan? “
“ nasi pecel di pojok kampus “
“ iya. Eh, warungnya tutup. Yang lagi  bepergian “
“ kalau gitu beli di simpang tiga aja. Di sana pecelnya enak “
“ kejauhan. Kan di sini juga banyak. Toh rasanya sama saja “
“ ngga usah bantah, turutin aja susah amat sech. Aku tuh udah sering bantuin kamu, sekarang gantian kamu bantuin aku “
“ iya iya “
KERAS KEPALA. Itu juga salah satu sifatnya. Kalau dia pingin A harus A. ngga bisa di tolerir dan harus cepet di turutin, dia egois banget dan semaunya sendiri. Mungkin karena main-set ortunya yang sejak kecil selalu di manjakan. Apa apa di turutin dan semua kemauan di jabanin. Kalau boleh jujur aku gedeg banget sama nina. Bibirnya, tingkah lakunya, dan perlakuannya ngga ada baik baiknya. Aku nganggep dia 100% teman, tapi dianya ke aku aku ngga tahu.

Pernah suatu hari kampus mengadakan acara penggalangan dana di alun alun kota. Seluruh mahasiswa di kerahkan. Nina menjadi coordinator dan paling sibuk di antara yang lainnya. Begitu acara selesai dia mengeluh kelelahan kepadaku
“ aduh rasanya pegel banget. pijitin dong “
“ aku juga capek nina. Aku ngga bisa “
“ kamu gitu yach, aku tuh sering bantuin kamu, sekarang giliranmu dong bantuin aku “
“ iya iya. Sini “
Nina langsung mendekat dan langsung ku pijiti
“ enak banget pijitanmu. Mantep sekali “
Sontoloyo. Kamu seneng, aku senep. Selama ini bila menolak keinginannya ia selalu mengeluarkan jurus andalannya. aku tuh sering bantuin kamu, sekarang giliranmu dong bantuin aku. Dan aku langsung ter-skak-mat karenanya. Memang sech selama ini dia sering bantuin aku, yang minjemin laptop untuk ngerjain tugas, yang minjemin buku diktat saat aku ngga mampu beli, yang ngasih makanan saat aku kelaparan, yang ngutangin duit saat aku lagi bokek dan lain sebagainya. Kita memang di lahirkan dengan nasib berbeda. Ayah nina seorang pengusaha marmer dengan penghasilan puluhan juta perbulan. Sedangkan ibuku hanya penjual lemper dengan pendapatan satu juta perbulan, itu pun dengan kerja yang sangat keras, sedangkan bapak, kata ibu sudah meninggal saat aku masih bayi. Aku dan nina memang berbeda. Kita dari kelas berbeda dan materi hidup yang berbeda. Tapi yang tak bisa ku terima dia memperlakukan aku dengan sangat berbeda, sepertinya dia itu majikan dan aku buruhnya. Ini benar benar menyedihkan.

Suatu hari aku pernah berbicara serius dengan nina
“ nina, aku mau nanya sama kamu “
“ nanya apa? “
“ sebenarnya kamu nganggep aku apa. Teman?, sahabat?, atau . . . . “
“ pake nanya. Udah jelas lah “
“ maksudmu? “
“ teman. Memang selama ini aku menganggap kamu apa? “
“ enggak . . . . . . . mungkin aku  . .  . . . . . ah, sudahlah ngga usah di bahas “
“ dita, habis ini kamu ke rumah fina yach. Ambilin buku diktatku yang ia pinjem “

Beberapa hari kemudian
“ kamu itu goblok, ngurusin barang kayak gini aja ngga bisa. Kamu makenya gimana sech ampe bisa rusak? “
“ e e e . . . . . . aku ngga sengaja “
“ ngga sengaja ngga sengaja. Ini tuh barang mahal “
Nina uring uringan kesana kemari. Mulutnya juga nyungut nyungut maju ke depan. Baru saja laptopnya aku rusakkan. Kata dia ada yang error dengan hardisknya
“ kalau udah kayak gini gimana coba, mana tugas lagi banyak banyaknya “
Seingatku tadi hanya minjem sebentar untuk nonton film, begitu udah selesai tiba tiba aja bermasalah
“ kena virus kali “
“ viras virus. Virus tuh ngga begini “
Aku yakin itu pasti virus. Tapi aku tak berani membantah. Kalau mau salah salahan sebenarnya aku ngga 100% salah. Nina juga patut di salahkan. Selama ini cara penggunannya tidak sehat. Berpuluh puluh flashdisk ia tancapkan tanpa di scan. Selain itu dalam satu hari ia bisa berpuluh puluh kali menghidup matikan laptop. Mesinnya pasti stress. Sedang aku meminjamnya paling hanya untuk ngetik tugas saja
“ laptop ini hargnya mahal. 11 juta “
“ aku tahu itu “
“ kamu itu kere. Makan aja minta aku. Kamu pasti ngga bisa ganti laptop ini. Bisanya ngrusak doang. Dasar kere “
DEG. Kata kata itu benar benar menusuk jantungku. Ia benar benar sadis, semakin lama nina benar benar semakin tak berperasaan, tapi aku tak berdaya untuk melawannya
“ iya aku salah. Maafkan aku nina “
“ maaf maaf. Gampang banget kamu ngomongnya. Udah, sekarang kamu ke simpang tiga beli pecel “
“ iya “
“ satu bungkus aja. Kamu ngga usah makan “ kata kata nina sangat ketus, tiba tiba air mata jatuh berlinang membasahi pipi. Aku tak pernah menyangka nina sekejam dan sesadis ini.

“ nina, aku pingin pindah kost “
“ kenapa? “
“ tak betah sama kamu “
“ what? “ mata nina terbelalak lebar, ia sedikit tak percaya dengan ucapanku
“ kau jangan gila dita. Kenapa kau tak betah dengannku?. Padahal selama ini kita baik baik saja “
“ itu menurutmu. Selama ini kau sering menyakitiku. Perlakuanmu ke aku ngga ada baik baiknya. Yang ini, yang itu, yang begini, yang begitu, aku sudah muak “
“ no no no, kamu tak boleh pindah dari sini. Kau harus selalu bersamaku “
“ ngga bisa “
“ ingat dita. Utangmu ke aku 2.222.750 rupiah. Lunasi dulu baru pindah dari sini “
“ kau benar benar keterlaluan “
“ bagaimana? “
“ oke. Dengan satu syarat. Ngga ada kata kata kasar, ngga ada nyuruh nyuruh, dan ngga ada bentak bentak “
“ itu lebih dari satu “
“ itu sudah sepaket “
“ oke. Mulai sekarang kalau kamu butuh apa apa, ngga usah minta bantuan aku. Kamu usaha sendiri “
“ oke “.

Setelah peristiwa itu hubunganku dengan nina berubah 180 derajat. Kita saling diam diaman, tidak bertegur sapa dan asyik dengan dunia masing masing. Bagiku nina hanya seperti mayat hidup yang menemani di kost kostan. Biarlah, dengan seperti ini tiap hari tidak akan makan hati.

Keesokan harinya di kampus
“ nina cerita padaku katanya kamu menyebalkan, udah miskin songong pula, kamu ngga ada terima kasihnya sama sekali “ kata salah satu teman yang di curhatin nina. Namnya fina.
“ biarlah nina mau ngomong apa. Aku ngga perduli “
“ ada apa sech dengan kalian? “ Tanya fina penasaran
“ ngga ada apa apa, Cuma salah paham “

Satu minggu kemudian
“ utangmu kapan di bayar. Jangan lama lama, mau di pake “
“ iya “
“ dengan bunga jadi dua setengah juta “
Aku terhenyak “ rentenir kau “
“ ngga usah koment. Mending bayar aja. Deadline empat belas hari. Kalau ngga segera di bayar barang barangmu aku sita “ nada suara nina begitu menyakitkan
“ ngga usah nunggu empat belas hari. Nech aku lunasin semua “
Segepok uang terdiri dari 26 lembar seratus ribuan ku lemparkan ke arah nina
“ pas. Malah ku tambahin seratus ribu “
Nina segera mengambil dan memperhatikan dengan serius. Memastikan bahwa itu benar benar uang
“ ini asli kan? “
“ ngga, itu daun. Pake nanya. Asli lah “
“ dapet dari mana kamu? “
“ ngga penting “
Aku segera enyah meninggalkan peraduan. Lama lama satu forum dengan nina empet rasanya. Sebulan yang lalu salah satu teman menawariku membuat proyek penerbitan buku indie, hasilnya lumayan, dan aku mendapat komisi yang lumayan pula. Kalau rezeki memang tak kemana. Utangku akhirnya lunas juga. Lega sekali. So, mulai detik ini aku ngga akan mendengar rengekan tukang kredit itu.

Beberapa hari kemudian fina kembali menceritakan keluh kesah nina.
“ nina cerita padaku, katanya kamu sombong, angkuh, ngga pernah bertegur sapa dan diam terus. Dia kangen sama kamu, rindu dengan kebersamaan kalian “
“ dia ngomong begitu? “
“ iya “
“ heh “ aku tersenyum kecut “ aneh “
“ baikan dong ama nina. Kalian kan sahabat setia “
“ sahabat dari hongkong “

Malam harinya aku mengepak barang barang dalam tas, aku sibuk banget. Nina dari tadi terus memandangiku
“ kamu mau kemana dita? “
“ pindahan “
“ pindahan? “
“ iya, kenapa?, ngga boleh?. Aku sudah melunasi semua utangku padmu. So, aku bebas pergi kemana saja “
“ kau jangan pergi dita, aku masih membutuhkanmu “
“ untuk kamu suruh suruh “
“ tidak. Selama ini aku tidak pernah punya teman akrabseperti dirimu “
“ itu karena sifatmu yang kayak anak kecil. Paham? “
“ please dita, jangan pergi. Aku janji tak akan mengulangi perbuatan kasarku lagi. Kamu jangan pergi “ kata kata nina benar benar membius, aku pun luluh dan menuruti kemauannya. Ini benar benar aneh.

Sejak peristiwa itu nina berubah banyak. Ia lebih lembut, lebih kalem, lebih sopan dan lebih santun. Pokoknya berbeda sekali dengan nina yang dulu. Aku harap ini untuk seterusnya, bukan sesaat.

satu minggu kemudian
“ kamu benar benar tak tahu di untung, miskin, kere, ngga punya malu, songong, belagu, sok, nyebelin pula. Kamu itu udah di kasih jantung merogoh hati. Dasar munafik “ pagi pagi buta waktu surya belum terbit dan pas aku bangun tidur nina bernyanyi kesana kemari. Ia uring uringan tak jelas, suaranya pun membahana ke penjuru sudut
“ kamu ngomong apa sech? “
“ alah, ngga usah pura pura bodoh, mana ada maling ngaku. Kamu itu selalu bilang aku itu adalah orang yang ngga berperasaan. Kamu salah. Kam yang kayak gitu, bukan aku “
“ kamu kenapa sech?, aku ngga ngerti. Apa salahku? “
“ derry, kamu pacaran sama dia kan? “
“ iya. Memang kenapa? “ emosiku juga mulai tersulut, nada suaraku pun berubah tinggi
“ masih berani nanya. Kamu bener bener ngga punya malu. Derry itu bagianku, aku mencintainya, dia harus menjadi pacarku, bukan pacarmu “
“ kamu ngga pernah bilang kalau kamu cinta dia, toh status derry  juga jomblo “
“ ah, peduli setan. Pokoknya derry harus jadi milkku, dan kamu harus putus sama dia “
“ tidak bisa. Aku dan derry sudah saling cinta “
“ kau bener bener bedebah. Kau sama seperti ibumu. PEREK “
“ NINAAAAAA. JAGA MULUTMU “ emosiku sudah benar benar membara membumbung tinggi. Selama ini aku selalu sabar dengan perlakuannya, tapi kalau sudah menyangkut ibu aku tak terima
“ KAU BERANI SEKALI MENGHINA IBUKU “
“ nyatanya seperti itu. Ibumu perek. Dengar aku baik baik dita. Gara gara ibumu, ibuku meninggal “
“ maksudmu? “
“ selama ini aku, ayah dan ibu hidup bahagia, tapi tiba tiba ibumu datang. Perek itu membawa kabur ayah hingga ibu frustasi dan bunuh diri. Ibumu menghancurkan semuanya “
“ ngga mungkin “ aku terkejut mendangar kata kata nina. Pantas selama ini aku tidak tahu jati diri ayah. Aku dan nina saudara
“ saat ku tahu bahwa kau anak herlina sumarsono aku langsung melakukan pembalasan. Tiap hari kau ku rendahkan, kau ku injak injak dan ku anggap seperti babu. Aku puas dita. Aku puaaaassssss hahahahahaaaaaaaaaaaa “
“ BUANGSAT “
BROK BROK . . . . kesabaranku hilang. Aku sudah tidak kuat menahan emosi, bogem mentah langsung ku layangkan ke pipi nina keras sekali, darah segar mengucur ke permukaan. Nina tak terima dan melakukan pembalasan. Setelah itu pertarungan sengit tak dapat di hindarkan BROK . . .  BROK . . . BROK . . .

Malam harinya aku berjalan mengendap ke kamar nina. Sejak pertengkaran itu aku dan nina pisah kamar. Ia di komplek A sedang aku di komple D. jam dinding menunjukkan pukul 01:00 wib, sudah larut. Suasana tempat kost sudah sepi. Orang orang sudah pulas dalam mimpi. Kamar nina gela gulita, ia begitu damai di atas ranjang. Manusia satu itu adalah makhluk yang patut di benci dan di caci. Ia harus musnah dai muka bumi. Harus. Ribuan penyakit sudah ia tanam dalam hati. Obatnya satu. Kematiannya.

Pisau langsung ku ambil dari balik celana. Dan tanpa pikir panjang langsung ku tusukkan ke perut nina berkali kali. CRASSHHH CRASSHH, darah muncrat kemana mana dan nina mengerang kesakitan “ aaaaaaaarrrrrrrrgggggghhhh “
Hahahahahahaha, aku puas sekali. Sangat puas.

“ begitulah pak ceritanya. Nina memang harus mati “ Dita mengkahiri ceritanya dengan lemah. Ia yakin, setelah ini ia akan mendapat hukuman berat, penjara seumur hidup atau mati. Hanya itu pilihannya
“ nina “
“ ya pak? “
“ apa kamu menyesali perbuatanmu? “
“ tidak. Walaupun saya harus bertemu dengan seribu orang seperti nina dan setelah itu membunuhnya hingga seribu orang. Saya tak akan menyesal. Ini penjajahan, dan bapak tidak pernah merasakannya “
“ ada seseorang yang ingin bertemu denganmu “
“ siapa? “
“ itu “
Dari arah pintu tiba tiba muncul seseorang yang sangat ku kenal
“ ngga mungkin “
“ kenapa dita?, kau pasti tidak percaya. Kau memang benar benar bodoh “
“ ngga mungkin. Kau harusnya mati “
“ tapi aku hidup dan berada di sini menertawakan kebodohanmu “
“ ngga mungkin “
“ dita, dengar aku baik baik. Aku tahu kamu pshyco kelas berat. Setelah pertengkaran itu aku yakin kau akan membunuhku “
“ lalu yang ku bunuh siapa? “
“ kembaranku. Dia juga bodoh sepertimu. Dia nurut saja waku ku minta untuk tidur di kamarku. Hahahahahahaha kalian berdua benar benar bodoh. Dasar turunan sumarsono “ nina mengaitkan aku dengan nama bapak yang orangnya tak pernah ku tahu
“ tidak mungkin “ Aku tak tahu harus bagaimana. Dosa apa yang telah ku lakukan.

Tapi tiba tiba aku mendapat petunjuk. Nina harus mati agar tidak berulah lagi. Ia harus musnah dari muka bumi. Harus.

Di depan mata pistol bapak penyelidik tergeletak di atas meja. Tanpa basa basi aku langsung mengambil, mengarahkan dan menarik pelatuknya hingga mengoyak jantung nina. DOR . . .  DOR . . . Dua butir timah panas bersarang di tubuhnya. Nina pun tumbang dan mati mengenaskan. Hahahahaahahaha aku puas sekali PPPUUUUAAAAAASSSSSSSSSSSSSS.

Stasiun kertosono, 31/08/2011
Lebaran, 1 syawal 1432 H


Gunung Ranti 2.601 MDPL - hiking with PGJ (pendaki gunung jember)

puncak ranti 2.601 mdpl Gunung ranti adalah pendakian ketiga gue setelah semeru dan ijen, kali ini benar benar istimewa, karena ram...